Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Makanan Sehat Kurangi Asupan Gula

Tips Makanan Sehat Kurangi Asupan Gula - Di dalam sehari bisa jadi kita bisa minum bayak minuman yang manis bahkan lebih dari segelas. Kemudian belum lagi jika kita makan makanan yang rasanya juga manis, misalnya seperti kue, berbagai jenis permen, bahkan es krim dan puding tentu saja. Kemudian kalau sampai kita tidak mengkonsumsi makanan manis dalam sehari, rasanya seakan tubuh kita akan merasa sangat lelah dan tidak bertenaga jadinya.

Seperti yang telah dilansir dari sofeminine inggris sana, jika mengurangi gula berdampak baik sekali bagi kesehatan fisik dan mental kita lho. Sebab semakin cepat kita menguranginya maka pastinya akan semakin baik hasilnya.

Karena gula dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan mulai dari masalah berat badan, masalah arthritis, juga menyebabkan penyakit jantung, tentu saja menyebabkan diabetes, juga osteoporosis, bahkan alzheimer, menyebabkan perkembangan kanker, bahkan depresi dan juga sistem kekebalan tubuh yang menurun parah.

Jadi total gula yang kita konsumsi apabila dihitung dari minuman dan juga aneka makanan manis, di dalam sehari bisa mencapai 60 gram, seitdaknya setara dengan 22 sendok teh gula pasir. Maka maksimal konsumsi gula sesuai seperti yang disarankan oleh dokter dari WHO itu sebenarnya adalah 10 sendok teh perhari saja lho.

Tips Makanan Sehat Kurangi Asupan Gula
Tips Makanan Sehat Kurangi Asupan Gula


Mengonsumsi gula yang overdosis ini memang bisa menyebabkan kita sangat berenergi, tetapi itu hanya sementara. Sebab gula akan diubah oleh tubuh menjadi kalori. Kemudian jika kalori yang berlebihan dalam tubuh akan berubah menjadi lemak yang membuat tubuh kita menjadi gemuk dan obesitas.

Karena gula adalah kenikmatan yang membahayakan dan sekaligus beracun bagi tubuh jika berlebihan. Maka memang sudah saatnya kita untuk melakukan gaya hidup yang benar ya.


Makanlah Sarapan

Karena jika kita tidak sarapan, kurang lebih jam 11:00 atau saat tengah hari, maka kita menjadi lapar sekali dan menginginkan gula luar biasa, jadinya kadar gula darah kita turun terlalu rendah dan merasa pusing.

Memilih Makanan Dengan Bijak

Aneka jenis makanan yang kita pilih itu bisa memiliki dampak besar pada kesehatan kita lho. Cobalah menghindari junk food. Kemudian pilihlah makanan dengan kadar glikemik yang rendah saja. Selain itu pastikan makan cukup protein, konsumsi sayuran non tepung dan juga karbohidrat murni, misalnya seperti kentang, juga jagung, serta singkong. Mengonsumsi sayuran hijau seperti sayur brokoli dan juga bayam serta aneka protein (misalnya daging ayam, juga telur, aneka ikan, berbagai jenis kacang-kacangan) kelak dicerna perlahan sehingga membuat kita merasa kenyang lebih lama dan tak mau ngemil.

Konsumsi Saja Yogurt

Dengan kurangnya bakteri baik yang ada dalam makanan, hal itu berarti kita bisa kehilangan organisme paling penting yang bisa membuat usus jadi sehat. Maka karena itu dengan mengonsumsi makanan yang kaya probiotik seperti yogurt, akan banyak bermanfaat bagi kesehatan kita.

Usahakan Makanlah Cemilan Sehat

Kemudian pada saat kita merasa lapar, maka jauh lebih baik makan semangkuk oatmeal atau juga alpukat saja, yakni makanan yang dapat membuat kita jadi kenyang tanpa harus mengkonsumsi gula berlebihan.

Usahakan Kurangi Stres

Dengan melakukan olahraga dapat membantu kita untuk jadi lebih berenergi, serta menjadi lebih sehat. Kemudian hal ini dapat membantu untuk mengurangi tingkat stres dan selain itu juga mengontrol gula darah kita.

Wah, ternyata mudah sekali bukan untuk mengurangi konsumsi gula? Tips Makanan Sehat Kurangi Asupan Gula ini cocok juga dibaca dengan artikel lainnya, misalnya adalah Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Tanpa Perlu ke Dokter.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Makanan Sehat Kurangi Asupan Gula

0 comments:

Post a Comment