Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk dan Sakit Tenggorokan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk dan Sakit Tenggorokan - aneka makanan enak indonesia memang sangat beragam, dari yang kering-kering sampai basah. Tetapi ada juga makanan yang bisa mengakibatkan dampak buruk jika kita batuk. Sebab saat kita sakit batuk, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa sembuh total. Jadi selain perlu mengonsumsi obat secara rutin dan teratur, kita perlu juga menghindari jenis makanan tertentu supaya batuk cepat sembuh. Ternyata bukan cuma gorengan atau aneka makanan berminyak yang perlu dihindari, akan tetapi juga jenis makanan dan juga minuman lainnya.

Jadi, batuk bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Dimulai dari alergi, juga flu, serta polusi, juga asap rokok, bahkan makanan yang dikonsumsi. Cobalah kenali penyebab sakit batuk yang kamu rasakan untuk bisa mendapatkan obat yang paling tepat. Selain itu juga sebaiknya hindari jenis makanan dan juga minuman ini agar bisa cepat sembuh ya.

Susu

Adanya dahak merupakan lendir yang tebal dan juga lengket berasal dari bagian belakang tenggorokan disebabkan oleh alergi atau juga flu. Apabila batuk yang kamu derita disertai lendir, maka hindari makanan yang bisa menyebabkan munculnya lendir tambahan. Adanya protein dalam susu yang muncul saat dicerna itu bisa menyebabkan produksi lendir berlebih di usus lho.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk dan Sakit Tenggorokan
Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk dan Sakit Tenggorokan

Selain itu, susu dan juga jenis makanan berbahan dasar susu itu bisa memiliki efek samping meningkatnya produksi lendir di saluran pernapasan, hal itu termasuk tenggorokan dan paru-paru, apalagi jika sudah terjadi peradangan atau infeksi tenggrokan.

Kafein

Apabila sakit batuk disebabkan oleh pilek atau flu, nanti dokter akan menyarankanmu untuk lebih banyak minum. Tetapi yang sebaiknya diminum adalah air putih dan bukan minuman yang mengandung kafein seperti misalnya kopi, atau teh, atau juga cokelat, bahkan minuman bersoda. Sebab minuman berkafein itu memiliki efek diuretik (atau pendorong produksi air seni) sehingga nantinya malah bisa meningkatkan intensitas buang air kecil dan jadinya membuat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Makanan Olahan

Lalu apa sajakah jenis makanan olahan itu? Dan beberapa di antaranya adalah keripik, aneka ragam camilan dalam kemasan, juga pasta, dan juga roti. Kemudian saat sakit, ternyata sistem kekebalan tubuh harus bisa dijaga dengan baik. Caranya dengan menjaga pola makan dan tak sembarangan mengonsumsi aneka makanan olahan, oleh karenanya tubuh jadi akan mempercepat proses sembuhnya sampai pulih.

Buah Mangga, Pisang, dan Jeruk

Jenis buah-buahan yang mengandung asam itu bisa menyebabkan acid reflux, jadi bisa memperparah kondisi tenggorokan dan juga memicu batuk. Contohnya buah mangga, buah pisang, dan juga buah jeruk sebaiknya dihindari karena memang memiliki tekstur berlendir dan juga mengandung getah yang nantinya bisa membuat batukmu semakin parah bila dikonsumsi. Pada saat batuk, jenis buah yang sebaiknya dipilih adalah jenis buah yang kandungan airnya banyak seperti semangka dan juga aneka jenis buah pir tertentu ya.

Pada saat batuk, yang tetap penting untuk mencukupi kebutuhan gizi. Aneka makanan yang baik dikonsumsi saat sedang batuk antara lain adalah sup hangat, juga sayuran yang mengandung vitamin C seperti misalnya brokoli dan tomat, selain itu pastinya juga minum air putih hangat yang cukup ya. Itulah Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk dan Sakit Tenggorokan, jangan lupa baca juga Kulit Pisang Untuk Membersihkan Jerawat Sampai Tuntas.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk dan Sakit Tenggorokan

0 comments:

Post a Comment