Cara Menurunkan Berat Badan

Penyebab Utama Susah Buang Air Besar Alias Sembelit

Penyebab Utama Susah Buang Air Besar Alias Sembelit - Memang pada dasarnya, bisa dikatakan hampir setiap orang pernah merasakan susahnya Buang Air Besar (atau BAB) atau sembelit. Memang masalah ini sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal dan sangat wajar terjadi pada setiap orang. Akan tetapi, bila kamu mengalami susah BAB yang terlalu sering, maka pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter dan mencari tahu kondisi kesehatan kamu. Ayo cari tahu juga kenapa kamu malah sering mengalami susah BAB dan adapun beberapa penyebab dari susah BAB antara lain adalah sebagai berikut ini.

    Stres

    Memang setiap orang pasti memiliki masalah yang juga bisa membuat pikiran menjadi benar-benar tidak tenang atau stres. Akan tetapi, selalu pastikan bahwa kamu juga jangan terlalu stres terlalu berat karena hal ini bisa sangat berbahaya dan juga akan mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu stres juga bisa menyebabkan kamu jadi susah BAB, bahkan stres juga memungkinkan kamu merasa cepat lapar dan juga tubuh semakin gemuk. Selain itu stres, ternyata juga sangat memungkinkan sistem kekebalan tubuh kamu menurun dan tentu saja ini bisa berisiko sangat tidak baik buat kesehatan kita.

Penyebab Utama Susah Buang Air Besar Alias Sembelit
Penyebab Utama Susah Buang Air Besar Alias Sembelit


    Obat-Obatan

    Lantas penyebab dari susah BAB yang selanjutnya adalah akibat konsumsi obat-obatan. Ada beberapa jenis obat memang mengandung zat yang nantinya bisa meningkatkan masalah susah BAB alias sembelit. Aneka obat yang bisa menyebabkan susah BAB atau sembelit sendiri biasanya berupa obat pereda nyeri atau obat khusus pereda sakit. Apabila kamu sedang mengonsumsi obat ini, maka pastikan untuk mengimbanginya dengan cukup konsumsi serat di setiap hari dan juga usahakan banyak minum air putih ya.

    Hamil

    Apakah sadar atau tidak, pada saat hamil seorang wanita pasti akan mengalami perubahan hormon dan juga perubahan-perubahan lainnya. Maka karena perubahan inilah, bisa dikatakan sering hal ini akan menyebabkan konstipasi pada awal kehamilan dan akhirnya malah membuat wanita kesulitan untuk buang air besar. Dengan perubahan pola makan dan juga hormon selama hamil juga benar-benar berpengaruh pada kesehatan usus dan juga pada kelancaran proses buang air besar harian.

    Dehidrasi

    Kemudian untuk penyebab susah buang air besar yang selanjutnya adalah karena dehidrasi atau juga kurangnya cairan dalam tubuh. Tatkala cairan dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, maka hal ini natinya akan membuat kamu jadi lebih mudah mengalami masalah sembelit atau juga susah BAB. Kondisi kurangnya cairan dalam tubuh itu akan membuat kamu menjadi lebih mudah mengalami masalah kesehatan lain, biasanya akibat pola diet yang salah juga menyebabkan dehidrasi dan sembelit.

Itulah sedikitnya empat penyebab yang menjadikan kamu susah buang air besar atau sembelit. Supaya kamu tak lagi kesusahan buat BAB, maka pastikan untuk menjaga pola makan dengan baik, dan selalu cukupi kebutuhan serat di dalam tubuh, usahakan jangan terlalu stres dan coba minum air putih cukup setiap harinya. Akan tetapi jika pola hidup kamu sudah baik namun masih juga susah BAB, maka jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehata kamu ke dokter atau ke rumah sakit terdekat ya.

Demikian adalah Penyebab Utama Susah Buang Air Besar Alias Sembelit, selain mengecek kembali menu dietnya, juga jangan memaksa untuk turun berat badan jika malah menyebabkan sembelit. Baca juga 5 Makanan Enak yang Bisa Menyebabkan Diabetes.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Utama Susah Buang Air Besar Alias Sembelit

0 comments:

Post a Comment