Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tapi Tak Akan Bikin Gemuk

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tapi Tak Akan Bikin Gemuk - Jika kita bicara tentang makanan yang membuat tubuh gemuk, secara otomatis maka banyak orang pasti akan menyebut si karbohidrat sebagai salah satu penyebab utama. Tapi padahal sebenarnya karbohidrat ini justru menjadi sumber energi utama yang memang dibutuhkan tubuh. Apalagi jika cara mengecilkan badan yang diawasi dokter ahli, pasti menganjurkan makan karbohidrat juga. Tapi sayangnya, kalau karbohidrat dimakan dengan berlebihan maka efeknya justru penimbunan makanan  yang sudah disantap di tubuh yang kemudian malah menyebabkan bertambahnya berat badan alias gemuk. Iya sih karbohidrat memang sangat mudah diolah dan kemudian ketika tubuh tidak membutuhkan banyak tenaga, lalu pada akhirnya karbohidrat diubah jadi lemak yang menimbun.

Jadi karena faktor inilah karbohidrat lalu kemudian jadi sumber nutrisi yang benar-benar banyak dihindari saat ingin diet menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya jika kamu jeli, justru sebenarnya ada banyak sekali jenis karbohidrat yang malah bisa membantumu menjaga atau bahkan menurunkan berat badan kamu lho.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tapi Tak Akan Bikin Gemuk
Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tapi Tak Akan Bikin Gemuk

Menurut sebuah penelitian, ternyata ada kelompok karbohidrat yang disebut dengan "pati resisten" atau yang sering dikenal dengan karbohidrat kompleks, jadi di mana jenis karbohidrat ini cukup sulit dicerna, atau difermentasi dan kemudian diubah ke asam lemak yang disimpan di tubuh kita.

Nah, jenis-jenis makanan yang termasuk ke dalam pati resisten ini contohnya seperti misalnya biji-bijian, atau gandum utuh, buah pisang yang belum begitu matang, semangkuk nasi merah, dan juga jagung. Bahkan telah dikatakan juga oleh Paul Arciero di dalam penelitian yang diterbitkan di dalam Nutrition Journal, hal uniknya jika kamu masak nasi hangat, atau pasta dan kentang lalu kamu menyimpannya di kulkas, justru kandungan karbohidrat makanan-makanan ini akan jadi berubah menjadi karbohidrat kompleks lho.

Jadi, nasi putih, kukus kentang dan juga pasta yang sudah dingin malah aman dikonsumsi dan katanya tidak bikin gemuk. Hebatnya lagi karbohidrat ini akan lebih sehat ketika disandingkan dengan protein. Tetapi porsi konsumsi karbohidrat itu harus sebanding dengan protein, yakni dengan perbandingan 50:50. Jadi, kebanyakan yang membuat orang gemuk adalah karena porsi karbohidrat yang jauh lebih banyak dibanding protein yang telah dikonsumsi.

Nah jadi sekarang tahu kan faktanya, bahwa karbohidrat itu sebenarnya bukan musuh saat diet, boleh kok melakukan diet rendah karbohidrat, asal kamu tahu sumber karbohidrat mana yang baik untuk dikonsumsi dan dengan jumlah atau takaran yang tepat. Itulah dia Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tapi tak Akan Membuat Gemuk. Baca juga Yang Harus Diperhatikan Sebelum Diet.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tapi Tak Akan Bikin Gemuk

0 comments:

Post a Comment