Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengenali Alergi Deterjen dan Mengatasinya

Cara Mengenali Alergi Deterjen dan Mengatasinya - Setiap orang memiliki jenis alergi yang berbeda, ada kalanya alergi yang terjadi karena beberapa penyebab yang sepele seperti alergi minyak wangi atau alergi makanan. Bahkan saat menyiapkan makanan untuk menu makanan sehat sehari-hari juga ada kalanya bisa mengakibatkan alergi. Tetapi pernahkah kulit tanganmu jadi iritasi atau kemerahan setelah selesai mencuci baju dengan beberapa jenis detergen tertentu? Ternyata adanya kandungan tertentu dalam detergen seperti misalnya sodium lauryl suphate (SLS), beberapa zat pengharum, aneka zat pewarna, dan juga amoniak ternyata bisa menyebabkan alergi tertentu yang nantinya akan bertahan sampai berjam-jam hingga berhari-hari lamanya.

Memang ada sejumlah gejala alergi detergen dari yang ringan sampai yang berat dan yang sebaiknya tak diabaikan begitu saja. Dimulai dari kulit yang kemerahan, kulit yang melepuh, wajah membengkak, terasa gatal, atau kulit mengelupas, sampai hingga mata gatal dan bersin-bersin. Tetapi ketika gejala alergi itu parah dan tak makin baik, lebih baik segera hubungi dokter spesialis.

Kemudian jika kita mengalami gejala alergi terhadap detergen yang seperti ini, maka segeralah untuk menghubungi dokter terdekat.

1. Sulit bernapas atau merasa sesak napas.
2. Muntah-muntah sehingga tidak ada makanan yang bisa disantap.
3. Diare akut.
4. Kelopak mata mulai membengkak seperti sakit mata, atau bisa lebih parah lagi.
5. Demam tinggi.
6. Kulit yang mulai mengeluarkan nanah.
7. Banyaknya ruam bekas alergi yang tak kunjung hilang meski sudah berhenti pakai detergen yang menyebabkan alergi atau bahkan sudah tidak menggunakan deterjen.
8. Kemunculan banyak ruam merah pada beberapa bagian tubuh, terutama pada area wajah dan juga pada bagian genital.
Cara Mengenali Alergi Deterjen dan Mengatasinya
Cara Mengenali Alergi Deterjen dan Mengatasinya

Setelah mengetahui bahwa kita memiliki alergi terhadap deterjen, maka untuk melakukan tindakan pencegahan alergi detergen itu sendiri, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk antisipasi. Yang pertama, harus sebisa mungkin memilih produk yang jelas bebas pengharum dan pewarna buatan. Harus dicek komposisinya dengan baik dan teliti sebelum membeli detergen tertentu yang akan digunakan. Kemudian yang kedua, segera bilas baju yang dicuci dua kali untuk mencegah dan membuang sisa-sisa detergen yang menempel di tangan. Kemudian untuk yang ketiga, cobalah gunakan sarung tangan karet saat akan mencuci, hal ini untuk menghindari kontak langsung detergen yang membuat alergi dengan kulit tangan. Lalu yang keempat, coba gunakan pelembab setelah kita selesai mencuci dan setelah mengeringkan tangan. Untuk yang kelima, usahakan untuk jangan menggonta-ganti detergen kalau sudah menemukan yang pas dan tidak bikin alergi.

Kemudian saat mengalami alergi detergen, maka salah satu pertolongan pertama yang bisa kita lakukan dengan cepat sebagai antisipasi adalah mengompres kulit dengan air dingin. Selain itu bisa juga dengan mengoleskan masker oatmeal yang sudah dilarutkan dengan air secukupnya sampai kental.

Itulah Cara Mengenali Alergi Deterjen dan Mengatasinya. Alergi bisa jadi merupakan keturunan dari orangtua, bisa juga karena kurangnya antibodi dan sistem imun pada tubuh anak. Dengan membiasakan konsumsi makanan sehat untuk anak, maka kita bisa mengoptimalkan asupan nutrisinya untuk menghindari ketidakseimbangan nutrisi dan menghindarkan alergi. Jangan lupa juga untuk membaca Cara Menghilangkan Rasa Sakit Saat Mau Melahirkan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengenali Alergi Deterjen dan Mengatasinya

0 comments:

Post a Comment