Cara Menurunkan Berat Badan

5 Efek Buruk Kebanyakan Tidur dan Hubungannya Dengan Susah Hamil

5 Efek Buruk Kebanyakan Tidur dan Hubungannya Dengan Susah Hamil - Pada umumnya, seorang dewasa hanya membutuhkan tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Akan tetapi adakalanya, saat liburan misalnya, maka kita jadi "balas dendam" dan kemudian tidur lebih lama dari biasanya. Walaupun saat bangun siang langsung menyantap menu makan siang untuk diet, tetapi jika terlalu lama tidur malah berakibat buruk untuk berat badan.
Nah di bawah ini adalah beberapa akibat buruk kebanyakan tidur lainnya untuk kesehatan tubuh, silahkan disimak :

1. Risiko Kegemukan

Di dalam sebuah penelitian sederhana dari Quebec, disana para peneliti menemukan bahwa semua orang-orang yang tidur lebih lama dari delapan jam per malam memiliki risiko sebanyak 2 kali lipat yang jauh lebih besar terkena diabetes tipe 2 atau juga toleransi glukosa terganggu di dalam periode 6 tahun jika dibandingkan orang-orang yang tidur tujuh sampai selama delapan jam per malamnya.

Kemudian dalam penelitian tersebut, jelas diketahui pula bahwa orang yang tidur 9 sampai 10 jam per malamnya memang memiliki risiko sebesar 25 persen jauh lebih besar mengalami kenaikan berat badan yakni sebesar 5 kg selama lama periode penelitian 6 tahun itu. jadi meskipun orang-orang tersebut telah mengontrol asupan makanan dan aktivitas fisiknya dengan baik.

5 Efek Buruk Kebanyakan Tidur dan Hubungannya Dengan Susah Hamil
5 Efek Buruk Kebanyakan Tidur dan Hubungannya Dengan Susah Hamil


2. Risiko Lebih Besar Terkena Gangguan Jantung

Di dalam penelitian yang telah dipresentasikan dalam pertemuan American College of Cardiology pada tahun 2012, ternyata tidur lebih dari 8 jam per malam itu bisa meningkatkan risiko terkena gangguan jantung. Bahkan para peneliti telah menganalisis data dari 3.000 orang dan telah menemukan bahwa orang yang memang kebanyakan tidur memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena angina dan berisiko sebesar 1,1 kali lebih besar terkena penyakit arteri koroner.

3. Meningkatkan Risiko Depresi
Di dalam sebuah penelitian tahun 2014 yang khusus meneliti orang dewasa kembar, ternyata para peneliti telah menemukan bahwa durasi tidur yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami gejala depresi. Para partisipan yang tidur 7 hingga 9 jam per malamnya memiliki heratibilitas sebesar 27 persen untuk terkena gejala depresif, sementara itu partisipan yang tidur lebih dari 9 jam lamanya memiliki heratibilitas sebesar 49 persen besarnya.

4. Merusak Otak

Kemudian sebuah penelitian tahun 2012 yang telah dilakukan pada wanita lanjut usia, telah ditemukan bahwa jika kebanyakan tidur (atau juga kurang tidur) ternyata bisa memperburuk fungsi otak kurang lebih dalam selama periode 6 tahun. Maka apabila Anda tidur lebih dari 9 jam per malamnya (atau juga kurang dari 5 jam), maka nantinya fungsi otak Anda bisa terganggu dan jadinya malah semakin memburuk dari sebelumnya.

5. Susah Hamil

Pada tahun 2013, dalam sebuah tim peneliti Korea telah menganalisis kebiasaan tidur dari kurang lebih sedikitnya 650 wanita yang sedang menjalani masa vitro fertilization (atau proses pembuahan sel telur dan juga sperma di luar tubuh wanita tersebut). Para tim peneliti tersebut menemukan wanita yang lama tidur 7 hingga 8 jam per malamnya memang memiliki peluang hamil paling tinggi karena sementara wanita yang tidur selama 9 hingga 11 jam per malamnya, ternyata tingkat kehamilannya yang paling rendah sekali.

Demikian adalah 5 Efek Buruk Kebanyakan Tidur dan Hubungannya Dengan Susah Hamil. Setelah mengetahui efek buruknya untuk kesehatan dan juga bisa mengakibatkan sudah mendapatkan keturunan. Maka karena itu budayakan hidup sehat dan selalu konsumsi makanan yang mengandung asam folat sebagai persiapan untuk kecerdasan si kecil dalam kandungan serta baca juga artikel lainnya di blog ini, misalnya saja adalah Penyebab Kegemukan yang Sering DIsepelekan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Efek Buruk Kebanyakan Tidur dan Hubungannya Dengan Susah Hamil

0 comments:

Post a Comment