Cara Menurunkan Berat Badan

Tanda Anak Membutuhkan Kacamata

Tanda Anak Membutuhkan Kacamata - Terjadinya gangguan mata bukan hanya terjadi pada orang yang sudah dewasa saja, akan tetapi anak-anak juga  bisa berisiko mengalaminya, terutama apalagi jika punya keturunan khusus dari orangtua yang juga memang mengalami gangguan mata. Maka anak bisa mengalaminya saat menginjak usia sekolah nanti. Sekalipun dibiasakan makan menu sehat untuk anak, tetapi jika kondisinya sudah turunan maka kemungkinan tak butuh kacamata itu sangat kecil.

Ternyata anak mungkin tak berani mengatakannya secara langsung jika ia kemudian mengalami hal-hal aneh dengan matanya, tetapi para bunda bisa melihatnya dari tanda-tanda keseharian yang muncul dan diperlihatkan anak, dengan itu mampu mengetahui apakah anak butuh penanganan khusus dan juga membutuhkan kacamata atau tidak membutuhkannya.

Menyipitkan mata

Apabila anak punya kebiasaan aneh yaitu menyipitkan mata untuk melihat atau membaca sesuatu, yang jauh atau malah membaca dengan jarak yang jauh, maka budna patut mewaspadainya. Hal ini anak lakukan semata agak bisa melihat jelas. Yang satu ini tanda penglihatan yang buram dan butuh kacamata.
Tanda Anak Membutuhkan Kacamata
Tanda Anak Membutuhkan Kacamata


Terlalu dekat saat nonton TV

Coba ajarkan anak untuk duduk jauh-jauh dari TV saat nonton tivi. Namun apabila anak terus saja maju dan mendekat untuk melihat TV, maka kemungkinan ia punya kelemahan dengan mata rabun jauh. Sebab orang dengan rabun jauh hanya akan melihat benda dengan sangat jelas dari jarak dekat.

Kehilangan garis baca

Ternyata membaca keras terkadang juga bisa menunjukkan apakah anak punya kelemahan dalam penglihatan. Kemudian apabila ia bisa membaca lanjutan atau juga sambungan kalimat yang telah terpotong di ujung garis dan tepat dengan membaca garis di bawahnya, maka ia tak mengalami masalah. Akan tetapi jika anak sering salah dalam membaca garis berikutnya atau juga garis di bawahnya lagi, maka kemungkinan ada mata silindris atau masalah otot matanya.

Mengucek mata

Kemudian anak yang terlalu sering mengucek mata juga ternyata bisa jadi mengalami masalah mata lelah dan juga bisa jadi masalah mata lainnya seperti misalnya konjungtivitis. Coba tanyakan apa jenis masalahnya pada anak anda.

Menutup satu mata saat membaca atau nonton televisi

Kemudian jika anak suka melakukan ini, maka ada kemungkinan ia punya penglihatan yang buruk dan tidak jelas sehingga harus menutup satu matanya supaya ia bisa melihat jelas, namun karena melihat dengan dua mata ternyata malah bisa jadi justru mengganggu untuknya.

Kemudian bicarakan dengan anak apa saja yang terjadi saat mereka melakukan hal itu dan kemudian segera periksakan ke dokter, tujuannya untuk mengetahui diagnosa yang lebih lanjut. Walau meski mungkin sepele, akan tetapi hal ini bisa menjadi indikasi mengetahui kesehatan mata anak dan mengetahui apakah anak butuh kacamata atau tidak.

Demikian adalah Tanda Anak Membutuhkan Kacamata, simak juga artikel lainnya di blog ini, misalnya Cara Mengatasi Diare Pada Anak.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda Anak Membutuhkan Kacamata

0 comments:

Post a Comment