Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Supaya Opor Ayam Tak Cepat Basi

Cara Supaya Opor Ayam Tak Cepat Basi - Salah satu contoh makanan sehat dan bergizi saat lebaran adalah opor ayam, tak heran juga salah satu sajian khas yang hampir pasti selalu ada di meja makan adalah santapan opor ayam ini. Bisa dikatakan jika opor ayam menjadi sajian khas Idul Fitri ini bukan hanya menggugah selera namun juga mampu untuk menyatukan keluarga. Tapi sayangnya opor ayam jika tidak diolah dengan baik bisa jadi cepat basi dan tak bisa dimakan lagi.

Hal ini karena kandungan lemak dan juga protein dalam santan yang menjadi penyebab pasti mudahnya makanan cepat basi. Tentu saja tak mau menu lebaran jadi sia-sia dan dibuang kan? Maka ini tipsnya agar opor ayam dan juga masakan lebaran lainnya tak mudah basi dan tetap bisa disantap walau tak habis satu kali makan.

    Pilih kelapa tua dan masih segar

    Saat kita masak opor, maka selalu pastikan membeli kelapa parut segar dari satu sebuah kelapa tua yang cukup umur. Bahkan kita juga bisa membeli kelapa tua dan memarut sendiri di rumah, walau agak ribet. Kemudian peras santannya dengan air panas atau dengan air yang cukup hangat untuk mendapatkan santan kental, juga untuk mengurangi potensi berkembangnya bakteri. Nah, begitu juga jika ingin mengambil santan cair, tetapi cukup dengan air matang saja ya.

    Masak hingga benar-benar tanak/matang

    Kemudian saat pertama kali masak, pokoknya pastikan kita membiarkan opor ayam matang benar sampai yakin, dan bukan hanya asal mendidih dan bumbunya apakah sudah pas dan sedap saja. Usahakan menumis bumbunya hingga matang dulu baru menuangkan ayam potongnya. Kemudian biarkan opor mendidih dan setidaknya kuahnya agak berkurang kurang lebih 10 menit lamanya supaya santan benar-benar matang sehingga tak mudah basi dan tak mubazir.

Cara Supaya Opor Ayam Tak Cepat Basi
Cara Supaya Opor Ayam Tak Cepat Basi

    Hangatkan sebelum disantap

    Santapan opor ayam dengan bumbu santan memang lebih enak jika disajikan hangat, tetapi  tentu bukan itu tujuan utamanya. Dengan menghangatkan makanan bersantan sebelum disantap maka bisa mencegah mudahnya makanan jadi basi dan tak enak.

    Jangan diaduk setelah dihangatkan

    Nah, apabila sudah tak ada keluarga yang ingin makan opor lagi, maka itu saatnya menghangatkan makanan. Kemudian untuk opor ayam, pastikan setelah dihangatkan hingga tanak, maka jangan diaduk lagi. Sebab dengan kontak benda asing atau kontak udara dari luar setelah dihangatkan justru malah akan membuat opor basi.

    Jangan menutup panci setelah dihangatkan

    Bila biasanya kamu suka biasa menutup panci saat menghangatkan sayur dengan maksud agar cepat mendidih. Maka jangan lakukan ini pada makanan bersantan. Selain itu biarkan opor mendingin sendiri dalam suhu ruangan. Selain itu menutup opor ayam dengan tutup panci saat kuah masih panas mendidih juga bisa membuat opor basi karena udara yang terjebak di dalamnya.

    Simpan dalam kulkas

    Kemudian jika opor akan ditinggal lama, maka setelah opor dihangatkan dan kemudian dibiarkan mendingin sendiri di suhu ruangan, maka tempatkan pada wadah plastik dan setelah itu masukkan ke dalam kulkas yang paling dingin atau bisa juga di dalam freezer.

Jadi, saat lebaran meskipun kamu sibuk menerima tamu dan juga menjamu keluarga yang datang ke rumah, pokoknya jangan sampai kamu mengabaikan opor ayam di dapur ya? Sebab makanan bersantan kental macam opor ayam juga butuh perlakuan khusus yang istimewa. Jangan lupa juga imbangi dengan makanan buat diet supaya tak tambah melar setelah lebaran. Demikian Cara Supaya Opor Ayam Tak Cepat Basi. SImak juga Cara Membersihkan Ikan Supaya Tidak Amis dan Tidak Pahit.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Supaya Opor Ayam Tak Cepat Basi

0 comments:

Post a Comment