Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Membersihkan Ikan Supaya Tidak Bau Amis dan Tidak Pahit

Cara Membersihkan Ikan Supaya Tidak Bau Amis dan Tidak Pahit - Ada banyak jenis makanan sehat sehari-hari untuk semua keluarga, dari mulai sayuran, buah-buahan, aneka daging olahan dan juga santapan dari gandum. Ikan merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber protein yang sangat baik buat kesehatan tubuh kita semua. Selain itu, ikan juga merupakan sumber omega 3 yang benar-benar kaya manfaat buat kesehatan tubuh. Sebab nutrisinya yang sangat banyak dan efeknya begitu mengesankan untuk tubuh, maka sangat disarankan buat kita semua untuk mengkonsumsi ikan yang segar dalam jumlah yang tepat dan dianjurkan.

Cara Membersihkan Ikan Supaya Tidak Bau Amis dan Tidak Pahit
Cara Membersihkan Ikan Supaya Tidak Bau Amis dan Tidak Pahit

Akan tetapi, di lingkungan nampaknya tidak banyak dari kita yang suka dengan ikan atau macam-macam olahan ikan sekalipun. Hal ini disebabkan karena ikan merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki bau amis dan apabila kita tidak tepat dalam membersihkannya, maka rasa daging ikan bagian dalam, akan terasa pahit walau sudah dibumbui dan selain itu sisiknya pun sangat mengganggu saat membersihkannya sampai saat memasaknya.

Jadi kalau kamu ingin memasak daging ikan tetapi ingin ikannya tidak amis dan tidak pahit dagingnya setelah diolah, sebenarnya ada beberapa tips praktis membersihkan ikan segar yang akan dimasak atau akan disimpan. Tips-tips tersebut  adalah sebagai berikut di bawah ini :

    Cuci bersih ikan dengan air dingin yang mengalir. Bisa di bawah keran cuci piring, gunakan air kecil saja jangan dibuka terlalu besar kerannya.
    Kemudian bersihkan sisik bagian luar dengan menggunakan pisau, hati-hati karena licin. Cara membersihkan sisik ikan itu dimulai dari ekor, ditarik ke arah kepala ikannya. Pegangi punggung pisau dan gunakan untuk mengikis sisik ikan dengan tenaga yang tetap. Setelah sisik bersih, lalu potong ekor ikan, tak dipotong pun tak apa.
    Kemudian selanjutnya, dibelah perut ikan dan segera keluarkan isi dalam perutnya. Namun pastikan jika kita berhati-hati saat mengeluarkan isi perut ikannya. Apabila kita tidak hati-hati, maka hal ini bisa membuat empedu ikan pecah dan cairannya bisa menyebabkan ikan menjadi pahit dagingnya.
    Kemudian bersihkan pula bagian insangnya hingga bersih. Caranya dengan membuka sedikit bagian kepala ikan, lalu meletakkannya di bawah air yang mengalir sampai semua kotoran terbuang. Tetapi alangkah baiknya jika kamu membuang insang ikan daripada dibiarkan.
    Kemudian setelah itu cuci kembali ikan dengan air yang mengalir.
    Terakhir supaya ikan tak amis, silahkan balurkan air jeruk nipis ke daging ikan atau bsa juga balurkan cuka. Kemudian diamkan sebentar lalu cuci lagi ikannya sebelum akhirnya di simpan di lemari pendingin atau dimasak sesuai dengan resep andalan masing-masing.


Nah, itu adalah Cara Membersihkan Ikan Supaya Tidak Bau Amis dan Tidak Pahit. Jika kita telah membersihkan ikan dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa ikan akan semakin sehat dan semakin baik buat tubuh kita semua. Tips ini tips yang sangat praktis bukan? Oleh karena itu, semoga tips ini bermanfaat dan selamat berkreasi membuat resep makanan sehat untuk keluarga. Jangan lupa juga untuk membaca berbagai artikel lainnya di blog ini, misalnya saja adalah 6 Makanan yang Tak Boleh Dimasukkan Ke Dalam Kulkas.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Ikan Supaya Tidak Bau Amis dan Tidak Pahit

0 comments:

Post a Comment