Cara Menurunkan Berat Badan

6 Makanan yang Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

6 Makanan yang Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas - Kulkas menjadi salah satu perabotan wajib dalam rumah tangga yang menjadi penyelamat dapur. Jadi kita bisa menyimpan makanan ringan atau snack, macam-macam makanan yang tak habis dimakan, bisa juga membuat es krim hingga menyimpan aneka macam stok bahan makanan hingga beberapa saat ke depan. Resep makanan sehat untuk diet pun bisa diolah cepat jika sudah ada stoknya dalam kulkas.

Dengan adanya kulkas atau lemari pendingin, sudah tentu memudahkan hidup manusia. Jadinya berbelanja bahan makanan segar tak perlu dilakukan setiap hari. Setiap keluarga cukup sekali seminggu dan bisa tenang biarkan kulkas yang menjaga kesegarannya. Tetapi meskipun begitu, nyatanya tak semua makanan boleh disimpan di dalam kulkas lho!

Selama ini kita menganggap kulkas akan mampu untuk menjaga kualitas bahan makanan, apalagi bahan makanan yang sifatnya segar, bisa awet lebih lama daripada disimpan di suhu ruangan. Tetapi, kenyataannya suhu dingin kulkas dapat berimbas pada penurunan kualitas beberapa jenis bahan makanan sebab  setiap bahan makanan punya standar penyimpanan masing-masing, contohnya sebagai berikut ini :

    Saus Sambal

    Jika kita mengira sambal dimasukkan ke dalam lemari es bisa tahan lama, itu adalah salah. Keasaman adalah kunci dari kualitas rasa saus sambal yang kita santap. Dengan menyimpannya di dalam kulkas, maka dapat mengurangi tingkat keasamannya dan mengurangi rasa pedasnya itu sendiri.

    Sirup Maple

    Sirup maple (sama halnya dengan madu) lama-lama akan menggumpal dan mengental pada suhu dingin, terutama dalam kulkas. Padahal sebenarnya sirup maple dan madu justru dicari tekstur cairnya, betul bukan?

    Buah pear, apel, persik, ceri dan buah plum

    Biasanya kita menyimpan buah-buahan ini di dalam kulkas supaya teksturnya lebih keras, apalagi sebelum membuat smoothies supaya lebih enak rasanya. Tapi padahal buah-buahan ini justru jauh lebih enak jika teksturnya tidak terlalu keras dan agak empuk. Jadi lebih baik simpan di suhu kamar saja agar struktur dalam buah menjadi sedikit lembek, yang diakibatkan pengaruh suhu udara dalam ruangan.

6 Makanan yang Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas
6 Makanan yang Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

    Macam-macam jeruk

    Kalau kita berpikir bahwa jeruk harus dimasukkan ke dalam kulkas supaya lebih awet, kita salah. Sebab keluarga citrus ini tak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, hal itu karena struktur kulitnya sudah diciptakan untuk tahan akan udara ruangan yang hangat.

    Kopi

    Tahukah jika biji kopi atau kopi bubuk teksturnya akan semakin kering saat kita menyimpannya di dalam kulkas. Maka dengan tekstur seperti itu, tentu saja kualitas rasanya tentu akan menurun.

    Cake

    Cake atau kue bolu memiliki rongga-rongga udara yang akan membuatnya mudah kering apabila kita menyimpannya di dalam suhu dingin di dalam kulkas.

Kemudian selain itu cobalah perhatikan juga penempatan rak-rak dalam kulkas. Jadi semakin dekat rak dengan freezer, maka akan semakin dingin lah suhunya. Jadi lebih baik simpan minuman dalam botol atau minuman dan makanan kalengan di rak bagian atas, kemudian sementara itu semakin ke bawah rak gunakan saja untuk menyimpan bahan makanan basah dan segar seperti sayuran dan buah.


Nah, 6 Makanan yang Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas itu ternyata jenis-jenis makanan yang malah kita pikir akan lebih bagus disimpan di dalam kulkas, nyatanya justru tak boleh dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Oleh karena itu, jika ingin membuat makanan yg bagus untuk diet, atau ingin membuat menu makanan sehat untuk anak, sebaiknya memastikan bahwa makanan yang kita sajikan tak berkurang kadar vitaminnya karena menyimpannya dalam lemari es. Selain artikel tersebut, baca juga Cara Diet yg Cepat dan Aman.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Makanan yang Tak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

0 comments:

Post a Comment