Cara Menurunkan Berat Badan

6 Gejala Diabetes yang Paling Utama

6 Gejala Diabetes yang Paling Utama - Sakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya kelainan sistem insulin pada tubuh seseorang. Dan hal ini ditandai dengan berlebihnya kadar glukosa yang ada di dalam darah. Pada umumnya, penyakit diabetes sendiri terdiri dari sejumlah dua tipe yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penyakit diabetes tipe 1 biasanya dikenal sebagai  penyakit diabetes remaja. Disebutnya hal ini terjadi karena diabetes tipe 1 ini sangat umum terjadi pada seseorang dengan usia bawah usia 40 tahun atau juga para remaja. Kemudian sedangkan untuk penyakit diabetes tipe 2 biasanya diderita oleh orang atau seseorang yang telah berusia 35 tahun ke atas. Tetapi meski begitu, jelas jika keduanya masih berhubungan dengan gula darah berlebih dalam tubuh si penderita itu sendiri. Mulai saat itu, para penderita harus menyantap jenis makanan untuk diet diabetes.

Lantas kemudian kira-kira bagaimana untuk mengetahui bahwa tubuh kita berisiko diabetes? Sebenarnya ada beberapa gejala diabetes yang bisa sangat mudah kita rasakan sendiri di rumah. Nah, gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini.


    Sering Buang Air Kecil

    Banyak hasil riset menyebutkan bahwa para penderita diabetes ini akan lebih sering buang air kecil. Baik itu di siang hari atau pun malam hari, ternyata aktivitas buang kecil ini bahkan bisa sampai dilakukan 2 kali dalam satu jam lho. Jadi jika kamu mengalami hal ini, baiknya segera periksakan diri ke dokter dan cari tahu tentang kesehatan kamu segera.

    Beberapa Bagian Tubuh Mengalami Mati Rasa

    Lalu gejala selanjutnya yang bisa dirasakan oleh tubuh adalah beberapa bagian tubuh mengalami mati rasa yang sering. Dan beberapa bagian tubuh tersebut antara lain adalah bagian tangan, pada kaki dan juga pada jari. Terjadinya mati rasa atau seperti kesemutan ini sendiri terjadi ternyata karena peningkatan gula darah, jadi sering kali membuat serabut saraf yang ada pada beberapa bagian tubuh tersebut mengalami kerusakan yang mengganggu.

    Berat Badan Turun Drastis

    Lalu biasanya, orang-orang yang berisiko mengalami diabetes memang akan mengalami penurunan berat badan yang drastis dan tiba-tiba. Padahal si penderita saat itu tidak sedang melakukan diet atau tidak dalam program penurunan berat badan. Dengan turunnya berat badan secara drastis ini untuk penderita diabetes sering kali terjadi karena tubuhnya tak mampu menyerap glukosa atau menyerap sumber energi dengan benar lagi.

    Haus Yang Berlebihan

    Kemudian jika kamu mengalami haus yang berlebihan pada setiap hari padahal tidak sedang melakukan aneka  pekerjaan berat atau juga tidak berada di tempat yang berhubungan langsung dengan sinar terik matahari, maka kamu juga perlu waspada. Sebab mengingat penderita diabetes sering buang air kecil, maka hal inilah yang membuatnya merasa haus berlebihan yang maksudnya untuk mengganti cairan dalam tubuh yang hilang banyak karena buang air kecil tadi.

    Pemulihan Luka Yang Lambat

    Kemudian gejala dari risiko diabetes lainnya yang perlu kita tahu selanjutnya adalah pemulihan luka yang lambat sekali. Hal ini mengingat sistem imun lemah dan juga sistem kekebalan tubuh yang tidak normal akibat diabetes tersebut, maka hal ini sering kali memicu luka yang ada di dalam tubuh jadi tak bisa pulih dengan cepat. Apabila kamu mengalami hal ini, maka usahakan untuk memeriksakan diri ke dokter dan cari tahu masalah kesehatan kamu ya.

    Mudah Lelah Dan Mudah Emosi

    Ada satu lagi gejala yang bisa dengan sangat mudah kamu rasakan ketika berisiko diabetes adalah menjadi mudah lelah dan mudah emosi. Adanya perasaan ini sering terjadi karena saat tidur, jadi mereka yang menderita diabetes tak bisa tidur lelap dengan nyaman dan nyenyak. Jadi biasanya, mereka ini akan terbangun untuk buang air kecil atau minum karena kehausan yang parah.

Itulah sedikitnya 6 Gejala Diabetes yang Paling Utama yang bisa kamu rasakan sendiri di rumah dan juga harus kamu waspadai. Kemudian selain gejala di atas, ada juga gejala lain yang juga kerap terjadi pada penderita yakni adalah adanya gangguan kesehatan pada gusi, lalu kulit menjadi tidak sehat (terlihat bersisik, terasa kasar dan juga kering), selain itu nafsu makan meningkat meski berat badan terus berkurang parah dan kemudian penglihatan mulai kabur atau buram jadinya.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Gejala Diabetes yang Paling Utama

0 comments:

Post a Comment