Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Tetap Segar dan Bugar Selama Berpuasa

Tips Tetap Segar dan Bugar Selama Berpuasa - Akhirnya bulan Ramadan kembali, kita semua diberi kesempatan untuk beribadah lagi di bulan penuh berkah ini. Tepat di bulan ini para umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan lamanya. Tentu saja pola makan juga akan berubah drastis. Jika biasanya kita bebas untuk makan kapan saja, dimana saja, sekarang harus menahan diri dan makan hanya dua kali saja, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini tentu juga berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita. Menyantap makanan bergizi adalah salah satu cara untuk tetap bugar selama puasa.

Sebab kurangnya asupan air dan nutrisi karena puasa bisa membuat tubuh sedikit lemas. Tapi ingat, jangan jadikan ini sebagai alasan kita akan bermalas-malasan ya. Maka kali ini ada 3 tips super mudah yang bisa kita ikuti supaya tubuhmu selalu enerjik sekalipun tengah berpuasa seharian. Yuk disimak :

    Yang pertama adalah selalu usahakan untuk selalu makan sahur. Sebab makan sahur sangat penting sebab di sinilah kamu mengisi bahan bakar untuk seharian beraktivitas. Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang dalamnya mengandung protein untuk simpanan tenaga. Jadi protein akan membuatmu lebih kenyang lebih lama.
    Memang kebanyakan orang mengeluhkan masalah pencernaan seperti kembung, atau sembelit, dan juga lain-lain selama puasa. Maka solusinya adalah jangan makan berlebihan. Jadi makanlah dengan cukup dan biasakan perbanyak makanan sehat dan kaya serat seperti kurma, juga buah dan juga sayuran.
    Lalu selama santap sahur dan juga selama berbuka sebisa mungkin kurangi teh dan kopi ya. Sebab hal ini akan membuatmu cepat dehidrasi dan kehausan. Jadi sebaliknya perbanyak konsumsi air putih selama sahur dan berbuka agar tubuhmu senantiasa terhidrasi sehingga tak mudah lemas saat beraktivitas seharian.
Tips Tetap Segar dan Bugar Selama Berpuasa
Tips Tetap Segar dan Bugar Selama Berpuasa


Demikian itu tadi adalah beberapa tips mudah yang bisa diikuti selama berpuasa Ramadan supaya tubuhmu selalu enerjik dan tak lemas seharian. Nah, untuk si kecil yang tengah belajar puasa, sebaiknya ikuti tips di bawah ini :

Saat Sahur

Siapkan makanan untuk sahur yang mengandung semua zat gizi dalam komposisi seimbang serta memiliki jumlah cukup sesuai usia dan jenis kelamin anak kita. Kemudian konsumsilah makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah, yakni berbagai jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara lambat tetapi bertahan lama saat diproses dalam tubuh. Misalnya makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah adalah : nasi merah, spageti, bulgur dan barley, anggur, jeruk, pisang, kacang hijau, ubi jalar, dan jus apel serta susu rendah lemak.      

Kemudian jenis makanan untuk sahur sebaiknya juga lebih mudah mengenyangkan, biasa disebut memiliki fullness factor tinggi. Beberapa contoh makanan jenis ini, antara lain adalah taoge, buah semangka, buah anggur, kemudian wortel, buah jeruk, bisa juga ikan kukus, serta dada ayam panggang.

Saat Berbuka

Kemudian untuk berbuka, si kecil sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang mempunyai indeks glikemik tinggi, yakni berbagai jenis makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuhnya secara cepat tetapi singkat. Beberapa ontoh makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah sebagai berikut ini : bagel, aneka donat, menyantap roti putih, bisa juga corn flakes, atau wafel, menyantap kentang panggang, makan wortel dan semangka.

Kemudian selain itu, berbagai makanan yang dikonsumsi anak untuk berbuka ini juga harus mengandung semua jenis zat gizi dalam komposisi seimbang juga jumlah cukup sesuai  usia dan jenis kelamin mereka.

Nah, untuk contoh makanan sehat dan bergizi untuk si kecil sendiri bisa dilihat di internet atau di berbagai sumber lainnya, jangan lupa padukan dengan menu makanan anak yang variatif supaya tidak bosan. Demikian adalah Tips Tetap Segar dan Bugar Selama Berpuasa. Simak juga Cara Mengatasi Perut Kembung Dan Susah BAB.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Tetap Segar dan Bugar Selama Berpuasa

0 comments:

Post a Comment