Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Puasa Aman Untuk Penderita Sakit Maag

Tips Puasa Aman Untuk Penderita Sakit Maag - Yang satu ini bisa dikatakan sebagai sakit bagi sejuta umat, karena semua orang pasti pernah mengalami sakit maag akibat makan yang tak teratur atau karena menyantap makanan tidak sehat. Sakit maag adalah salah satu penyakit yang menyerang pencernaan. Dengan meningkatnya asam lambung, maka bisa membuat maag seringkali menjadi kendala dalam menjalankan ibadah puasa agar khusyuk. Ketika maag menyerang semua serba salah, bahkan mau makan salah tidak makan tetap salah.

Hal yang Harus Dihindari

    Cobalah untuk menghindari makanan yang digoreng, atau makanan yang mengandung banyak lemak, juga hindari makanan asam. Apalagi makanan buah yang memiliki rasa sangat asam. Selain itu penderita maag yang berpuasa sebaiknya menghindari makanan pedas saat sahur. Sebab makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada perut dan juga meningkatkan asam lambung sehingga sakit maag bisa kambuh di siang hari.

Tips Puasa Aman Untuk Penderita Sakit Maag
Tips Puasa Aman Untuk Penderita Sakit Maag

   Selain itu hindari juga makanan yang terlalu manis dan karbohidrat olahan seperti roti dan sejenisnya. Ingatjuga jangan mengonsumsi makanan atau minuman berkafein, dengan kopi atau soda juga. Yang satu ini merupakan cara berpuasa penderita maag yang harus diperhatikan dengan seksama. Tapi untuk orang yang tidak menderita maag, tetap saja makanan atau minuman seperti ini juga harus diwaspadai juga.

    Jangan merokok, sebab dengan rokok bisa memperparah sakit maag lho. Juga hindari penggunaan obat yang bisa menyebabkan peradangan pada lambung semakin memburuk dan makin sakit.

Hal yang dianjurkan

    BIasakan makanlah makanan yang bisa dicerna lebih lambat pada saat sahur. Sebab cara ini bisa membuat perut kenyang yang lebih lama dan bisa terhindar dari kelaparan saat puasa di siang hari.

    Konsumsi kurma yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika sahur. Sebab buah kurma yang kaya akan serat, dengan karbohidrat, kemudian kalium, dan juga magnesium. Bahkan penderita maag yang berpuasa juga dibolehkan untuk makan kacang almond ketika sahur. Sebab kacang almond mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh saat berpuasa seharian.

    Kemudian buah pisang bisa dijadikan santapan pembuka ketika berbuka puasa. Sebab buah pisang merupakan sumber karbohidrat, sumber kalium, dan juga sumber magnesium yang bermanfaat bagi tubuh kita.

    Cobalah pilih makanan yang direbus atau dipanggang daripada yang digoreng. Sebab makanan yang dimasak rebus jauh lebih baik untuk kesehatan kita, lebih-lebih bagi orang yang terkena sakit maag supaya puasanya lebih lancar.

    Jadi untuk mencegah sakit maag kambuh, maka jangan pernah lewatkan makan sahur ya.

   Selalu perbanyak minum air putih saat sahur. Bahkan jika misalnya diperlukan, boleh meminum obat maag sesuai petunjuk dokter kita.

Demikian adalah Tips Puasa Aman Untuk Penderita Sakit Maag. Dipadukan dengan gaya hidup sehat dan selalu mengkonsumsi aneka daftar makanan sehat, maka puasa akan makin menyenangkan. Jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya di blog ini. Misalnya saja adalah Cara Mengatur Menu Sehat Buka Puasa.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Puasa Aman Untuk Penderita Sakit Maag

0 comments:

Post a Comment