Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Olahraga Saat Bulan Puasa

Bulan ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat muslim dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia sendiri bulan ramadhan menjadi bulan yang sangat dinantikan. Dengan berpuasa saat bulan ramadhan, seluruh umat musli memiliki kesempatan untuk mengumpulkan pahala sebanyaknya. Saat berpuasa seluruh umat muslim diwajibkan untuk menahan makan, minum, seta hawa nafsu dan amarahnya. Berpuasa sendiri selain menghasilkan pahala juga memiliki manfaat lebih bagi tubuh dan pikiran, dengan menahan emosi kita, berpuasa  dapat membuat jiwa menjadi lebih tenang. Selain itu berpuasa juga akan membuat tubuh menjadi sehat, karena asupan yang dikonsumsi pada saat bulan puasa tidak sebanyak pada saat tidak puasa.

Tips Olahraga Saat Bulan Puasa

Namun walu begitu saat berpuasa kita juga harus menjaga asupan nutris kita, agar tetap kuat saat menjalankan aktifitas sehari-hari dan tidak mudah lelah pada saaat berpuasa. Peran olahraga juga menjadi sangat penting pada saat menjalankan puasa. Dengan berolahraga, maka tubuh akan lebih kuat menjalankan ibadah puasa dan tidak mudah kelelahan. Kita juga harus memperhatikan pola olahrga saat berpuasa, jangan samapai kegiatan olahraga berlebihan. Karena olahraga yang berlebihan tidak baik untuk tubuh kita, terlebih pada saat bulan puasa. Jangan sampai kegiatan berolahraga malah membahayakan tubuh, oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa digunakan saat melakukan kegiatan olah raga pada bulan puasa. Diantaranya adalah :

1.      Jangan Berolahraga Saat Cuaca Panas
Jangan berolahraga di waktu saat matahari sedang terik, karena hal ini tidak baik untuk tubuh kita. Selain itu, berolahraga pada saat cuca sedang panas akan membuat kita kehilangan terlalu banyak keringat dan membuat tubuh menjadi dehidrasi dan akan mengganggu fungsi organ tubuh.
2.      Pilihlah waktu Olahraga Menjelang Berbuka
Waktu menjelang berbuka adalah waktu yang sangat tepat untuk melakukan kegiatan berolahraga. Karena pada waktu ini kita bisa menyesuakan keadaan tubuh, dan mengembalikan keadaan tubuh menjadi lebih baik karena setelah berolahraga kita tidak butuh waktu lama untuk menunggu berbuka puasa. Selain itu pada waktu menjelang berbuka cuaca tidak terik, sehingga kita dapat terhindar dari bahaya dehidrasi.
3.      Jangan Melakukan Olahraga Berat
Pada saat melakukan olahraga sambil menjalan kan ibadah puasa, sebaiknya jangan melakuka olah raga yang terlalu berat dan terlal banyak membuang keringat. Hindari olahraga seperti melakukan angkat beban, sebaiknya ganti dengan olah raga yangtergolong santai seperti, jogging, berspeda, atau melakukan yoga.
4.      Berolahraga Dengan Waktu Yang Singkat
Sebaiknya berolahraga dengan waktu yang singkat 20-30 menit. Waktu tersebut sudah sangat cukup untuk melakukan olahraga dengan baik. Dengan berolahraga secara singkat kamu akan terhindar dari bahaya kelelahan yang berlebih.
5.      Jangan Lupakan Perlengkapan Olahraga
Yang terakhir agar kegiatan olahraga menjadi lebih aman, sebaiknya persiapkan perlengkapan olahraga terlebih dahulu sebelum menjalankan kegiatan olahraga. Kamu bisa beli perlengkepan terlebih dahulu di pusat perbelanjaan jika kamu tidak memilikinya. Atau jika kamu tidak memiliki waktu luang sebaknya kamu berbelanja melalui toko online, seperti blanja.com. di blanja.com kamu bisa membeli perlengkepan olahraga kamu dengan cepat dan mudah. Klik disini untuk memilih perlengkapan olah raga kamu.

Demikian tips berolahraga pada saat bulan puasa yang bisa kamu gunakan. Dengan melakukan melakukan tips tersebut kamu bisa tetap beribadah sambil menjaga agar tubuh tetap sehat.  Semoga tips diatas dapat memberikan manfaat.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Olahraga Saat Bulan Puasa

0 comments:

Post a Comment