Cara Menurunkan Berat Badan

Tanda-Tanda Tubuh Kurang Cairan dan akibat Dehidrasi

Tanda-Tanda Tubuh Kurang Cairan dan akibat Dehidrasi - Jangan anggap sepele kekurangan cairan, sebab hal ini bisa menyebabkan tubuh terkena berbagai penyakit yang lebih serius. Oleh karenanya sangat disarankan untuk banyak minum air putih setidaknya delapan gelas per hari lebih-lebih jika kamu adalah wanita dengan banyak sekali kesibukan di luar rumah. Jangan biasakan menunggu sampai kamu haus dulu, jadi selalu sediakan air putih di dekatmu. Makan makanan yg sehat saja tak cukup jika tak minum air. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda kalau tubuhmu kekurangan air putih dan kamu harus segera minum air putih yang banyak :


Tanda-Tanda Tubuh Kurang Cairan dan akibat Dehidrasi
Tanda-Tanda Tubuh Kurang Cairan dan akibat Dehidrasi

-   Tanda pertama yang menyerang tubuh adalah sakit kepala. Sebab secara perlahan tubuh akan kehilangan cairan, maka inilah yang akan membuat kandungan garam penting dalam tubuh seperti misalnya sodium dan potasium juga hilang perlahan. Maka hal ini akan membuat perubahan dalam darah dan akhirnya mempengaruhi otak. Oleh karenanya kamu akan segera mengalami sakit kepala yang mengganggu. Jadi semakin banyak air yang hilang, maka volume darah akan semakin rendah, kemudian ini menyebabkan semakin sedikitnya oksigen yang mengalir ke otak kita.
-   Tanda kedua adalah air seni yang berwarna kuning gelap cenderung cokelat. Hal ini merupakan sebuah tanda bahwa sudah banyak sekali kotoran di dalam tubuhmu itu. Ketika kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik maka kotoran akan mudah keluar bersama dengan air seni atau urin. Apabila memang air senimu berwarna gelap sudah tentu seharusnya kamu memperbanyak konsumsi air putih dalam seharinya.
-   Tanda ketiga adalah sembelit. Yang ini karena air membantu kotoran yang ada di dalam usus kita untuk keluar dari tubuh. Maka jika tanpa air maka kotoran tak akan bisa keluar dari usus. Apabila kamu mengalami sembelit dan tak bisa keluar, maka perbanyaklah minum air putih. Apabila masih belum sembuh, maka kamu disarankan untuk minum obat anti sembelit atau menghubungi dokter saja.

Lalu sebenarnya apa sih yang akan terjadi pada tubuh kita jika tengah dehidrasi? ini dia beberapa hal yang akan terjadi seandainya kita tidak minum cukup air, yuk disimak!

Lelah

Yang kerap terjadi ketika tubuh dehidrasi adalah lelah. Akibat kekurangan cairan, maka tubuh pun akan terasa lelah, terasa lemas dan tidak nyaman juga. Selain merasa lelah, kurang cairan juga memiliki risiko menurunkan sistem kekebalan tubuh sampai bisa membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit musiman.
Kulit Kering

Kemudian hal selanjutnya yang akan terjadi pada tubuh saat mengalami dehidrasi adalah kulit kering. Dengan kekurangan cairan dalam tubuh maka otomatis bisa membuat kulit menjadi lebih kering, busik dan lebih mudah bersisik bahkan lebih mudah keriput juga. Maka apabila kamu tak ingin kulit kamu kering dan mudah keriput, selalu pastikan bahwa kamu minum cukup setiap harinya. Selalu pastikan supaya cairan dalam tubuh tidak mengalami kekurangan dan mengakibatkan kulit kering.
Nafas Bau

Hal ini bisa jadi terjadi karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Adanya penurunan jumlah air di dalam mulut bisa mempengaruhi nafas juga lho. Jadi bukan hanya itu saja, tatkala cairan di dalam mulut berkurang, otomatis hal ini memungkinkan pertumbuhan bakteri penyebab nafas bau bisa berkembang dengan mudah dan cepat. Kemudian apabila bakteri ini telah berkembang, secara otomatis nafas pun akan menjadi semakin bau dan akhirnya kesehatan mulut juga tak akan terjaga dengan baik seperti seharusnya.
Sakit Kepala dan Susah Konsentrasi

Lalu untuk hal keempat yang akan terjadi pada tubuh kita adalah sakit kepala serta  mengalami susah konsentrasi. Sebab ada banyak ahli kesehatan mengungkapkan bahwa terjadi kurangnya cairan dalam tubuh akan berpengaruh buruk untuk kesehatan kepala maupun kesehatan otak kita. Pada saat tubuh seseorang mengalami dehidrasi, terjadinya hal ini tidak jarang akan menyebabkan sakit kepala dan menyebabkan menurunnya konsentrasi. Apabila kamu ingin tetap fokus dan terbebas dari masalah sakit kepala, selalu pastikan untuk cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh ya?

Demikian adalah artikel mengenai Tanda-Tanda Tubuh Kurang Cairan dan akibat Dehidrasi. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita ya? Selalu budayakan hidup sehat dengan mengkonsumsi menu makanan sehat dan jangan lupa baca juga Cara Hilangkan Nyeri Sendi Dengan Satu Bahan Ajaib.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda-Tanda Tubuh Kurang Cairan dan akibat Dehidrasi

0 comments:

Post a Comment