Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa - Tak terasa sudah bulan puasa lagi, bersyukur karena kita masih diberi usia untuk mendapatkan kesempatan menikmati Ramadan lagi. Nah, selama berpuasa tentunya kita pasti tetap ingin memiliki tubuh sehat dan bugar selalu. Jadi, sangat disarankan bagi umat Islam yang menjalankan puasa supaya selalu menjaga pola makan dan selalu memilih aneka makanan yang sehat untuk dikonsumsi selama berpuasa selama satu bulan. Supaya tubuh sehat dan bugar, maka kita perlu memperbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti halnya buah dan sayur. Contoh menu makanan sehat adalah sayur sup tanpa minyak, salad dengan olive oil dan masih banyak lagi.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa
Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Selain itu kita juga sangat disarankan untuk minum air putih cukup saat berbuka dan juga saat makan sahur setiap hari. Lalu tak boleh ketinggalan, sebab kita juga disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa memicu rasa sakit ataupun rasa haus berlebih saat puasa di siang hari nanti. Kemudian untuk beberapa makanan yang perlu dihindari selama berpuasa, antara lain adalah sebagai berikut ini :

    Makanan Asin

    Daftar makanan pertama yang perlu dihindari selama berpuasa selama satu bulan adalah makanan yang terlalu asin dan gurih. Lantas kenapa makanan asin perlu dihindari? Sebab hal ini terjadi karena makanan asin itu bisa membuat kita mudah merasa haus di siang hari. Bahkan tak hanya itu saja, sebab makanan asin juga cenderung membuat kita jadi makan dalam porsi banyak sekali. Padahal sebenarnya jika makan dalam porsi banyak selama puasa, malah bisa membuat kita rentan terhadap aneka sakit dan membuat sistem pencernaan pun tidak bisa bekerja dengan baik alias terganggu.

    Makanan Terlalu Manis

    Makan kolak dan aneka makanan manis lainnya memang mantap saat berbuka, tapi makanan yang terlalu manis dan selalu dikonsumsi saat malam, terutama saat waktu buka puasa dan sahur ternyata dipercaya bisa meningkatkan risiko diabetes. Jadi kalau mau sehat selama berpuasa, maka selalu usahakan untuk tidak terlalu berlebihan konsumsi makanan manis sekalipun rasanya nikmat. Walaupun saat buka puasa disunahkan memulai makan dengan makanan yang manis-manis, maka pastikan bahwa kamu makan makanan manis secukupnya dan jangan berlebihan. Apapun kalau berlebihan hasilnya tak akan bagus untuk tubuh.

    Makanan Pedas dan Asam

    Para ahli kesehatan mengatakan dengan kompak bahwa kedua jenis makanan ini benar-benar berbahaya bagi kesehatan pencernaan, apabila kamu terlalu sering mengonsumsinya selama puasa. Makan sekali dua kali sih masih boleh, itu juga diimbangi dengan minum air putih banyak-banyak dan juga konsumsi vitamin penguat lambung.

    Makanan dan Minuman Mengandung Kafein

    Meminum kopi, apalagi kopi hitam, bisa membuat perut kembung dan terasa tak nyaman. Puasa jadi tidak khusyuk dan bersendawa terus tentu membuat kita jengah, bukan? Oleh karena itu, ada baiknya kita menghindari berbagai minuman dan makanan yang mengandung kafein selama berpuasa.

Itulah dia Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa. Kenapa ada yang tak boleh dimakan makanan dalam pantang puasa? Karena makanan-makanan tersebut memiliki beberapa efek samping yang tak baik untuk tubuh dan perut yang tidak diisi selama sekian jam jika mengkonsumsi makanan tersebut saat buka atau sahur, maka hasilnya tak baik untuk tubuh. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya di blog ini, misalnya saja tentang makanan sehat buat bayi atau Cara Membuat Bayi Sehat dan Cerdas Saat Dilahirkan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment