Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengatasi Batuk Kering Sampai Tuntas

Cara Mengatasi Batuk Kering Sampai Tuntas - Lebaran sebentar lagi, dan peluang bisnis makanan sehat terbuka lebar. Membuat kue kering sehat dan sebagainya menjadi incaran para pebisnis. Tetapi, terlalu banyak makan kue kering yang manis-manis bisa mengakibatkan batuk kering, batuk kering ini disebut juga dengan batuk tak berdahak. Walau tak berdahak, tetapi kamu tak boleh menganggap remeh batuk ini dan kemudian tak mengobatinya. Sebab batuk kering yang dibiarkan akan membuat kondisi tenggorokan iritasi dan sakit. Tentu saja rasa gatal di tenggorokan akan super mengganggu.

Terjadinya batuk kering dan tenggorokan gatal ini biasanya tergolong dalam kasus alergi dan juga disebabkan oleh asap rokok atau iritasi lainnya. Adanya batuk ini biasanya disertai dengan sinusitis ringan dan adanya infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas. Selain itu batuk kering juga bisa jadi merupakan reaksi yang terjadi dari penyakit saluran pernafasan, misalnya seperti TBC, atau kanker paru-paru.

Cara Mengatasi Batuk Kering Sampai Tuntas
Cara Mengatasi Batuk Kering Sampai Tuntas

Maka, berikut ini adalah beberapa tips praktis yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengatasi batuk kering yang menyerang tubuh.

*    Kumur-kumur dengan air garam akan membantu meringankan batuk ini. CUkup siapkan saja secangkir air hangat dan sedikit garam. Aduk rata dan berkumurlah dengan campuran ini.

*    Kemudian cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan menelan madu. Cukup satu sendok madu akan membebaskanmu dari batuk kering yang pasti terasa gatal di tenggorokan. Sebab madu dipercaya akan  melembabkan tenggorokan dan mengurangi batuk.

*   Segelas teh jahe juga akan meringankan batuk kering. Meminum teh jahe hangat sebelum tidur untuk efektif membantu mengurangi frekuensi batuk pada malam hari. Selain itu teh hijau juga akan mengurangi batuk kering yang mengganggu. Munculnya ide ini adalah untuk meminum sesuatu yang hangat yang menenangkan tenggorokan saat batuk.

*    Kemudian saat batuk ganjal kepala saat tidur dengan bantal yang tinggi. Hal ini akan berguna mengurangi iritasi pada tenggorokan kita.

*    Mengoleskan balsem pada hidungmu. Hal ini akan melancarkan saluran pernapasan dan bisa untuk menekan batuk untuk sementara waktu.

Setelah Lebaran, ada kemungkinan besar pula berat badan kembali seperti semula, dan kemudian kamu jadi gemuk lagi. Hayoo, pasti tak ingin hal ini terjadi kan? Nah, ini caranya agar tubuh tetap langsing dengan meneruskan tata pola makan yang sehat setelah Ramadan. Jadi cara terbaik adalah jangan makan kapan pun kamu inginkan saat itu.

Bahkan para peneliti dari King s College London telah menuliskan penelitian mengenai dampak sembarangan makan terhadap kesehatan tubuh kita. Kemudian hasilnya menunjukkan bahwa 'orang-orang yang makan kapan pun mereka mau vs makan ketika kamu memang harus makan ternyata memiliki perbedaan besar terhadap risiko mengalami sindrom metabolisme, yakni yang berhubungan langsung mengembangkan penyakit diabetes tipe 2, penyakit tekanan darah tinggi, dan juga obesitas.

Apabila kamu makan tak teratur, atau makan kapan pun kamu mau di waktu-waktu yang sebenarnya bukan waktu makan, maka hal ini bisa mengganggu jam internal tubuh yang akan mengatur proses metabolisme seperti nafsu makan, proses pencernaan, proses pemecahan lemak dan lain sebagainya. Memang kamu mungkin tak secara langsung merasakan dampaknya, akan tetapi kamu akan sadar ketika tiba-tiba tubuhmu bertambah nanti.

Memang penelitian lebih lanjut tentu dibutuhkan. Tetapi siapa sih yang nggak tahu kalau makan sembarangan bisa bikin gemuk? Oleh karena itu, meskipun kamu sudah tak puasa dan tak ada lagi aturan batasan waktu untuk makan dan minum, maka kamu tetap harus menjaga pola makan jika ingin tubuh langsing dan tak mudah sakit. Terapkan juga menu makanan sehat untuk diet untuk makan sehari-hari. Demikian adalah Cara Mengatasi Batuk Kering Sampai Tuntas. Simak juga Tips Untuk Mudik Aman Tanpa Mual.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Batuk Kering Sampai Tuntas

0 comments:

Post a Comment