Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak

Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak - Bulan Ramadan tiba, saatnya untuk berpuasa dan menahan diri dari segala bentuk hawa nafsu. Berpuasa harus dibiasakan sejak dini, sebab puasa mungkin mudah dilakukan oleh orang dewasa, tetapi bagi anak-anak, maka berpuasa menjadi tantangan tersendiri, terutama saat mereka membayangkan beratnya tidak makan dan minum dari pagi hingga sore hari tiba.

Tetapi kita tentu juga tak bisa memaksakan anak untuk langsung puasa, sebab ada beberapa pendekatan yang santai, supaya kelak anak terbiasa dan nyaman dengan puasa Ramadan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk dilakukan dan supaya ibadah puasa tak menjadi suatu hal yang dipandang menyeramkan untuk anak kita :
cara mengajarkan anak puasa
Cara ajarkan anak puasa


    Tidurkan anak lebih awal saat malam hari

    Disebabkan bukan hanya siklus makan yang berubah menjadi malam, maka karena itu tidur pun juga perlu diatur ulang selama Ramadan tiba. Oleh karena itu biasakan anak tidur lebih awal supaya anak  tidak lelah saat sahur dan kemudian tidak mengantuk saat sekolah siang harinya.

    Menu sahur harus bergizi, mengandung serat, serta sehat

    Cobalah buatkan jus atau salad buah saat sahur agar anak tak mudah dehidrasi saat siang harinya. Selain itu sediakan lebih banyak sayur dan buah untuk makanan anak, bisa divariasikan dengan resep makanan enak yang inovatif.

    Jangan tergesa-gesa saat sahur

    Maka biarkan anak makan sahur tanpa tergesa-gesa. Sebab anak umumnya lama saat makan, karena itu lebih baik memulai sahur lebih awal saja. Juga buat waktu sahur menyenangkan, tak usah memaksa si anak terburu-buru saat sahur ya!
    Biarkan anak tidur setelah sahur

    Karena tidur 8 jam per hari sangat diperlukan untuk anak kecil, maka dengan cukup tidur akan membuat anak lebih siap berpuasa di siang harinya. Sama halnya dengan tidur siang, maka cara ini mampu membantu mengalihkan rasa haus dan lapar yang dirasa anak sepanjang hari.

    Batasi aktivitas anak

    Karena puasa, maka ingatkan anak untuk tidak banyak beraktivitas fisik seperti bersepeda atau lari-larian yang membuat mereka cepat lelah, cepat haus dan lapar. Boleh bermain, dan tidak masalah asal tidak berlebihan menguras tenaga sehingga membuat mereka ingin membatalkan puasanya.

    Ajak anak menyiapkan menu buka

    Cobalah tanya mereka, jenis makanan atau minuman apa yang ingin dimakan untuk berbuka nanti. Kemudian siapkan menu favoritnya. Nah, cara ini bisa membuat mereka lebih semangat menjelang buka puasanya lho.

    Hindari berpuasa tanpa sahur

    Jangan samakan dengan orang dewasa yang kadang memilih tak sahur sebelum puasa, sebab anak harus makan sahur supaya mampu menjalani puasa seharian penuh. Sekalipun si anak tak makan banyak, pastikan ia sahur agar siang hari tak mudah lapar.

Selain itu pastikan anak paham mengenai arti puasa dan jelaskan mengapa mereka harus puasa supaya di anak termotivasi dan lebih semangat puasa sampai magrib tiba. Demikian adalah artikel tentang Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya dalam blog ini. Misalnya saja artikel mengenai menu makanan diet sehat atau tentang resep makanan diet. Bisa juga membaca Cara Mengobati Sakit Maag Saat Puasa.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak

0 comments:

Post a Comment