Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Cara Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa - Selain lapar dan lemas, dehidrasi juga merupakan salah satu hal yang paling sering dihadapi kaum muslim yang berpuasa selama bulan Ramadan. Adanya rasa haus itu memang salah satu hal yang susah dihadapi, dan jadi godaan, apalagi kalau ada juga gambar makanan sehat yang menggoda, tapi kuatkan iman dan jangan sampai ini jadi alasan membuatmu membatalkan puasa ya, sayang soalnya.



Tahukah? karena sebenarnya ada tips dan trik sederhana yang bisa menjaga tubuh tetap fit dan bisa menjadi tak mudah haus selama Ramadan. Inilah yang kamu perlukan agar tak mudah haus saat puasa.

    Rutin minum 8 gelas air

    Biasakan untuk minum air 8 gelas selama waktu buka puasa lanjutkan sampai menjelang sahur juga. Tetapi hindari minum minuman terlalu manis, misal semacam kolak dan teh manis saat buka puasa. Jadi awali dengan minum air putih segelas atau dua gelas dulu. Minum air akan mengganti elektrolit tubuh, lalu beri jeda, lantas setelah itu baru menikmati takjil atau makanan lainnya untuk berbuka puasa.

    Bawa botol air minum saat tarawih

    Sebab minum air putih tak akan membatalkan wudlu, maka kita bisa minum air putih di sela-sela pergantian sholat tarawih. Dengan melakukan cara ini, sangat ampuh membuat tubuh terhindar dehidrasi atau kehausan.

    Minum air sebelum tidur

    Selalu pastikan kamu minum paling tidak segelas air sebelum tidur. Sebab saat tidur malam, tubuh juga melakukan aktivitas yang menimbulkan rasa haus dan dehidrasi, oleh karena itu persiapkan botol air minum di samping tempat tidurmu ya.

    Hindari makan gorengan, makanan manis dan asin

    Cobalah hindari makan gorengan, dan diganti dengan buah-buahan saja. Lalu saat berbuka, lawan hasrat makan makanan asin dan goreng-gorengan. Selain itu makanan berlemak dan berminyak memang  cenderung menyebabkan mulut dan tenggorokan kering. Sama halnya juga dengan makanan asin dan manis, akan mudah sekali menyebabkan haus saat puasa.

    Perbanyak makan buah dan sayur

    Usahakan mengganti camilan tak sehat dengan aneka jenis buah-buahan segar seperti semangka, atau pepaya, bisa juga melon dan lain sebagainya yang berserat, juga bergizi dan kaya air. Menyantap sayuran juga jadi contoh menu makanan sehat yang mampu mempertahankan air dalam tubuh, bahan makanan yang tidak membuatmu cepat haus di siang hari.

Saat buka hindari minuman terlalu mans, sebab minuman manis kaya akan kandungan karbohidrat sederhana yang efeknya dapat meningkatkan kadar gula darah dan akan membuat kamu menjadi lapar lagi. Dengan meminum minuman manis sebenarnya justru membuat kamu semakin lapar setelah makan.

Memang minum minuman manis selama berbuka puasa tidak ada yang melarang asalkan tetap memperhatikan porsi dan jumlahnya ya. Ikuti tips minum minuman manis saat buka berikut ini :

    Agar bisa mengurangi penggunaan pemanis buatan, maka pastikan selalu gunakan buah segar. Sebab kandungan gula alami pada buah segar lebih menyehatkan dan juga sangat sedikit mengandung kalori yang bisa menggemukkan.

    Batasi minuman manis yang mengandung gula dan santan, konsisten untuk membatasi porsinya. Setiap santap cukup dengan porsi kecil saja ya.

    Kemudian saat makan makanan utama, selalu pilih air putih saja. Selalu hindari minum dengan yang manis-manis. Sebab ternyata minuman yang manis akan membuat kamu cepat haus juga pada akhirnya.

Itulah dia Cara Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa. Semoga bisa bermanfaat saat menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa untuk selalu mencari contoh menu makanan sehat untuk variasi santapan sahur dan berbuka, simak juga Tips Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment