Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Untuk Mengatur Jadwal Makan Sehat Untuk Bayi dan Balita

Tips Untuk Mengatur Jadwal Makan Sehat Untuk Bayi dan Balita- Sebagai orangtua kita wajib untuk mengajarkan kebiasaan makan yang sehat pada si kecil, sebab secara tak langsung hal ini akan mendorongnya untuk mengikuti cara menjaga kesehatan melalui jadwal makan yang tepat. Maka untuk memastikan si kecil mendapatkan nutrisi yang cukup, yang mampu memenuhi kebutuhan perkembangan fisik dan kecerdasan otaknya, maka cobalah untuk mengatur jadwal makannya menjadi sarapan, jam makan siang, jam makan malam, lalu biasakan setidaknya dua kali camilan sehat setiap hari. Supaya tidak kewalahan untuk mengatur jadwal makan sehat untuk bayi dan balita, yuk simak tipsnya di bawah ini. 

Tips Untuk Mengatur Jadwal Makan Sehat Untuk Bayi dan Balita
Tips Untuk Mengatur Jadwal Makan Sehat Untuk Bayi dan Balita

Sarapan Pagi

Cobalah untuk memenanamkan kebiasaan makan yang sehat dengan menyajikan sarapan pagi buatan sendiri. Waktu ideal untuk sarapan adalah mulai pukul 7 sampai 9 pagi. Sarapan sehat itu wajib, sebab sarapan penting untuk mengisi bahan bakar sepanjang hari supaya tidak lemas.

Kita bisa menyajikan bubur dengan tambahan daging ayam dan sayuran, atau menyajikan pancake dengan topping irisan pisang maupun sereal, lalu diberi tambahan rasberi dan strawberry, yakni sumber ALA yang dapat diolah menjadi DHA di dalam tubuh anak. Bisa juga berikan tambahan ekstra minyak ikan cod untuk si kecil.

Makan Siang
 
Lalu tawarkan makan siang dengan menu beda dari yang ia santap di pagi hari, supaya si kecil tidak mudah bosan. Kalau pagi hari ia menyantap sereal atau bubur, kemudian siangnya sajikan nasi dan sup ya, bisa juga sandwich berisi ayam dan alpukat tumbuk supaya bisa memberikan tambahan energi untuk si kecil. Kemudian coba membatasi asupan air minum saat makan. Sebab terlalu banyak memberikan jus atau susu di antara waktu makan besar, makah dapat membuat anak merasa cepat kenyang dan penuh, akhirnya ia tak menghabiskan makannya.

Makan Malam
 
Jika biasanya anak akan memakan porsi yang lebih sedikit, baik itu karena faktor kelelahan atau rasa laparnya sudah kenyang cemilan, maka disarankan untuk menyajikan hidangan sehat tetapi dengan rasa lezat yang jadi favorit anak, misalnya saja seperti pasta, atau bisa memilih meatloaf dengan kentang tumbuk, kemudian bisa juga ikan goreng dengan acar sayuran yang segar.

Camilan
 
Kemudian sediakan camilan dua kali secara teratur ya, tepat di antara jam makan, kurang lebih sekitar 1 jam sebelum makan siang atau juga 2-3 jam setelah makan siang anak. Tetapi wajib  menghindari pemberian kudapan yang tinggi gula dan kalorinya, sebab hal itu yang dapat membuat anak terlalu kenyang dan enggan makan pada jam makan selanjutnya. Jadi selain biskuit gandum, coba berikan potongan buah segar, segelas kecil smoothie sayur atau salad buah yang kaya vitamin dan mineral.

Silahkan gunakan tips-tips ini untuk mengatur jadwal makan sehat, supaya si kecil memiliki kebiasaan makan yang sehat sejak dini. Kiat makan sehat ini bisa kita mulai sejak dini, supaya hasilnya permanen sampai si kecil dewasa kelak.

Demikian adalah Tips Untuk Mengatur Jadwal Makan Sehat Untuk Bayi dan Balita. Simak juga Gaya Hidup Sehat Untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Untuk Mengatur Jadwal Makan Sehat Untuk Bayi dan Balita

0 comments:

Post a Comment