Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Makanan Sehat Untuk Sarapan Anak Bergizi

Tips Makanan Sehat Untuk Sarapan Anak Bergizi - Tak ada orangtua yang ingin anaknya sampai  melewatkan sarapan pagi, terutama jika mereka memiliki banyak akitivitas sepanjang waktu di sekolah. Hanya saja tidak mudah untuk menyiapkan sarapan dalam waktu yang sedemikian mepet, serta memiliki rasa yang akan dinikmati oleh si kecil, sekaligus bisa mencukupi kebutuhan kalori dan nutrisinya di sekolah, supaya ia terhindar dari jajan makanan yang tidak sehat?

Tak ada yang menjamin jika menu mewah adalah menu yang enak dan cocok untuk sarapan, akan tetapi yang  paing penting adalah makan tersebut mampu mmbuat anak tetap merasa kenyang dan juga bisa berkonsentrasi pada saat menjalani aktivitasnya sepanjang hari. Maka berikut ini adalah beberapa menu makanan yang cepat disajikan dan juga akan cocok dengan selera anak-anak:

Tips Makanan Sehat Untuk Sarapan Anak Bergizi
Tips Makanan Sehat Untuk Sarapan Anak Bergizi

Telur

Khusus bagi ibu yang sibuk di pagi hari, memasak telur sebagai sarapan adalah pilihan yang tepat. Sebab telur rebus ataupun memasak telur orak-arik begitu cepat untuk disajikan. Walau proses pembuatannya sangat cepat, namun makanan ini sama sekali tidak kurang nilai gizinya, pas dengan yang dibutuhkan anak anda. Dengan kandungan protein yang tinggi akan menjaga anak tetap merasa kenyang sampai makan siang tiba.

Smoothies

Yang ini khusus bagi anak yang tidak begitu suka dengan sarapan yang berupa nasi, atau sereal. Maka jangan ragu untuk mencoba menu makanan lainnya. Misalnya adalah smoothies, tentunya bisa menjadi menu alternatif untuk sarapan di rumah. Adanya kandungan susu, dengan yogurt dan buah yang diblender halus, cocok untuk menambah selera anak untuk menghabiskan smoothiesnya dan tetap segar hingga jam makan siang.

Yogurt

Apabila tak sempat siapkan makanan-makanan yang telah disebutkan di atas karena super sibuk, atau karena anak malas makan nasi, minum susu dan smoothies, maka yogurt merupakan pilihan menu sarapan lain.  Adanya kandungan protein akan membantu anak untuk tetap fokus menyerap pelajaran. Kita bisa memberikan yogurt siap saji dengan suhu ruang.

Omelet 

Nah, omelet merupakan menu yang cukup baik untuk sarapan pagi. Jika kita punya lebih banyak waktu maka bisa menawarkan request isian omelet pada si kecil, jadi mereka akan lebih lahap makan omelet dengan isi yang sesuai keinginan mereka.

Pastikan anda tahu makanan apa saja yang akan menimbulkan alergi pada si kecil, sebab menurut penelitian terkini, anak cenderung tumbuh pendek dibanding anak-anak lain yang tidak memiliki alergi terhadap apapun. 

Dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada 245 anak, telah menunjukkan bahwa anak-anak yang alergi pada beberapa jenis makanan memiliki tubuh yang lebih pendek jika dibandingkan anak yang memiliki satu atau dua jenis alergi. Adanya pembatasan makananlah yang menjadi penyebab kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh si kecil.
 
Kemudian hasil penelitian itu juga menemukan bahwa anak yang memiliki alergi makanan dan juga alergi susu hewani memungkinkan memiliki tubuh yang lebih pendek, dibandingkan anak yang tidak alergi susu. Bahkan selain berpengaruh pada tinggi badan, ternyata alergi makanan yang dialami anak-anak akan berpengaruh pada berat badannya juga.

Maka karena itu, jika anak anda mengalami alergi tertentu, segera alihkan nutrisi dari makanan yang menyebabkan alergi, pada makanan lain yang memiliki nutrisi hampir sama atau setara, supaya asupan nutrisinya tetap terjaga. Banyak kok, makanan yg sehat dengan nutrisi setara, tinggal cermat-cermatnya anda memilih.

Demikian adalah Tips Makanan Sehat Untuk Sarapan Anak Bergizi. Simak juga Makanan yang Bisa Membakar Kalori Tanpa Olahraga.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Makanan Sehat Untuk Sarapan Anak Bergizi

0 comments:

Post a Comment