Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan Sehat yang Cocok Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Makanan Sehat yang Cocok Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun - Tak ada hal yang lebih dikhwatirkan oleh seorang bunda, selain cara membuat makanan sehat untuk buah hati masing-masing, apalagi memiliki buah hati yang masih bayi, apalagi jika ia belum sampai berusia 1 tahun. Tak heran jika bunda ingin selalu memberikan semua yang terbaik untuk si kecil. Selain itu bunda juga ingin agar buah hati mulai belajar makanan tambahan selain ASI serta bubur susu saja. Maka dengan makan aneka makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi baik, maka diharapkan buah hati bisa tumbuh dan juga bisa berkembang lebih baik pula seperti selayaknya.

Lalu kira-kira sebelum buah hati memasuki usia setahun. Memangnya makanan apa saja sih yang cocok untuknya?
Makanan Sehat yang Cocok Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun
Makanan Sehat yang Cocok Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

    Buah Berry

    Memang buah berry memiliki rasa yang cukup asam dan bisa jadi si kecil tak suka. Namun jangan salah, buah ini ternyata sangat baik untuk tumbuh kembang buah hati. Vitamin yang terkandung di dalam buah berry dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Salah satu buah berry yang baik untuk kesehatan bayi adalah buah strawberry. Jika bunda ingin memberikan buah ini pada buah hati, haluskan buah dengan blender lalu berikan sedikit demi sedikit padanya. Tapi ingat, beri sedikit saja karena jika kebanyakan, sistem pencernaan buah hati bisa saja terganggu. Agar rasa buah ini tidak terlalu asam, maka berikan bersama madu atau susu bayi.
    Ikan Salmon

    Dengan rasa yang lezat dan nutrisi yang terkandung lengkap, maka ikan salmon merupakan salah satu ikan yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk sangat baik jika diberikan kepada buah hati yang masih di bawah setahun. Namun untuk memberikan ikan salmon pada buah hati, maka bunda bisa memilih untuk merebus ikan salmon atau juga memanggang dan menggorengnya juga boleh. Tetapi ingat, bunda wajib pastikan bahwa ikan salmon tetap lembek dan tidak keras supaya bisa ditelan oleh si kecil, caranya setelah dimasak diproses dalam food processor.

    Kacang

    Bagi beberapa anak mungkin bisa menyebabkan alergi, tapi kebanyakan anak justru malah doyan menyantap bahan makanan yang satu ini. Kacang merupakan makanan nabati yang sangat kaya akan protein dan juga kaya akan lemak sehat untuk tubuh. Bahkan, kacang juga mengandung beberapa nutrisi lain yang menyehatkan bayi bunda semua. Untuk pemberian kacang pada si kecil bisa berupa selai, hal ini dimaksudkan supaya si kecil bisa menelannya dengan mudah dan tanpa menimbulkan trauma ke depannya. Contoh makanan sehat untuk si kecil dengan selai kacang adalah dengan membuat bubur dari tepung beras dan dicampur dengan sesendok kecil selai kacang.
    Sayur Bayam

    Popeye pun makan bayam biar kuat tulangnya, maka si kecil pun harus makan sayur bayam biar tulang dan giginya kuat. Sebab apabila dibandingkan sayur lain, maka sayur bayam merupakan salah satu jenis sayur yang memang memiliki tekstur lembut serta bisa dicerna dengan baik oleh si kecil. Kemudian sayur bayam juga kaya akan kalsium, yaitu kandungan yang membantu bayi memiliki tulang lebih kuat. Boleh dimasak sebagai sayur bening jika si kecil sudah bisa mengunyah, dirajang halus dulu ya! Begitu pula untuk bubur nasi, dirajang halus dan campurkan ke dalam bubur. 

    Daging

    Bayi di bawah satu tahun tak mungkin bisa menyantap daging begitu saja, maka kalau sudah begini maka bunda yang harus pandai mencari cara memasukkan daging ke dalam menu makan si kecil. Seperti cara membuat makanan sehat untuk diet, bunda bisa mengolah daging dengan mengambil kaldunya saja, dicampur dengan bubur bayi. Boleh juga menggiling daging halus-halus untuk kemudian dicampur dengan bahan lain dan membuat kornet, sosis atau nugget sayuran yang nikmat.

Nah, demikian adalah Makanan Sehat yang Cocok Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun. Siapkan semua bahan untuk santapan si kecil dengan seksama, tapi jangan berlebihan juga ya! Pastikan bahannya mudah ditemukan, dan tidak terlalu membebani perekonomian keluarga. Apalagi saat ini seakan menjadi trend memberi MPASI dengan bahan-bahan mahal ala-ala tutorial MPASI mewah, dengan kedok gizi dan nutrisi berlimpah. Sebab makanan dan bahan yang murah-murah pun jika dikombinasikan dengan cara membuat makanan sehat, tentu hasilnya juga akan maksimal kok!

Simak juga Manfaat Menyantap Buah Pisang Untuk Wanita Setiap Hari



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Sehat yang Cocok Untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

0 comments:

Post a Comment