Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW yang Wajib Kita Coba

Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW yang Wajib Kita Coba - Tahukah anda? jika Rasulullah hanya dua kali sakit sepanjang usianya? Ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi melalui makanan yang ia hidangkan di Madinah. Kemudian saat menjelang wafatnya. Hal itu membuktikan bahwa Rasulullah sangat menjaga kesehatannya. Tak heran jika kita selaku umatnya bertanya-tanya, apa sih cara hidup sehat Rasulullah?

Lalu apa saja tips kesehatan ala Rasulullah? 

Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW yang Wajib Kita Coba
Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW yang Wajib Kita Coba

-  Rasulullah SAW cepat tidur dan cepat bangun

Beliau tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Itulah yang membuat beliau tidak suka berbincang-bincang dan makan sesudah waktu isya tiba. Apabila sudah waktunya tidur, maka beliau  akan cepat tidur. Waktu tidur yang tepat di malam hari kurang lebih setelah istirahat selepas shalat Isya, atau kurang lebih pukul setengah sepuluh. Lalu kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk melaksanakan tahajjud.

- Rasulullah sering berpuasa

Puasa memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, bahkan bisa mengobati tekanan darah tinggi, diabetes, asma dan saluran pernapasan, penyakit jantung dan pengerasan arteri. Selain itu puasa juga bisa menyembuhkan penyakit hati tanpa efek samping, bisa menyembuhkan penyakit kulit khususnya alergi. 

Tak hanya itu, ternyata puasa mencegah penyakit paru-paru, mencegah penyakit kanker dan berpuasa dianggap sejata paling ampuh dalam dunia kedokteran modern.

- Bukan pemarah

Rasulullah pernah memberi nasihat:”Jangan marah”, bahkan diulangi tiga kali. Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya hakikat kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasadnya saja, akan tetapi pada kebersihan jiwa dalam tubuhnya. Jadi tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan tubuh kita.

- Menjaga kebersihan

Rasulullah SAW senantiasa tampak bersih dan rapi. Pada hari kamis atau jumat, maka beliau mencukur rambut halus di pipinya, memotong kukunya, bersiwak, juga memakai minyak wangi atau parfum. Bahkan rosul juga sangat menjaga kebersihan mulut dan giginya melalui sunah. Kebiasaan beliau bersiwaq sampai sekarang diikuti oleh umatnya dan terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehata mulut dan gigi.

- Menjaga Pola Makan
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam membuka pagi hari dengan menu sarapan yang berupa segelas air dengan sesendok madu asli. Jadi pada dasarnya, cairan madu ini bisa menjadi obat berbagai penyakit. Bahkan jika ditinjau dari ilmu kesehatan modern, larutan madu berfungsi untuk membersihkan lambung, untuk mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, penyakit wasir dan peradangan dalam organ tubuh.

Kemudian saat ,asuk waktu pagi menjelang siang, beliau juga senantiasa mengonsumsi tujuh butir kurma matang. Selain itu Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda sebagai berikut, “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.

Bukti nyatanya adalah ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah, pada sebuah percobaan pembunuhan di perang Khaibar. Zat racun yang tertelan oleh Rasulullah SAW segera dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Pada saat itu salah seorang sahabat, yakni Bisyir ibu al Barra’ meninggal dunia karena ikut memakan santapan yang beracun.

Cara hidup sehat dan bugar ala Rasulullah juga dengan meminum minyak zaitun dan menggunakannya untuk berbagai perawatan tubuh. Kemudian di malam hari beliau memiliki menu utama yakni sayuran, jadi secara umum, aneka sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama yakni untuk menguatkan daya tahan tubuh dan juga melindungi dari serangan penyakit.

- Berolahraga

Seperti yang sekarang sering digiatkan oleh para pakar kesehatan, berolahraga juga dilakukan oleh Rasulullah. Beliau pernah berlomba lari, bertanding gulat, juga memanah.

-  Bersosialisasi
Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi di Harvard School of Public Health, yang telah menemukan bahwa pria dengan usia 70an, dan yang memiliki hubungan sosial yang baik ternyata memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung yang mengakibatkan kematian.

Rasulullah memiliki banyak sahabat. Beliau juga amat menjaga silaturahim dengan karib, semua  kerabat serta juga bertetangga dengan baik. Maka karena itu, bersosialisasi juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan ala Rasulullah, yang sangat patut untuk kita ikuti.

- Berbekam

Berbekam adalah pengobatan yang sering dilakukan oleh Rasulullah, dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Demikian adalah Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW yang Wajib Kita Coba. Semua tips sehat di atas merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan dan bisa anda mulai dari sekarang. Jika ingin mendapatkan hidup yang lebih berkualitas, maka harus menjaga kesehatan dengan baik. Dengan mengamalkan cara hidup sehat menurut Islam, tak ada ruginya kok!

Simak juga Cara Menjaga Kesehatan Dengan Bawang Putih dan Pantangannya.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW yang Wajib Kita Coba

0 comments:

Post a Comment