Cara Menurunkan Berat Badan

7 Gejala Pikun yang Garus Diwaspadai

7 Gejala Pikun yang Garus Diwaspadai - Di dunia ini ada banyak sekali jenis-jenis sifat dan kelakuan manusia, termasuk kepribadian dan pembawaan natural seseorang. Misalnya saja ada orang yang memiliki sifat pelupa, bahkan seringkali lupa hal-hal remeh sampai aneka hal yang penting dan besar serta urgent. Kemudian selain itu ada pula jenis orang yang ingat banyak hal, mereka ini sulit melupakan sesuatu, bahkan walau tidak mereka ingat-ingat. Tetapi jika sudah menginjak usia renta, maka kedua jenis manusia di atas sama saja punya potensi mengalami kepikunan yang bisa merepotkan.

7 Gejala Pikun yang Garus Diwaspadai
7 Gejala Pikun yang Garus Diwaspadai


Jadi gangguan mengingat sesuatu ini, populer disebut demensia di dunia kedokteran internasional. Tapi kondisi penurunan fungsi otak ini tak mungkin begitu saja munculnya, akan tetapi sudah menunjukkan ada beberapa tanda jauh sebelumnya, sampai akhirnya pikun semakin mengganggu dan bisa merepotkan. Sayangnya orang seringkali masih mengabaikan gejala-gejala ini dan ini beberapa gejalanya :

    Lupa mengingat jangka pendek

    Lelaki atau perempuan dengan demensia pada umumnya mengingat kejadian-kejadian yang sudah lalu atau lama, tetapi tiba-tiba saja lupa apa yang baru saja dilakukan barusan, contohnya dalam jangka waktu sepuluh atau tiga puluh menit yang lalu. Inilah yang dimaksud kehilangan ingatan jangka pendek.

    Kesulitan berkomunikasi

    Ada beberapa orang mengalami kesulitan mengungkapkan atau mengeluarkan kata-kata yang ada di pikirannya bahkan bisa jadi tiba-tiba lupa apa yang mau dikatakan. Maka terkadang juga mulai sedikit demi sedikit kehilangan kosakata yang sebenarnya umum dan bahkan sering digunakan saat bercakap.

    Perubahan mood dan perasaan

    Kemudian salah satu yang ekstrem dan bahkan yang sering diabaikan adalah perubahan emosi yang drastis dan cepat. Jadi orang dengan demensia biasanya menjadi mudah tersinggung, mudah marah, lalu sedih dan sebagainya. Bahkan terkadang mereka menjauh karena sakit hati dengan beberapa omongan yang sebenarnya biasa saja jika diperhatikan dengan seksama.

    Hilang semangat

    Jika tiba-tiba orang kehilangan keinginan melakukan sesuatu, lebih suka malas-malasan dan tak minat melakukan aktivitas, bisa jadi ini gejala kepikunan.

    Bingung

    Apabila ada seseorang atau anggota keluarga yang mulai bingung selama mengerjakan hal-hal mudah sekali, atau tak bisa memahami isi cerita dongeng anak-anak yang mudah atau bahkan selalu gagal paham saat berbicara dengan seseorang, maka bisa jadi ini tanda demensia.

    Mengulang hal yang sudah dilakukan

    Kemudian hal yang sering terjadi pada orang dengan demensia atau pikun. Jadi mereka cenderung akan mengulangi apa saja yang baru saja mereka kerjakan, hal itu karena mereka pikir belum melakukannya tadi. Bahkan terkadang mereka juga akan membicarakan hal sama terus menerus berulang kali, padahal mereka baru saja mengatakannya 5 menit yang lalu. Kasihan bukan?

Maka apabila sudah seperti ini, maka konsultasikan pada dokter untuk mengatasi atau bisa juga untuk  memperlambat gejala demensia supaya tidak semakin parah. Penyakit demensia bisa dicegah mulai dini, sejak awal. Maka karena itu perbaiki pola hidup dan banyaklah olahraga otak juga ya.

Demikian adalah 7 Gejala Pikun yang Garus Diwaspadai, simak juga Cara Mendeteksi Autisme Pada Masyarakat.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Gejala Pikun yang Garus Diwaspadai

0 comments:

Post a Comment