Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga - Berolahraga keras demi tubuh sehat, menghabiskan banyak tenaga pasti akan merasa lapar dan haus karena lelah, tapi apakah boleh makan sesuatu? Kalau boleh, makanan apa saja yang harus dihindari supaya tidak sia-sia hasil latihan kita? Semua orang tahu jika makanan merupakan asupan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa yang boleh makan selepas melakukan olahraga? Boleh, asal usahakan agar tidak salah memilih makanan. Sebab jika salah memilih makanan maka bisa saja menimbulkan bahaya bagi tubuh kita.

Salah mengkonsumsi makanan setelah olahraga, ternyata bisa membuat tubuh menjadi sulit untuk memulihkan energi yang hilang saat olahraga. Maka sebaiknya, konsumsi makanan yang mengandung air, atau karbohidrat kompleks dan juga tentu saja sejumlah protein supaya tubuh selalu sehat. Jadi selama olahraga, maka tubuh mengeluarkan banyak energi yang mengurangi glukosa atau zat gula dalam tubuh. Maka untuk itu, tentu saja disarankan agar kita mengkonsumsi makanan yang mampu  meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Berikut ini adalah makanan yang tak boleh disantap tepat setelah berolahraga. Silahkan disimak :

 
Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga
Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga


    Sayuran Hijau Mentah

    Pada dasarnya sayur merupakan makanan yang sangat sehat, juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Tetapi makan sayur hijau mentah selepas olahraga sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Sebab sayur adalah makanan yang mengandung rendah kalori. Jadi ia tidak disarankan  untuk dikonsumsi selepas olahraga. Sebab sekalipun telah makan banyak sayuran, maka hal ini bisa saja membuat sisa energi yang hilang selepas olahraga tadi tidak pulih dengan baik dan sempurna.

    Camilan Gurih atau Asin

   Jangan menyentuh camilan gurih atau asin setelah berolahraga. Sebab makanan yang mengandung zat garam berlebihan, ternyata bisa mengganggu keseimbangan mineral serta cairan dalam tubuh kita. Selain itu makanan asin juga bisa membuat perut kembung juga berisiko menyebabkan masuk angin yang mengganggu. Dengan berolahraga maka akan mengurangi banyak keringat atau cairan. Jadi untuk itu, kita juga perlu mengembalikan keseimbangan dan asupan cairan yang hilang.

    Daging Olahan

    Daging olahan merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi dbandingkan dengan makanan lain. Adanya kandungan lemak jenuh ini bisa memperlambat pencernaan serta membuat kinerjanya tidak bisa berlangsung secara baik seperti biasa. Seharusnya selepas olahraga, pencernaan memerlukan asupan protein sehat yang mudah dicerna dan memberikan energi pengganti.

    Kentang Goreng

Asal kita tahu saja, memakan kentang goreng terlalu banyak terutama setelah kita olahraga sangat tidak dianjurkan. Mengingat bahwa kentang goreng mengandung lemak, banyak pati dan sodium yang nutrisi sehatnya telah hilang saat dimasak. Padahal selepas olahraga tubuh memerlukan makanan yang sehat serta mengandung nutrisi baik buat mengembalikan energi dalam tubuh yang hilang saat olahraga.

    Minuman Bersoda atau Rasa Buah

Sekalipun tubuh perlu glukosa atau gula selepas olahraga, aneka minuman bersoda atau rasa buah tetap harus dihindarkan. Produk minuman bersoda dan rasa buah merupakan minuman yang mengandung gula tinggi, sangat berbahaya buat kesehatan tubuh kita. Jadi kesimpulannya tak hanya perlu dihindari selepas olahraga, namun minuman ini sebaiknya juga dihindari setiap harinya supaya selalu sehat.

Demikian adalah beberapa makanan yang wajib dihindari selepas olahraga. Kemudian selain makanan di atas, ada yang perlu dihindari : telur yang digoreng menggunakan mentega atau margarin, macam aneka kue manis, macam-macam produk sereal olahan, aneka makanan pedas dan permen yang manis. 




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan yang Harus Dihindari Setelah Olahraga

0 comments:

Post a Comment