Cara Menurunkan Berat Badan

Kenapa Tubuh Terasa Gendut Saat Haid?

Kenapa Tubuh Terasa Gendut Saat Haid? - Bukan sebuah hal yang aneh di saat kamu akan menstruasi atau datang bulan, maka kamu mungkin akan mengalami banyak hal yang sedikit aneh. Seperti misalnya suka kesal sendiri tanpa alasan yang jelas, merasa sedih tiba-tiba dan tanpa sebab, hati yang sensitif, bahkan tak jarang jadi gampang tersinggung, seluruh badan sakit semua, serta lain sebagainya.

Namun, bukan hanya emosi yang tak stabil saja lho, karena ternyata saat menjelang dan selama menstruasi atau haid, rupanya kamu juga jadi tambah gendut! Dilansir dari pernyataan Raquel Dardik, M.D, seorang ginekologis asal  NYU Langone Medical Center, adanya kenaikan berat badan bisa terjadi 5 hari sebelum menstruasi datang atau jadwal menstruasi.

Kenapa Tubuh Terasa Gendut Saat Haid?
Kenapa Tubuh Terasa Gendut Saat Haid?

Namun tidak usah khawatir, sebab berat badan akan kembali ke angka semula setelah menstruasi selesai atau usai. Kenaikan dan penurunan berat ini dipengaruhi oleh berat air dalam tubuh yang meningkat atau naik.  Nah, kenaikan berat badan pre-menstruasi ini bisa bervariasi, bisa mengalami kenaikan setengah kg hingga lima kilogram.

Lantas mengapa bisa begitu? Tak perlu panik, karena tidak lain disebabkan oleh pengaruh hormon progesteron yang dihasilkan. Jadi ketika kamu gagal mengandung, tentu saja hormon ini pun akan luruh bersama dengan darah menstruasi kamu, maka karena hal inilah efeknya terjadi pada sel tubuh yang menahan air untuk dikeluarkan dari tubuh kamu.

Bahkan juga seringkali efek ini juga menimbulkan efek lainnya, misalnya seperti misalnya perut kembung atau begah, bahkan banyaknya gas di perut bisa membuatmu lebih sering kentut lho! Bahkan ditambah lagi, di saat seperti ini, malah kamu justru akan lebih menginginkan makan makanan yang membuatmu gemuk dalam arti sebenarnya alias makanan yang manis-manis dan yang berlemak.

Maka satu hal untuk menghindari bertambahnya berat badan setelah menstruasi, satu hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap menjaga pola makan yang sehat, selalu minum air yang cukup, lalu hindari soda dan hindari makanan asin dan berlemak. Karena itulah jangan heran jika kemudian kamu menimbang badan dan menemukan berat tubuhmu jadi naik saat minggu-minggu menstruasi ya.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenapa Tubuh Terasa Gendut Saat Haid?

0 comments:

Post a Comment