Cara Menurunkan Berat Badan

Kenali Gejala Kanker Ovarium dan Waspadai

Kenali Gejala Kanker Ovarium dan Waspadai - Hingga sekarang, kanker masih merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang di seluruh bumi. Bahkan kanker sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja, menyerang kapan saja dan di mana saja. Jika membicarakan soal kanker, maka selain kanker payudara dan kanker serviks, ternyata ada satu lagi kanker yang begitu berisiko pada wanita segala usia. Kanker tersebut adalah kanker ovarium atau kanker indung telur.

Kenali Gejala Kanker Ovarium dan Waspadai
Kenali Gejala Kanker Ovarium dan Waspadai

Kanker ovarium merupakan salah satu kanker yang tumbuh dan berkembang di indung telur atau ovarium dalam diri seorang perempuan. Bahkan sejak tahun 2012 setidaknya sudah ada 239 ribu kasus terkait kanker ovarium di seluruh dunia ini. Kanker ovarium merupakan salah satu penyakit kanker yang bisa menyerang wanita di segala usia juga. Meski selama ini kasus kanker ovarium banyak diderita oleh wanita dengan usia di atas 50 tahun saja.

Jadi menurut para ahli kanker, rupanya kanker ovarium terdiri dari beberapa jenis. Dan jenis tersebut adalah kanker ovarium berupa tumor epitelial yakni sel kanker yang menyerang jaringan yang membungkus ovarium, juga kanker ovarium berupa tumor stromal yaitu sel kanker yang menyerang jaringan yang mengandung sel-sel penghasil hormon dan kanker ovarium berupa tumor sel geminal yakni sel kanker yang menyerang sel-sel penghasil telur. Lalu untuk kanker di stadium awal, maka kemungkinan besar penderitanya masih bisa diselamatkan dengan melakukan pengangkatan ovarium dan pengobatan yang tepat. Namun sementara untuk penderita kanker stadium akhir, apabila tidak dilakukan pengobatan yang tepat ia bisa meninggal dunia dalam waktu yang cepat dan tak terduga.

Di saat kanker ovarium ini masih berada di stadium awal, maka gejala dari kanker ini sendiri kurang bisa dideteksi dengan tepat dan mudah. Adanya gejala kanker stadium awal dinyatakan hampir tak terlihat dan dirasa secara manual. Akan tetapi, untuk kanker stadium akhir, maka gejala yang bisa dirasakan antara lain adalah pembengkakan pada perut, juga sakit perut hebat dan berkepanjangan, rasa mudah kenyang, rasa mual dan sering muntah tanpa sebab jelas, juga ada perubahan pada kebiasaan buang air besar, juga frekuensi buang air kecil meningkat, di organ intim dan perut sakit saat melakukan hubungan intim, lalu perut mudah merasa kembung dan penurunan berat badan secara drastis alias kurus secara tiba-tiba.

Hampir sama seperti kanker pada umumnya, si penyebab dari penyakit kanker ovarium ini belum bisa diketahui secara pasti. Akan tetapu dari beberapa penelitian yang dilakukan, memang kebanyakan penderita kanker diketahui memiliki riwayat kanker di keluarganya, bahkan penderita kanker ovarium juga menderita endometriosis lho, penderita kanker belum pernah mengandung atau hamil, yang ada kebiasaan buruk merokok dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan, yang menggunakan alat kontrasepsi IUD, atau adanya terapi pergantian hormon estrogen terutama dalam jangka panjang dengan dosis yang tinggi dan pola hidup yang kurang sehat terutama pola hidup dalam menjaga kebersihan organ intim dan daerah sekitar.

Demikian adalah Kenali Gejala Kanker Ovarium dan Waspadai. Selalu waspadai gejala dan penyebabnya. Supaya bisa terhindar dari kanker ovarium ini, maka disarankan untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat, selalu memeriksakan diri ke dokter secara rutin untuk memantau kesehatan sejak dini, atau hamil di usia kurang dari 26 tahun, serta menjaga berat badan atau menghindari obesitas, berolahraga dan istirahat cukup. Jadi pastikan untuk menjalankan pola hidup sehat ya! Semoga informasi ini bermanfaat dan simak juga Minyak Herbal Untuk Menyembuhkan Demam dan Pilek.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali Gejala Kanker Ovarium dan Waspadai

0 comments:

Post a Comment