Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Melangsingkan Tubuh Walaupun Sedang Tidur

Cara Melangsingkan Tubuh Walaupun Sedang Tidur - Pernahkah terbayangkan saat bangun tidur berat badan bisa lebih langsing? Memang mungkin rasanya mustahil sih. Akan tetapi ternyata bisa lho kita memaksimalkan waktu dan kebiasaan tidur untuk mendapat tubuh lebih langsing lho. Sekalipun butuh proses untuk hasil yang kita inginkan, akan tetapi bisa lho langsung dicoba di rumah.

Ada sebuah penelitian dari Harvard yang meneliti kebiasaan tidur dari seratus tiga puluh tiga wanita sehat menyebutkan bahwa selama periode sepuluh tahun, ternyata wanita yang punya kebiasaan tidur yang baik hanya berisiko empat puluh lima persen lebih kecil untuk terkena diabetes tipe dua dibandingkan wanita yang punya gangguan tidur atau memiliki tidur yang buruk seperti tidur kurang dari enam jam per malam atau mengorok saat tidur.

Cara Melangsingkan Tubuh Walaupun Sedang Tidur


Ketika ritme sirkadian terganggu, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon yang meningkatkan nafsu makan alias ghrelin, akibatnya bisa membuat berat badan bertambah dan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe dua, demikian kata kepala penelitian Yanping Li yang juga seorang ilmuwan di Harvard. Bahkan selain itu, ternyata kurang tidur juga bisa menurunkan kadar leptin yaitu hormon yang memberi efek kenyang.

Bahkan tidur yang cukup juga bisa bantu menurunkan berat badan. Jadi menurut sebuah penelitian dari Universitas Chicago, ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang yang tidur delapan setengah jam per malam bisa menghilangkan lemak tubuh dua kali lipat lebih banyak dibandingkan orang yang tidur hanya lima setengah jam per malam, sekalipun mereka mengonsumsi jumlah kalori yang sama setiap harinya. Bahkan Li menyebutkan bahwa meningkatnya kadar hormon stres kortisol yang bisa menyebabkan gangguan insulin dan inflamasi jadi dampaknya bisa menaikkan berat badan tubuh itu disebabkan oleh gangguan tidur.

Di bawah ini ada sejumlah tips yang bisa diikuti bila ingin kebiasaan tidurmu hingga mampu membantu menurunkan berat badan. Seperti apa selengkapnya? mari ikuti infonya di sini :

1. Jaga pola tidur setidaknya 6 sampai 8 jam

Sebuah penelitian dari Brigham Young University menyebutkan wanita yang tidur enam setengah jam sampai delapan setengah jam per hari punya risiko kecil mengalami penumpukan lemak di tubuhnya.

2. Biasakan jadwal tidur di jam yang sama

Jadi selain mendapat jam tidur atau jumlah tidur yang sama setiap malamnya, sangat penting juga untuk bisa tidur kemudian untuk bangun dengan jam atau jadwal yang sama. Lakukan setiap hari, juga termasuk akhir pekan ya.

3. Perhatikan juga suhu ruangan

Jika tidur di ruangan bersuhu dingin, misal sekitar 19 derajat celcius, bisa membantu meningkatkan kadar lemak cokelat yang siap dibakar, juga metabolisme juga meningkat, selain itu kepekaan insulin ikut meningkat.

4. Biasakan tidur dengan lampu yang gelap

Karena wanita yang tidur di ruangan gelap risiko terkena obesitas dua puluh satu persen lebih kecil dibandingkan wanita yang tidur di ruangan yang terang, demikian menurut penelitian dua tahun yang lalu yang dipublikasikan di Jurnal epidemiologi Amerika.

5. Selalu matikan gadget

Disebabkan oleh efek sinar biru dari gadget bisa menguras kadar melatonin dalam tubuh. Sementara Melatonin sendiri merupakan hormon yang bertugas mengatur siklus tidur. Jadi selain itu, adanya kadar melatonin yang berkurang juga bisa meningkatkan risiko naiknya berat badan tubuh sesuai dengan  penelitian dari University Granada di Spanyol. Tentu saja sangat disarankan untuk menon-aktifkan semua gadget setidaknya tigapuluh menit sebelum tidur.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Melangsingkan Tubuh Walaupun Sedang Tidur

0 comments:

Post a Comment