Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Tanpa ke Dokter

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Tanpa ke Dokter - Bila perut terasa mulas tapi begitu sampai di toilet, susah sekali mau buang air besar (BAB). Adanya konstipasi atau susah BAB bisa dialami siapa saja dan penyebabnya pun beragam, bisa seperti stres, juga pola makan yang salah, dan gaya hidup.

Sebelum kamu pergi ke dokter, maka kamu bisa coba tiga tips ini. Tindakan pertolongan pertama untuk mengatasi masalah konstipasi sebenarnya sederhana saja kok. Maka nanti kalau pertolongan pertama ini tak memberi hasil atau kamu sudah tak tahan dengan rasa sakit akibat susah BAB, maka kamu bisa langsung segera menghubungi dokter.

 
Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Tanpa ke Dokter
Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Tanpa ke Dokter

    Aktif Bergerak, Minum Air, Konsumsi Serat

    Umumnya masalah susah BAB itu disebabkan oleh kurangnya olahraga, atau kurang minum air putih, dan konsumsi serat yang kurang. Untuk mengatasinya, kamu perlu lebih aktif bergerak, konsumsi lebih  banyak serat, dan minum air putih. Mengonsumsi probiotik pun bisa jadi solusi untuk mengatasi konstipasi.

    Bangun Lebih Pagi

    Cobalah bangun lebih pagi dan konsumsi sarapan sehat. Karena makanan yang kamu konsumsi di pagi hari bisa menstimulasi cepatnya keinginan untuk buang air besar. Selain itu dengan bangun lebih awal, kamu bisa menghindari rasa stres untuk BAB. Nah, ketika keinginan untuk BAB itu datang jangan ditunda atau dibiarkan begitu saja, jadi semakin kamu menundanya, maka semakin susah kamu untuk BAB nantinya.

    Perhatikan Lagi Makanan yang Kamu Konsumsi

    Perubahan pola makan atau makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi persoalan BAB. Misalnya, karena diet maka kamu tak mengonsumsi lemak sama sekali, maka akibatnya kamu jadi susah BAB. Bisa juga ketika kamu hanya mengonsumsi protein saja, tentu akan sangat sulit bagimu BAB secara teratur seperti biasa. Perhatikan lagi apa saja yang kamu konsumsi. Karena perubahan drastis pada makanan yang kamu konsumsi dapat sebabkan konstipasi.

Mengonsumsi serat tak selalu berhasil atasi masalah sulit BAB bagi sejumlah orang. Tapi apabila kamu sudah mencoba konsumsi serat tapi malah makin sulit untuk BAB, maka bisa jadi itu pertanda “slow transit constipation” di mana pencernaan tak berjalan cepat dan serat yang kamu konsumsi terasa menyumbat usus dan membuat kondisimu makin parah.

Kalau sudah melakukan tips-tips di atas tapi tak ada hasilnya, maka jangan tunda untuk langsung menemui dokter, ya. Jika disertai gejala lain seperti pusing, sakit kepala, dan perut kram, maka kamu perlu hati-hati dengan gejala penyakit lain yang menyerangmu seperti hyperthyroidism, hypercalcemia, celiac disease, atau irritable bowel syndrome (IBS).




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Tanpa ke Dokter

0 comments:

Post a Comment