Cara Menurunkan Berat Badan

Kebiasaan Jelek yang Bisa Merusak Gigi

Kebiasaan Jelek yang Bisa Merusak Gigi - Gigi adalah salah satu organ pencernaan, karena membantu kita mengunyah makanan sampai lumat. Bayangkan jika gigi sakit, maka makan pun tak bisa enak, apalagi sampai giginya rusak, bisa-bisa tersiksa deh kita. Makanya, wajib tahu berbagai kebiasaan buruk yang bisa membuat gigi rusak di bawah ini :

1. Mengunyah Es

Karena es tidak mengandung gula sehingga Anda berpikir bahwa tidak masalah jika sesekali mengunyahnya. Padahal tekstur es batu yang keras dapat membuat gigi Anda retak. Jadi kebiasaan mengunyah es ini dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi dan bisa menyebabkan sakit gigi. Maka hindari kebiasaan mengunyah es dalam segala bentuk dan cobalah mengunyah permen karet sebagai gantinya.

2. Tidak Menggunakan Pelindung Mulut Saat Berolahraga
Jadi selain tinju, ada beberapa olahraga lain mungkin tidak menganjurkan Anda untuk menggunakan pelindung mulut, yaitu plastik yang dipasang di dalam mulut untuk melindungi gigi. Padahal kenyataannya semua olahraga seperti sepakbola, hoki, dan basket, berisiko membuat gigi Anda putus atau retak saat mulut Anda terhantam sesuatu yang keras. Maka cobalah untuk menggunakan pelindung mulut saat melakukan olahraga yang membuat wajah dan mulut Anda berisiko terkena hantaman benda atau pukulan.


3. Botol Bayi Saat Tidur

Sebenarnya tak ada kata ‘terlalu dini’ untuk melindungi gigi. Misalnya membiarkan bayi minum susu atau jus melalui botol hingga tertidur dapat berisiko menyebabkan giginya yang baru tumbuh itu jadi membusuk. Hal itu sama halnya dengan menyirami gigi si bayi dengan gula sepanjang malam.

4. Tindikan Di Lidah

Memang menindik lidah mungkin membuat Anda terlihat keren, namun gigi Anda secara tidak sengaja akan menggigit piercing yang terbuat dari logam terus menerus. Bahkan selain itu, adanya tindikan di mulut juga membuat gusi tergesek dengan piercing logam tersebut. Lama kelamaan gigi akan menjadi rusak dan gigi akan putus. Disamping itu, tindakan di lidah juga rentan terinfeksi dan luka.

5. Menggertakkan Gigi

Bahkan mungkin kita tidak sadar bahwa memiliki kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur. Karenanya hal ini disebabkan oleh kebiasaan dan stres. Memang kebiasaan ini sangat sulit dikontrol. Jadi solusinya adalah konsumsi makanan yang lunak di siang hari untuk mengurangi rasa sakit dan kerusakan akibat kebiasaan ini. Serta gunakan pelindung mulut saat tidur untuk mencegah kerusakan akibat kebiasaan menggertakkan gigi.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kebiasaan Jelek yang Bisa Merusak Gigi

0 comments:

Post a Comment