Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tips Agar Tidur Nyenyak   - Setiap orang membutuhkan waktu untuk tidur, terutama jika kamu sedang lelah, tengah kurang istirahat atau saat bosan. Namun bukan hanya tidur pada malam hari saja yang kamu butuhkan, karena banyak orang juga membutuhkan tidur siang untuk mengembalikan semangat kerja atau produktivitas dan konsentrasi saat melakukan berbagai hal. Hanya saja berapa lama biasanya tidur siang yang baik? Apabila pada malam hari kamu dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam, jadi tidur siang juga memilki rentang waktu tertentu yang dianggap baik menurut penelitian ilmiah. Karena waktu tidur siang yang baik adalah sekitar 30 menit saja. 





Nah, lalu bagaimana dengan jam tidur? bagaimana jika anda susah tidur di malam hari? kalaupun bisa tidur ternyata tak nyenyak? cobalah tips-tips di bawah ini agar anda bisa segera lelap tertidur.

1. Pakai kaos kaki agar kaki hangat dan lebih cepat tidur lelap.
2. Bersihkan ruang kamar tidur sebelum berbaring.
3. Menulis sesuatu di buku harian/buku diari.
4. Lakukan meditasi ringan.
5. Berlatih pernapasan, tarik napas dalam lalu hembuskan perlahan.
6. Dengarkan musik yang mengalun lembut.
7. Kalau kamu bukan tipe orang yang takut gelap, buat kamar tidurmu segelap mungkin.
8. Gunakan aromaterapi.
9. Baca buku yang menurutmu membosankan.
10. Ganti baju dengan yang lebih ringan dan lembut.
11. Jalan-jalan keliling rumah beberapa menit.
12. Turun dari tempat tidur lalu kerjakan sesuatu, baru balik lagi ke tempat tidur.
13. Minum segelas susu hangat.
14. Berendam air hangat.
15. Main puzzle seorang diri.
16. Tuangkan semua isi pikiranmu di atas kertas.
17. Mewarnai gambar dengan detail yang cukup rumit.

Nah hal-hal berikut ini adalah hal yang patut anda perhatikan jika anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas :

Intensitas

Karena tidur berkualitas juga dipengaruhi oleh intisitas tidurmu. Apabila kamu tidur dua kali dalam sehari maka sebaiknya kamu melakukannya secara rutin setiap hari. Itu karena intensitas tidur akan mempengaruhi kualitas dan manfaat dari tidurmu.

Waktu

Nah, waktu yang tepat saat kamu tidur juga mempengaruhi kualitas tidurmu. Dengan tidur lebih cepat saat malam hari baik untuk mengistirahatkan otot-otot tubuh yang bekerja keras sepanjang hari. Jadi, selain itu kamu dapat mengistirahatkan mata lebih cepat. Walaupun demikian tidur siang juga baik untuk kesehatan, bagi anak-anak tidur siang dapat menstimulus kecerdasan otak.

Durasi
Kemudian, lamanya waktu kamu tidur juga berpengaruh pada kualitas tidurmu. Durasi tidur siang tentu berbeda dengan tidur malam. Jika pada siang hari kamu cukup tidur 30-60 menit, pada malam hari kamu memerlukan durasi yang lebih lama. Tidur malam yang baik berdurasi 7-8 jam per hari.

Demikian adalah Tips Agar Tidur Nyenyak  di Malam Hari. Simak berbagai macam artikel lainnya di blog ini. Misalnya saja adalah Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

0 comments:

Post a Comment