Cara Menurunkan Berat Badan

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi

Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi - Perempuan pasti tahu rasanya sakit ketika datang bulan, bukan hanya seluruh badan yang terasa sakit dan pegal saat datang bulan, namun juga perut yang terasa kembung dan juga terasa begah. Lantas apa sih sebenarnya penyebab perut kembung saat datang bulan? Salah satu penyebab perut kembung saat menstruasi diketahui karena adanya kadar estrogen yang berfluktuasi. Hal ini akan menyebabkan kelebihan air dalam tubuh dan berakibat kepada naiknya berat badan. Bahkan selain itu mayoritas wanita akan kehilangan nafsu makan mereka selama datang bulan dan tak bisa mencerna makanan dengan baik dan inilah pula yang menyebabkan masalah pencernaan dan perut kembung.

Nah, bagi anda yang sering mengalami masalah perut kembung selama menstruasi bisa mencoba beberapa cara berikut ini, silahkan disimak :

    Hindari konsumsi makanan berlemak karena sulit dicerna oleh tubuh.

    Hindari makanan dengan garam dan gula yang berlebihan yang bisa menyebabkan retensi air meningkat.

    Perbanyak minum air hangat saat menstruasi. Ini akan membantu mengatasi perut kembung selama datang bulan.

    Perbanyak konsumsi sayuran dan buah seperti bayam, pisang, tomat, anggur, semangka dan jeruk untuk mengurangi gejala perut kembung.

    Saat menstruasi disarankan pula untuk melakukan olahraga. Ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa kembung dan gas berlebih dalam tubuh. Lakukan saja olahraga-olahraga ringan seperti jalan cepat atau naik turun tangga.



Nah lantas bagaimana caranya untuk mengobati sakit saat haid tiba? berikut adalah beberapa cara untuk meredakan sakit haid :

-    Olahraga. Meski kamu sedang datang bulan tidak ada alasan untuk tidak berolahraga, kamu dapat berolahraga ringan tapi hindari olahraga berat yang dapat mengakibatkan bertambahnya kontraksi.

-    Hindari minuman yang mengandung kafein. Selama datang bulan hindari minum kopi dan teh yang dapat memicu lepasnya prostaglandin.

-    Rajin mengonsumsi buah dan sayur. Perbanyak makanan rendah lemak, selama datang bulan.

-    Kompres perutmu dengan air panas yang ditaruh dalam botol, hal ini dapat mengurangi perut yang terasa kram.

-    Mandi air hangat dan aroma terapi. Hal ini akan membuat efek menenangkan bagi badanmu, sehingga kamu melupakan nyeri perut karena datang bulan.

-    Konsumsi makanan tinggi kalsium, seperti: susu, keju, bayam, kangkung, brokoli dan kol.

-    Kamu dapat minum perasan air kunyit dan asam, anti inflamasinya dapat mengurangi nyeri pada saat datang bulan.

Demikian adalah Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi, simak juga berbagai macam artikel lainnya di blog ini. Misalnya saja adalah Makanan Untuk Mata Yang Sehat.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Perut Kembung Saat Menstruasi

0 comments:

Post a Comment