Cara Menurunkan Berat Badan

Kenapa Bayi Kurus? Ini Dia Penyebab Bayi Kurus

Kenapa Bayi Kurus? Ini Dia Penyebab Bayi Kurus - Memiliki bayi yang montok, sehat dan menggemaskan adalah impian semua orangtua, apalagi jika bayi mereka yang montok itu jadi bayi yang disukai oleh banyak orang, pasti akan menambah rasa bangga. Si kecil montok, sehat, banyak yang suka dan pintar? wah makin lengkap deh kebahagiaan orangtua.

Tapi tidak semua anak bayi tubuhnya montok, karena ada juga anak bayi yang susah sekali untuk naik berat badannya dan malah terlihat tak sehat karena timbangannya tak naik-naik. Lantas kenapa bayi tidak montok juga padahal sudah diberi makanan yang lengkap dan kaya nutrisinya? yuk disimak beberapa penyebab bayi tak kunjung gemuk di bawah ini :


1. Bayi Tidak Minum ASI

Air susu ibu alias ASI adalah penyuplai gizi terbaik untuk bayi di bawah 6 bulan. Apabila bayi tidak mau minum ASI dan hanya diberi susu formula, memang dari segi nutrisi memang telah tercukupi, karena susu formula dibuat dengan formula yang mendekati kandungan gizi dan nutrisi dalam ASI. Namun tetap saja ada nutrisi lainnya yang tak bisa diduplikasi susu formula dan itulah penyebab biasanya bayi tidak segemuk, sesegar atau selincah yang mendapat ASI eksklusif.

2. Bayi Susah Makan

Apabila di atas usia 6 bulan, maka aneka makanan pendamping sebaiknya mulai diperkenalkan pada bayi anda, itu karena pertumbuhan bayi sedang gencar-gencarnya pada usia ini. Ketika bayi susah makan, maka biasanya akan berpengaruh pada berat badannya, walau sebenarnya gizinya telah terpenuhi oleh ASI.



3. Asupan Nutrisi yang Tidak Berimbang

Seperti yang telah dikatakan di atas, asupan nutrisi dan gizi yang kurang kadang menjadi penyebab bayi kurus, akan tetapi hal ini tidak menjadi penyebab utama. Tapi memang, walau diberi makan cukup, apabila nutrisi yang diberikan tidak berimbang pada makanan bisa menyebabkan bayi terhambat perkembangannya. Maka sebaiknya ibu meminta nasehat bidan atau dokter anak terkait asupan gizi yang baik untuk bayi sesuai umurnya.

4. Gerak Bayi yang Aktif

Jika bayi sudah mulai tengkurap, belajar merangkak, dan juga belajar berjalan tentu membutuhkan energi yang lebih. Maka asupan gizi yang masuk setiap hari biasanya dialokasikan untuk energi ini. Bahkan selain itu, adanya perkembangan bayi yang berusia 6 bulan hingga 2 tahun lebih fokus pada tingginya, bukan berat badannya lho ya.

5. Bayi Menderita Sakit

Adanya berbagai penyakit, seperti flu, diare, hingga gangguan pencernaan dapat menyebabkan berat badan bayi merosot dan badannya makin kurus. Tapi jangan khawatir karena biasanya berat bayi akan kembali naik secara perlahan-lahan seiring masa penyembuhan. Namun sebaiknya ibu segera memeriksakan buah hatinya ke dokter jika ditemui gejala sakit sekecil apapun.

Demikian adalah artikel mengenai Kenapa Bayi Kurus? Ini Dia Penyebab Bayi Kurus, simak juga artikel lainnya di blog ini misalnya saja adalah Bagaimana Cara Agar Bayi Montok. Terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenapa Bayi Kurus? Ini Dia Penyebab Bayi Kurus

0 comments:

Post a Comment