Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin


Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin - Masuk angin itu merepotkan, apalagi jika datang saat kita tengah sibuk-sibuknya mengerjakan banyak hal. Dikejar deadline tapi harus bedrest? duh jangan sampai deh! makanya, simak Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin di bawah ini yaa!



10.  Saat bepergian malam

Salah satu penyebab utama masuk angin adalah beoergian di waktu malam. Karena angin malam sangat dingin dan mengandung banyak kandungan zat asam arang (karbondioksida) yang bisa menurunkan daya tahan tubuh.  Ditambah lagi udara malam yang dingin yang membawa pengaruh buruk bagi tubuh. Jadi usahakan anda janga keluyuran malam-malam, kalaupun harus anda harus menempuh perjalanan di malam hari, terutama di atas motor, pastikan untuk mengenakan jaket yang tebal. Kenakan helm, jaket tebal dan bahkan masker untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

9.  Vitamin C

Usahakan untuk mengkonsumsi vitamin C memiliki khasiat yang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena tahap awal masuk angin biasanya ditandai dengan perut kembung dan sakit di bagian langit-langit mulut saat menelan. Saat anda menyadari tahap-tahap awal masuk angin tersebut, segeralah konsumsi banyak vitamin C. Vitamin C bisa didapatkan melalui berbagai bahan makanan, terutama jeruk dan cabai.  Tentu saja vitamin C alamai ini jauh lebih baik daripada jenis buatan yang bisa didapatkan di apotek.  Selain itu anda bisa juga minum-minuman yang dijual secara botolan sebagai  penambah vitamin C.



8.  Sup Ayam

Rasanya enak dan nikmat, serta berkhasiat untuk menangkal masuk angin atau bahkan menyembuhkannya. Ketika masuk angin atau demam, maka lidah akan terasa pahit sehingga susah untuk menelan makanan berat seperti nasi atau roti. Jadi sup ayam dan sayuran bisa menjadi alternatif makanan yang menyehatkan. Supaya efek menghangatkan tubuhnya lebih terasa, cobalah untuk menambahkan sedikit merica dan lada ke dalam sup ayam tersebut. Jika perut sudah kenyang maka tidur jadi lebih mudah dan badan jadi cepat sembuh.

7.  Kerokan

Metode kerokan adalah cara tradisional orang Indonesia untuk mengatasi masuk angin. Biasanya dilakukan dengan menggosok bagian punggung dengan balsem atau minyak kayu putih, kemudian "mengeroknya" dengan koin. Pengobatan tradisional ini dilakukan sampai seluruh bagian punggung meninggalkan bekas warna kemerahan atau keungun-unguan. Jika ditilik secara ilmiah, ternyata kerokan bisa menyembuhkan masuk angin karena saat dikerok tubuh kita akan menghasilkan zat alami Thiamin  yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.

6.  Jangan terlalu sering jajan es

Terlalu banyak mengonsumsi es bisa menimbulkan masuk angin, Apalagi pada saat periode pergantian cuaca. Tatkala cuaca panas terik, meminum es memang bisa menghilangkan dahaga secara instan, akan tetapi sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan. Bahkan selain itu, aneka es yang dijual di warung-warung, terutama di pedagang kaki lima biasanya kurang higienis.  Banyak yang terbuat dari air mentah, ada juga yang gelas tempat esnya tidak dicuci bersih, dan sebagainya. Jadi lebih disarankan untuk mengonsumsi es yang dibuat sendiri.

5.  Air Jahe

Untuk mengobati masuk angin dengan jahe adalah jahe ditumbuk, kemudian direbus, dan kemudian airnya diminum. Jadi selain enak untuk dikonsumsi, tanaman jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk membuat tubuh menjadi hangat seketika. Karena itu jahe dikonsumsi di negara-negara dingin, terutama oleh mereka yang menghindari alkohol. Jika ingin mengurangi rasa pedas dari jahe dan membuatnya lebih enak, maka anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Bahkan jauh lebih nikmat lagi apabila air jahe tersebut diberi tambahan gula batu dan dikonsumsi bersama pisang rebus yang hangat.

4.  Konsumsi bawang putih

Selain oke untuk mengatasi sakit gigi, ternyata bawang putih juga bermanfaat untuk menanggulangi masuk angin. Jadi Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurkannya ke dalam makanan, atau bahkan lebih baik lagi jika menggerusnya, memberi sedikit garam, dan memakannya mentah-mentah.

3.  Rebusan air daun pepaya

Walaupun rasanya sangat pahit dan kurang enak, namun sebenarnya rebusan daun pepaya ini sangat ampuh menyembuhkan masuk angin, karena kandungan antibiotik alami dalam daun pepaya juga setinggi bawang putih dan bisa dengan cepat dan mudah mengatasi penyakit masuk angin. Apabila anda tidak tahan, maka bisa juga dikonsumsi dalam bentuk tumis daun pepaya, tapi tidak semanjur dalam bentuk air rebusan.

2.  Madu dan teh lemon

Campuran yang satu ini mungkin bisa dibilang sebagai obat alami masuk angin yang paling enak dikonsumsi. Jadi madu dipercaya mempunyai kandungan gizi yang bisa mempercepat proses regenerasi dan peremajaan sel-sel tubuh. Sementara teh memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, sehingga bisa membuat tubuh rileks dan bermanfaat membunuh zat-zat dan bakteri asing. Kemudian di dalam lemon terdapat kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila anda mengalami masuk angin atau merasakan tanda-tanda akan masuk angin, jangan ragu untuk membuat campuran teh lemon dan madu. Jadi konsumsilah sebelum tidur untuk efek yang lebih maksimal.

1.  Berkumur-kumur

Ada kebiasan baik di Jepang, yakni para orang tua selalu mewajibkan anak-anaknya yang masih kecil untuk langsung berkumur-kumur setelah pulang dari aktivitas bermain atau sekolah. Itu karena berkumur-kumur memiliki fungsi yang cukup manjur untuk mengatasi masuk angin, karena bakteri-bakteri yang berkumpul di sekitar mulut dan kerongkongan akan terbilas habis. Namun untuk berkumur, jauh lebih manjur apabila dilakukan dengan air hangat yang dicampur sesendok teh garam dan sedikit baking soda. Kemudian lakukanlah ini secara rutin, dan jangan hanya berkumur di mulut, usahakan juga di kerongkongan.  

Demikian adalah Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin, silahkan simak artikel lainnya di blog ini misalnya saja adalah Cara Agar Cepat Sembuh Dari Flu.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin

0 comments:

Post a Comment