Cara Menurunkan Berat Badan

Apakah Minum Air Es Bikin Gemuk?

Apakah Minum Air Es Bikin Gemuk? - Banyak gosip yang beredar di luaran sana, bahwa minum air es dapat mengakibatkan perut yang kembung dan parahnya lagi bisa membuat berat badan jadi anjlok. Namanya berat badan anjlok, pastinya akan membuat timbangan menjerit kencang dan akhirnya jebol karena kiloan badan yang terus naik dan naik. Hii, ngeri. Tapi apa benar minum air es bikin gemuk? yuk disimak fakta penting yang harus kita ketahui di bawah ini :

1. Badan kita membakar sejumlah kalori tertentu setiap harinya dan kalori yang dibakar oleh tubuh tiap orang berbeda. Cobalah sekarang kita anggap rata-rata wanita indonesia badannya mampu membakar 1300 kilo kalori atau singkatnya kalori per hari. (dalam keadaan tanpa olahraga atau dikenal sebagai RMR atau Resting Metabolic Rate), sementara makanan yang disantap hingga 2000 kalori per hari, wah tekornya banyak sekali!

2. Jadi setiap makanan dan minuman memiliki jumlah kalori tertentu. Misalnya sebagai contoh adalah 1 gelas Starbucks memiliki kira-kira 600 kalori. Tapi itu dari kopi, gula dan krimnya loh ya, air yang menjadi bahan utama dalam kopi starbuck tak akan membuat gemuk karena kalorinya NOL.

3. Kelebihan kalori yang masuk ke badan kita akan secara otomatis dirubah badan kita menjadi cadangan makanan berupa lemak-lemak yang bergelambir di perut, lengan dan paha.


 
4. Jadi dengan demikian kalau kita mau turun berat badan kita perlu mengkonsumsi kalori lebih 

sedikit dari yang dibakar badan kita. Itu karena kekurangan kalori yang dibutuhkan akan diambil dari cadangan di badan kita yaitu lemak. Nah, makanya jika kita akhirnya turun berat badan. Namun tantangannya adalah kita harus mengkonsumsi makanan dalam kalori rendah tapi tetap memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi badan kita . Jadi apabila kita hanya mengurangi makanan atau kalori secara radikal malah membuat metabolisme badan kita jadi lambat dan alhasil turun berat badan jadi sulit.

5. Apabila hitung-hitungannya seperti ini, kalori yang masuk=kalori yang dibuang maka berat badan akan seimbang, ini masih mendingan daripada mengurangi makanan atau kalori yang masuk dan gila-gilaan olahraga, karena akan mengakibatkan malnutrisi.

6. Apabila kita ingin turun rata-rata 1kg per minggu, maka kita perlu mengkonsumsi kalori 500 kalori kurang dari yang dibakar oleh badan sehari-hari. Dari contoh diatas, maka quota kalori yang bisa dimasukkan ke badan anda adalah 1450-500 = kira2 900 kalori.

Contoh makanan yang biasa disantap orang Indonesia kebanyakan

* Pagi: 2 lembar roti plus selai (300 kalori) + 1 gelas teh manis (150 kalori)
* Cemilan pagi 2 potong gorengan = 150 kalori
* Makan siang (600 kalori) + minuman bersoda (200 kalori)
* Cemilan sore pergi ke Starbucks minum Vanilla Latte (600 kalori) + muffin (300 kalori)
* Makan malam (600 kalori)

Bisa dilihat sendiri bukan ditotal apa yang kita makan jumlahnya 2900 kalori padahal badan anda hanya mampu membakar 1400 kalori. Sehingga akhirnya terjadi kelebihan kalori yang sejumlah 1500 kalori disimpan badan kita jadi cadangan alias lemak, itu dia yang membuat kita gemuk, bukannya karena minum es. Nah bayangkan saja, itu adalah hitung-hitungan kalori tanpa cemilan snack dan gorengan yang kalorinya sulit untuk dihitung, hiii lemak everywhere!

Lantas apa hubungannya dengan air es? hubungannya adalah TAK ADA. Jadi kalori dari air, baik itu air panas, air dingin maupun air biasa itu memiliki nilai kalori nol. Jadi banyak minum air tak akan pernah membuat kita menjadi gemuk. Demikian adalah artikel mengenai Apakah Minum Air Es Bikin Gemuk? silahkan simak juga Jenis Olaharaga Diet OCD Yang Bisa Menurunkan Berat Badan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apakah Minum Air Es Bikin Gemuk?

0 comments:

Post a Comment