Cara Menurunkan Berat Badan

Macam-Macam Gejala Radang Tenggorokan Dan Cara Pengobatannya

Musim radang tenggorokan tengah mengintai kita, jangan sampai kita menjadi salah satu korbannya. Ikuti cara hidup sehat selalu agar kita bisa terbebas dari berbagai macam penyakit, baik itu penyakit musiman maupun penyakit lainnya. Lalu bagaimana jika terlanjur terkena penyakit musiman yang mengganggu? ingin tahu cara mengobati penyakit musiman agar tak berkepanjangan? berikut adalah Macam-Macam Gejala Radang Tenggorokan Dan Cara Pengobatannya : 

Tenggorokan terasa kering, terjadi luka kecil atau bengkak pada tenggorokan
Terasa sakit ketika menelan, bahkan pada saat bernapas atau berbicara
Radang tenggorokan biasanya terjadi karena infeksi, contohnya adalah, apabila sakit tenggorokan disebabkan pilek, maka anda mungkin juga akan batuk, akan demam, bersin-bersin, merasa tidak enak badan atau hidung berlendir. Kemudian pada banyak kasus, apabila mengacu pada pemicunya seperti pilek atau flu, maka radang tenggorokan akan pulih dengan sendirinya paling tidak seminggu. Namun tenang saja, hanya sedikit saja kasus radang tenggorokan yang membutuhkan perawatan agar pasien merasa lebih baik.



Begitu pula gejala radang tenggorokan pada anak-anak, kurang lebih sama seperti orang dewasa. Tanda-tanda radang tenggorokan dapat menjadi serius yang disebabkan suatu hal - seperti radang amandel atau radang karena bakteri - antara lain sebagai berikut :

    Putih atau nanah pada tenggorokan atau amandel
    Tidak mampu menelan
    Radang tenggorokan tidak membaik dengan sendirinya atau selalu timbul lagi
    Muntah
    Ruam pada kulit
    Sakit kepala
    Rasa sakit pada tenggorokan yang parah
    Bengkak, kemerahan pada amandel
    Demam tinggi - lebih dari 38,3 Celsius pada bayi di bawah 6 bulan atau 39,4 Celsius pada anak dan orang dewasa



Menggunakan herbal radang tenggorokan untuk mengobati radang tenggorokan bisa menjadi solusi terbaik selain obat, beberapa herbal untuk radang tenggorokan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Teh jahe

Minum teh jahe, jadi anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Setelah itu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile

Meminum teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Cukup seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Apabila ingin mendapat rasa manis, maka Anda bisa menambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam

Nah, yang ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Apalagi, semua bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Daun Kemangi

Selain jadi lalapan, rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau anda cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Madu dan lemon

Jika mulai infeksi radang tenggorokan maka minum secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Nah, campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Namun apabila tidak ada lemon, maka satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Namun patut diingat, sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

Demikian adalah Macam-Macam Gejala Radang Tenggorokan Dan Cara Pengobatannya, semoga bisa memberi inspirasi. Terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Gejala Radang Tenggorokan Dan Cara Pengobatannya

0 comments:

Post a Comment