Cara Menurunkan Berat Badan

Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan -  Daun sirih terkenal sebagai tanaman herbal yang kaya manfaat, namun belakangan ini muncul satu rekan sirih yang juga memiliki ragam manfaat dan khasiat yang tentunya sangat bermanfaat bagi seluruh umat manusia. Daun sirih merah adalah namanya, bentuk dan rupanya sangat mirip dengan daun sirih hijau, hanya warnanya saja yang berbeda, yakni berwarna merah. Berikut adalah khasiat daun sirih merah untuk kesehatan.

1. Obat mimisan

Adanya kandungan fenil popada dan terpen dalam daun sirih merah akan memabntu darah yang keluar saat mimisan dapat segera berhenti. Cukup gulung 1 lembar daun sirih, setelah itu kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.

2. Obat sariawan

Mengobati sariawan dengan kandungan vitamin C dan zat antiseptiknya mampu melawan kuman penyebab sariawan. Jadi lakukan perawatan rongga mulut dengan cara mengunyah 1-2 lembar daun sirih merah hingga hancur di dalam mulut. Kemudian tunggu selama 10 menit sebelum dibuang, dan lakukan setidaknya 2x dalam sehari.

3. Obat luka bakar ringan

Apabila seseorang mengalami luka bakar, dalam sirih ada kandungan zat alkaloid, zat antioksidan, dan juga manfaat vitamin C. Begitu pula pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan pada area kulit yang terbakar. Untuk membuatnya cukup mudah :

    Tumbuk 3-5 daun sirih merah
    Campur dengan 2 sendok teh madu
    Oleskan di area luka 2 kali sehari

Tapi penggunaan sirih merah sebagai obat luar hanya mampu untuk mengobati luka bakar ringan saja. Jika luka bakar yang diderita cukup parah sebaiknya datang ke medis.

4. Obat mata merah

Adanya kandungan senyawa alkaloid berperan sebagai anti bakteri dan anti radang, zat itu akan meredakan mata merah akibat iritasi. Bahkan cara pembuatan obatnya juga cukup mudah :

    Siapkan 20 lembar daun sirih merah
    Rebus dengan air hingga mendidih
    Saring air rebusan
    Gunakan sebagai kompres mata
    Atau gunakan untuk membasuh mata sekitar 10 menit

5. Obat gusi berdarah

Jika gusi anda berdarah, maka daun sirih merah adalah obatnya. Sebagai obat gusi berdarah kandungan saponin, kandungan tanin, adanya mineral kalsium dan fosfor akan meredakan peradangan yang terjadi saat gusi mengalami pendarahan. Berikut di bawah ini adalah langkah pembuatan obatnya :

    Siapkan 10 lembar daun sirih merah
    Rebus dengan air hingga mendidih
    Saring air dan didinginkan
    Gunakan untuk berkumur, jika ingin hasil yang efektif lakukan sebanyak 3 kali sehari

6. Obat penyakit bronkhitis

Jika anda mengalami sakit yang ada hubungannya dengan paru-paru seperti bronkhitis, maka anda dapat merebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air dan menyisakan setengahnya untuk diminum. Tanaman herbal daun sirih merah mengandung  tanin yang mempu menyembuhkan penyakit bronkhitis jika diminum teratur 3x sehari. 

7. Obat sakit maag

Adanya kandungan terpennoid dan klavikol di dalam daun sirih merah, dapat mengobati sakit maag. Yakni dengan meminum rebusan dari 7 lembar daun sirih yang dikonsumsi 3 kali sehari secara teratur.

8. Obat gatal akibat serangga

Daun sirih merah juga dapat meredakan reaksi alergi akibat gigitan serangga atau alergi seafood. Jadi cukup siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari. 
9. Obat radang prostat

Bagi anda kaum pria yang mengalami permasalaan dengan kelenjar prostat maka dapat menggunakan daun sirih merah sebagai obat herbal. Adanya kandungan tanin, saponin, dan hidroksicavicol akan meegenerasi sel-sel dalam kelenjar prostat, sehingga dapat menjalankan fungsinya seperti sedia kala. Caranya adalah rebus 3-7 daun sirih merah yang masih muda dan minum airnya sebanyak 3 kali sehari.

10. Obat darah tinggi

Adanya kandungan minyak atsiri dan fenol akan menstabilkan tekanan darah, khusus bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Caranya campur rebusan daun sirih merah dengan manfaat madu saat meminumnya 2 kali sehari.

11. Obat batuk

Jika ingin mengobati penyakit batuk dapat memanfaatkan daun sirih merah ini, caranya adalah :

    Siapkan 5 lembar daun sirih merah
    Rebus dengan 300 ml air
    Minum untuk 2 kali dalam sehari

Daun sirih merah mengandung manfaat vitamin B, vitamin C dan alkaloidnya akan meredakan radang penyebab batuk pada tenggorokan.



12. Obat payudara bengkak

Daun sirih merah juga dapat mengobatai payudara yang bengkak setelah menyusui. Caranya bakar daun sirih merah hingga layu dan tempelkan pada area payudara yang bengkak selagi daun masih hangat. Kandungan senyawa allylprokatecol dan karvakrol akan membantu meregangkan otot payudara yang meradang karena terlalu banyak mengeluarkan ASI.

13. Mengobati tumor

Adanya senyawa antioksidan, kandungan flavonoid, dan juga terpenoid yang ada pada sirih merah meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Saat sistem imun meningkat, secara otomatis  sel darah putih tubuh akan mampu mengahancurkan zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

14. Mengobati diabetes

Anda menderita diabetes? Anda dapat mengobati penyakit diabetes yang di derita dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah. Dengan kandungan terpenoid, klavicol, eugenol, dan pycene akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

15. Obat radang paru-paru

Apabila anda atau salah satu keluarga anda menderita radang paru-paru, maka daun sirih merah dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Caranya buat rebusan 5-7 daun sirih merah yang sudah tua dalam 500 ml air untuk menyembuhkan radang paru-paru. Dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang akan membersihkan area paru-paru dari senyawa berbahaya yang tidak sengaja masuk ke paru-paru.

Demikian adalah Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan, simak juga artikel lainnya di blog ini misalnya adalah Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Mudah.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

0 comments:

Post a Comment