Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengatasi Perut Begah Pada Anak-Anak dan Dewasa

Cara Mengatasi Perut Begah Pada Anak-Anak dan Dewasa - Perut begah atau perut kembung adalah salah satu gejala gangguan kesehatan yang seringnya diabaikan oleh kebanyakan orang. Namun apabila dibiarkan dan anda tidak melihat gejala-gejala yang muncul bersamaan dengan perut begah tersebut, bisa jadi penyakit yang singgah di tubuh anda tak hanya sekedar perut begah saja. Berikut adalah Obat Perut Kembung Orang Dewasa

Menggunakan jahe
Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa jahe adalah salah satu tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati perut kembung. Jadi selain dapat membuang gas dalam perut, rempah jahe juga berfungsi melancarkan pencernaan. Cara menggunakannya juga sangat mudah, hanya tinggal mengunyahnya langsung atau menambahkan jahe pada makanan maupun minuman.

Menggunakan jeruk nipis

Tak hanya memiliki rasa dan aroma yang khas, jeruk nipis pun ternyata dapat menyembuhkan perut kembung. Cara membuatnya adalah peras jeruk nipis, lalu gunakan airnya untuk membuat minuman dengan air hangat, setelah itu campurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Kemudian minumlah ramuan ini dan rasakan hasilnya beberapa menit kemudian.

Menggunakan bawang merah

Bahan dapur lagi-lagi dapat digunakan untuk pengobatan. Jadi bawang merah bisa membantu anda mengatasi perut kembung loh! Caranya oun sungguh sederhana, tinggal parutlah bawang merah secukupnya, setelah itu lalu campurkan parutan bawang merah tersebut dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Setelah itu tempelkan ramuan ini di bagian pusar.



Berikut di bawah ini adalah cara mengatasi perut begah pada anak-anak :

Tepuk secara lembut bagian punggung bayi.

Jika perut si kecil kembung, maka anda perlu menepuk lembut punggung bayi selama 1 sampai 2 menit sampai si bayi mengeluarkan sendawa atau tertawa. Itu dikarenakan seorang bayi umur 0-6 bulan nutrisi utamanya masih ASI, jadi lambung pencernaan berisi susu bukan makanan lain yang berserat.

Gosok pelan dan lembut bagian perut bayi.

Selain menepuk-nepuk lembut punggung bayi, gosok atau lebih tepatnya pijat perut bayi dengan lembut, kemudian gunakan sedikit olesan minyak telon untuk menambah kehangatan pada bayi. Cara mudah ini sangat membantu mengatasi perut kembung bayi.

Beri air hangat

Jika si kecil sudah bisa minum langsung dari sendok. beri minum bayi dengan sedikit air hangat. Tapi ingat, sedikit saja ya. Selain memberinya sedikit air hangat kuku, anda juga bisa memandikan bayi dengan air hangat-hangat kuku.

Ajak bayi untuk berinteraksi

Cara lain untuk mengobati perut begah si kecil dengan mengajaknya bermain, atau mengajaknya bercerita dan kegiatan menyenangkan agar bayi aktif dan ikut terlibat hingga bisa tertawa dan bersendawa. Hal ini akan membantu si bayi mengeluarkan gas di saat organ tubuhnya aktif.

Hati-hati memberi bayi susu formula

Ingatlah, bahwa tidak semua susu formula baik untuk bayi. Sebagai orangtua anda harus periksa komposisi, memeriksa tanggal kadaluarsa dan kecocokan untuk si bayi. Beberapa jenis susu yang tidak cocok untuk pertumbuhan bayi bisa mengakibatkan perut kembung. Apalagi bila ternyata susu formula yang sudah kadaluwarsa sangat membahayakan kesehatan bayi. Maka karena itu, umur bayi 0-1 hingga 2 tahun usahakan tetap memberikan ASI sebagai asupan nutrisi terbaik untuk si kecil

Demikian adalah Cara Mengatasi Perut Begah Pada Anak-Anak dan Dewasa, semoga bisa memberikan informasi yang berguna bagi anda. Apabila masih ingin mencari informasi menarik lainnya, silahkan simak artikel lainnya di blog ini, misalnya saja adalah Khasiat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Perut Begah Pada Anak-Anak dan Dewasa

0 comments:

Post a Comment