Cara Menurunkan Berat Badan

Apa Itu Sakit Radang Tenggorokan?

Apakah anda mengalami sakit tenggorokan saat menelan? atau bahkan saat anda bernapas? Rasa sakit pada tenggorokan merupakan gejala adanya penyakit pada saluran pernapasan dan salah satunya adalah penyakit radang tenggorokan. Di luaran sana memang banyak yang menganggap bahwa ini adalah penyakit sepele. Akan tetapi apabila terus dibiarkan akan berakibat fatal.

Jadi secara medis, terjadinya radang tenggorokan adalah suatu kondisi ketika tenggorokan terinfeksi bakteri. Dalam kondisi ini menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, terjadi peradangan, juga suara serak, batuk, gatal dan terasa sakit saat menelan.

Ada beberapa Penyebab Radang Tenggorokan, diantaranya adalah  Bakteri Streptococcus Pyogenes yang dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A, bakteri ini merupakan penyebab umum dari penyakit radang tenggorokan. Jadi jenis bakteri ini sangat menular dan dapat menyebar melalui udara ketika Anda batuk dan bersin. Bakteri ini juga dapat menyebar melalui makanan dan minuman serta barang-barang yang sudah terinfeksi oleh jenis bakteri ini.

Gejala Radang Tenggorokan yang umum muncul ketika seseorang mengalami radang tenggorokan akan dijelaskan dengan lengkap, namun bagi yang sering radang tenggorokan pasti sudah tak asing dengan gejaa-gejala radang tenggorokan yang terjadi. 


  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri atau bengkak pada sendi
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah




Itulah macam-macam gejala paling umum terjadi pada penderita radang tenggorokan. Namun tentu saja bisa jadi gejala tersebut merupakan pertanda dari penyakit lain. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter anda untuk melihat apakah gejala yang anda alami itu adalah gejala radang tenggorokan atau gejala penyakit lainnya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengobati radang tenggorokan?

Anda bisa menggunakan macam-macam bahan alami untuk mengobati radang tenggorokan, berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan tradisional :

1. Teh jahe

Cara membuatnya sangat mudah, Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Setelah itu campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile

Tak jauh beda dengan fungsi teh jahe, teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Cukup seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Apabila ingin mendapat rasa manis, maka anda bisa menambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam

Yang satu ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan anda. Apalagi bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Cukup campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Daun Kemangi

Cukup rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya atau juga cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Madu dan lemon

Cobalah meminum secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Minuman ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tak ada buah lemon, maka satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Namun sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

6. Menghirup uap panas

Salah satu obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Caranya adalah taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Kemudian pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Setelah itu hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

7. Konsumsi Sup

Disaat tenggorokan sakit, maka biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Jika seperti itu, maka cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam dengan banyak tomat. Tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

8. Minum jus lemon tanpa gula

Cara membuatnya adalah campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Ingat, jangan tambahkan gula. Kemudian minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Demikian adalah Tanda-Tanda Radang Tenggorokan yang harus anda ketahui dan beberapa cara mudah untuk mengobati radang tenggorokan. Jangan lupa untuk menerapkan Cara Hidup Sehat agar kita senantiasa sehat.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Sakit Radang Tenggorokan?

0 comments:

Post a Comment