Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Agar ASI Banyak Dan Kental

Tips Agar ASI Banyak Dan Kental - Setiap ibu pasti ingin memberikan ASI eksklusif untuk putra dan putri mereka, namun ada banyak ibu menyusui yang tak memiliki ASI cukup banyak untuk anak-anaknya yang tengah menyusu. Namun ada juga ibu menyusui yang tak tahu apakah pasokan air susu dalam payudaranya cukup atau tidak, berikut adalah kesalahpahaman ciri-ciri ASI kurang yang sering jadi kekhawatiran ibu-ibu menyusui :


- Karena bayi menangis terus.
Seperti kebanyakan pendapat masyarakat, bahwa anak yang menangis terus dianggap belum kenyang. Padahal sesungguhnya menangis bukan semata-mata karena ia lapar. Bisa jadi dia ingin diganti popoknya, ia ingin sendawa, si kecil menderita kolik, atau bahkan cuma ingin digendong saja. Karena itulah ada banyak faktor, jadi jangan jadikan bayi menangis sebagai patokan bahwa air susu kurang.

- Karena bayi baru tenang apabila sudah diberi susu formula atau MPASI
Memang banyak ibu yang beranggapan bahwa bayinya kelaparan dan akan tidur nyenyak jika diberi makan. Sekalipun sesungguhnya tidak ada relevansinya banyak yang beranggapan hal ini benar. Karena sistem pencernaan si kecil belum sempurna, sistem pencernaannya harus bekerja lebih keras utk mengolah & memecah makanan. Jika si kecil sudah dipaksa diberikan makanan tambahan sejak usianya dua bulan, maka malah akan menimbulkan masalah lain. Misalnya selulit.
Memang bayi kelihatan lebih kenyang apabila diberi susu formula atau MPASI karena makanan tambahan tersebut lebih sulit dicerna oleh bayi. Air Susu Ibu memang lebih mudah dicerna, serta kapasitas lambung bayi kecil sekali, jadi bayi yang diberi ASI ekslusif akan lebih sering menyusu daripada bayi yang diberi susu formula atau MPASI.



- Karena bayi sering sekali meminta ASI, akan tetetapi jika diberi susu formula atau MPASI dia tidak meminta lagi. Jelas seperti yang dijelaskan di atas, karena susu formula dan MPASI lebih sulit dicerna. Memang tidak ada patokan seberapa sering bayi meminum ASI, justru sesungguhnya sangat baik apabila diberikan secara demand feeding.

- Karena payudara saya tidak mengeluarkan ASI jika dipencet.
Nah, sekali lagi, maka lihatlah perkembangan bayi dahulu apakah ia menerima cukup ASI. Apabila bayi baik-baik saja meski ASI tidak keluar waktu payudara dipencet, maka tidak apa-apa. Akan tetapi jika ada tanda-tanda yang kurang meyakinkan dari bayi anda, atau apabila anda ragu, jangan sungkan mencari bantuan profesional untuk ASI.

- Karena berat badan (BB) bayi tidak bertambah dari BB saat lahir.
Untuk yang satu ini lihatlah perkembangan bayi, jika BB bayi sejak hari ke-4 tidak bertambah dan bayi sering rewel, maka kemungkinan bayi anda mengalami gagal ASI. Karena itu pergilah segera dengan membawa bayi anda ke klinik laktasi terdekat untuk mendapatkan konsultasi manajemen laktasi.

Kemudian apabila memang ASI yang anda hasilkan sangat sedikit dan kualitasnya rendah. berikut adalah beberapa Tips Agar ASI Banyak dan Kental. Silahkan disimak :

1.       Rutinkan Minum Habbatussauda

Ada berbagai merk habbatussauda, silahkan pilih yang paling anda suka. Lalu minumlah rutin 3×5 kapsul selama 1 minggu pertama setelah melahirkan, itu dimaksudkan agar luka melahirkan cepat sembuh, dan membantu memperbanyak ASI. Kemudian selanjutnya dosis cukup 3×2 kapsul.

2.       Ingat! Kualitas ASI tergantung pada apa yang Ibu makan.

Jika ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, maka ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, aneka jenis sayuran, aneka jenis biji-bijian, serta kacang-kacangan (kacang hijau, susu kedelai) dan ikan. Semua jenis makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi pertumbuhan bayi.

3.       Iringi dengan doa

Nah, ikhtiar akan lebih baik lagi jika dibarengi doa. Banyak memohon kepada Allah agar diberikan ASI yang banyak, dan harus selalu diingat bahwa anda harus selalu berfikir positif, anda harus yakin bahwa ASI kita akan banyak.

Demikian adalah Tips Agar ASI Banyak Dan Kental, silahkan dicoba. Jangan lupa disimak artikel lainnya di blog ini, misalnya adalah Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Alami. Terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Agar ASI Banyak Dan Kental

0 comments:

Post a Comment