Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengobati Radang Telinga Dengan Cepat

Cara Mengobati Radang Telinga Dengan Cepat - Radang telinga tak hanya menyiksa penderita, namun juga membuat si penderita tak bisa melakukan aktivitas dengan normal. Radang telinga selalu diiringi dengan meriang atau panas dingin. Tak hanya merasa bagian dalam telinga yang sakit, terasa seperti ada benda besar yang menyumbat dalamnya, berdengung, sakit hingga ke kepala dan juga tentunya pendengaran yang menurun, sakit radang telinga ini benar-benar merepotkan. Dibawa istirahat dengan tidur juga tak bisa, karena dibaringkan juga rasanya tak nyaman, tapi dibawa beraktivitas juga tak bisa.

Terjadinya radang telinga disebabkan oleh beberapa penyebab, penyebab radang telinga atau otitis media akut (OMA) bisa oleh virus maupun bakteri. Pada sekitar 25% kasus pasien, memang tidak ditemukan mikroorganisme penyebabnya. Namun virus ditemukan pada 25% kasus dan kadang menginfeksi telinga tengah bersama bakteri. Kemudian jenis bakteri penyebab radang telinga tersering adalah Streptococcus pneumoniae, kemudian diikuti oleh Haemophilus influenzae dan Moraxella cattarhalis. Namun yang perlu diingat pada radang telinga, sekalipun sebagian besar kasus disebabkan oleh bakteri, namun hanya sedikit kasus yang membutuhkan antibiotik. Bisa jadi kejadian ini dimungkinkan karena tanpa antibiotik pun saluran Eustachius akan terbuka kembali sehingga bakteri akan tersingkir bersama aliran lendir.

Gejala – Gejala yang muncul karena telinga yang sudah terjangkit virus yang disebutkan di atas, adalah sebagai berikut, gejala utama pada radang telinga biasanya adanya rasa nyeri di telinga selain suhu tubuh yang tinggi, juga terjadi pendengaran yang berkurang atau rasa penuh di telinga. Kemudian pada anak-anak dapat terlihat dari sikap yang gelisah, bisa juga sulit tidur dan kejang-kejang, bisa juga hilang kesembangan atau mungkin memegang telinga yang sakit.



Untuk pengobatan pertama, jika ingin mengatasi rasa nyeri telinga umunya dapat digunakan tiga jenis obat, yaitu obat anti nyeri, juga obat pemati rasa dan obat penciut pembuluh.

Mencari pilihan obat, cobalah pilihan pertama adalah parasetamol atau mefenamat dan asetosal sebagai pilihan kedua, namun bagi anak kecil sebaiknya jangan diberi asetosal berhubung resiko timbulnya efek samping yang jarang terjadi tetapi hebat (radang otak). Nah, untuk mempercepat dan memperkuat efeknya, maka biasanya diberikan juga obat pemati rasa lokal pada tetes telinga, yaitu lidokain (otopain).

Kemudian dalam keadaan darurat 1-2 tetes minyak kacang yang dihangatkan terlebih dahulu, hangatkan dalam sendok yang diletakkan di atas lilin, yang berguna sekali untuk meringankan nyeri.

Obat penciut pembuluh juga biasa digunakan untuk mengobati radang telinga dengan cepat, disamping itu perlu sekali untuk memberikan tetes hidung yang mengandung zat penciut pembuluh dengan daya antibengkak, misalnya saja adalah ksilometazolin (otrivin) atau oksimetazolin (afrin, lliadin).

Obat jenis tetes hidung ini mencapai TE di rongga hidung atau tenggorok dan dapat menciutkan pembuluh mukosa didalam tabung yang tersumbat, kemudian setelah itu cairan yang tertimbun di rongga TT dapat mengalir keluar (ke tenggorok) dan rasa nyeri akan hilang.

Namun snak kecil dibawah usia 1 tahun lebih baik telinganya di teteskan larutan garam fisiologi 0,9% (3 kali sehari 0,3 ml) atau membilas hidungnya dengan larutan tersebut. Jika anda bingung cara mendapatkannya dimana, larutan ini dapat juga dibuat sendiri dengan melarutkan 1 sendok teh makan garam dapur (±3 g) dalam 1 gelas besar air matang (± 330 ml).

Dengan melakukan pengobatan ini pada umumnya peradangan akan sembuh dalam 2-3 hari, akan tetapi apabila tidak sembuh sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Demikian adalah Cara Mengobati Radang Telinga Dengan Cepat, semoga bisa memberikan manfaat yang besar untuk anda, dan semoga bagi anda yang tengah kebingungan mencari Cara Mengobati Radang Telinga Dengan Cepat, baik itu bagi orang dewasa maupun anak-anak sekalipun, bisa dapat pengetahuan untuk melakukan penanganan bagi radang telinga. 

Jangan lupa juga untuk menyimak artikel lainnya yang tak kalah menarik, yakni Cara Menggemukkan Badan Dalam 1 Minggu Secara Alami. Semoga bermanfaat, terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Radang Telinga Dengan Cepat

0 comments:

Post a Comment