Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menggemukkan Badan Sesuai Anjuran Dokter

Cara Menggemukkan Badan Sesuai Anjuran Dokter - Tubuh sehat dengan berat badan ideal menjadi idaman semua orang. Baik itu laki-laki, maupun perempuan. Mungkin bagi kaum laki-laki, bentuk tubuh dan berat badan tak akan menjadi sebuah masalah yang berarti. Kecuali jika mulai terasa ada masalah yang muncul karena berat badan tersebut. Akan tetapi bagi kaum perempuan, memiliki tubuh yang sedikit beda dari bentuk serta ukuran tubuh sesama perempuan di sekitarnya, maka mereka pasti akan merasa sangat khawatir. 

Namun di satu sisi yang lain, saat gadis-gadis dan pemuda dengan tubuh gemuk menginginkan tubuh langsing dengan berat badan yang seimbang, maka banyak juga orang yang memiliki masalah dengan berat badan kurang alias kurus. 

Ternyata memiliki tubuh kurus tak selamanya menyenangkan, nyatanya banyak sekali orang yang ingin menggemukkan badan namun tak tahu bagaimana caranya untuk mendapatkan tubuh yang lbih gemuk. Maka dari itu, silahkan disimak beberapa faktor yang membuat tubuh seseorang menjadi gemuk ataupun menjadi kurus.

1. Faktor Metabolisme Tubuh

Faktor pertama yang mempengaruhi bentuk tubuh adalah metabolisme. Karena setiap orang memiliki perbedaan kemampuan dalam menyerap makanan, namun bisa juga memang kita terjangkit oleh penyakit pencernaan. Kemudian bagi penyakit pencernaan yang paling banyak kita temui adalah penyakit cacing pada anak, sementara itu pada orang dewasa beberapa penyakit neurologi dapat berpengaruh terhadap masalah faktor metabolism tubuh (terlebih bila ditambah stress, atau depresi, dan lain sebagainya). Berkonsultasi kepada dokter akan sangat membantu .

2. Faktor hormon

Faktor yang kedua adalah faktor hormon. Faktor hormon dalam aktivitas hidup sangatlah berpengaruh, termasuk juga di dalam pertumbuhan dan penyerapan makanan. Pada wanita misalnya, adanya hormon esterogen dari penelitian memiliki peran dalam menghambat pertumbuhan.

3. Faktor genetika

Adanya faktor genetika juga salah satu yang tidak kalah penting. Di dalam suatu kelompok atau ras kita bisa menilai sendiri bagaimana peranan genetika dalam pertumbuhan.

Dengan adanya beberapa hal diatas, maka bisa dijelaskan bahwa faktor dari dalam tubuh yang tidak kita rencanakan. Namun yang jadi masalah adalah bagaimana cara menggemukkan badan sesuai keinginan dengan perencanaan tertentu? Masih penasaran dengan cara menggemukkan badan dengan aman? atau anda masih bingung mencari-cari cara diet menambah berat badan?



Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter, atau pada ahli gizi. Akan tetapi berkonsultasi pada ahli gizi akan menghabiskan biaya yang tak sedikit. Maka dari itu, silahkan disimak Cara Menggemukkan Badan Sesuai Anjuran Dokter di bawah ini :

1. Menambah Porsi Makan

Menambah porsi makan itu sulit jika pernyataan ini harus dibenarkan, tapi juga tidak salah 100 %. Namun yang penting bagaimana kita memahaminya sesuai anjuran ahli gizi. Dengan menambah porsi makan tidak serta merta dilakukan dengan sembarang, coba mulailah dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) kemudian menilai jumlah kebutuhan. IMT = Berat Badan (kg)/(Tinggi Badan (cm)/100)2, misalnya kita mempunyai BB = 50 kg, TB = 160 cm, maka IMT = 50/(160/100)2 = 50/2,56 = 19,53. Berikut penjelasan hasilnya :

IMT < 17.0 : Gizi Buruk

IMT 17.0 – 18.5 : Gizi Kurang

IMT 18.5 – 25.0 : Normal

IMT 25.0 – 27.0 : Gizi berlebih

IMT > 27.0 : beresiko

Apabila anda berada dalam kategori gizi buruk atau gizi kurang, maka mulailah untuk menentukan program peningkatan porsi makan sebagai cara menggemukkan badan. Namun bisa jadi yang anda tingkatkan bukan kuantitas makanan, tapi melainkan dari kualitas makanan anda. Maka tentunya hal tersebut lebih baik.

2. Minum Yang Banyak

Hal ini dapat anda lakukan demi menjaga system pencernaan anda. Dengan banyak minum, setidaknya delapan gelas selama satu hari satu malam, maka sistem pencernaan anda akan menjadi lebih baik.

3. Multivitamin

Multivitamin? Tak hanya untuk menambah stamina saja, namun juga untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral. Konsultasikan kepada ahli gizi, itu karena banyak mengkonsumsi bahan kimia dapat merusak organ tubuh seperti hati.

4. Olahraga dan Istirahat Yang Cukup

Untuk yang satu ini tentu sudah sepakat bahwa ini adalah cara menggemukan badan yang efektif. Berolahraga selain menyehatkan tubuh juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Demikian adalah Cara Menggemukkan Badan Sesuai Anjuran Dokter, jangan lupa juga untuk menyimak artikel lainnya di blog ini, misalny Cara Agar Kulit Wajah Tidak Keriput, terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menggemukkan Badan Sesuai Anjuran Dokter

0 comments:

Post a Comment