Cara Menurunkan Berat Badan

Akibat Radang Tenggorokan Yang Tak Diobati

Cara Hidup Sehat - Setiap manusia pasti pernah mengalami nyeri tenggorokan, namun nyeri tenggorokan kerapkali diabaikan, karena biasanya hanya gejala ringan saja. Padahal di sebagian kasus, ada sekitar 10 -20% kemungkinan jika dibiarkan berlarut-larut, maka sakit radang ini bisa memicu munculnya penyakit lain. Memang hampir semua orang pernah mengalami nyeri tenggorokan. Akan tetapi, tidak banyak yang memeriksakan ke dokter sebelum nyeri tenggorokannya menjadi parah. Parahnya, para penderita baru pergi ke dokter saat radang parah, misalnya saat nyaris tidak sanggup lagi menelan makanan.

Menurut istilah, radang tenggorokan sebenarnya bukanlah nama penyakit, akan tetetapi hanya merupakan gejala dari berbagai penyakit yang muncul. Di dalam terminologi kesehatan, sesungguhnya gejala radang tenggorokan biasa disebut dengan sore throat atau Pharyngitis. Adanya keluhan akibat radang tenggorokan yang muncul bervariasi, mulai dari sekadar rasa gatal di tenggorokan sampai nyeri berat sehingga menelan ludah pun terasa menyakitkan. Bahkan ternyata tidak sampai di situ saja, karena adanya stres dan kerja berlebihan dapat memperlemah sistem pertahanan tubuh dan memicu infeksi tenggorokan. Jika penasaran dengan penyebab radang tenggorokan, sesungguhnya ada bermacam-macam, antara lain adalah : infeksi virus, infeksi bakteri, alergi dan iritasi.



Salah satu penyebab Radang Tenggorokan adalah karena virus dan bakteri dapat ditularkan melalui ludah, yang menyebar saat batuk (drooplet infection), atau juga bisa melalui tangan atau barang pribadi penderita yang terkontaminasi. Bicara mengenai masa inkubasi rata-rata masa inkubasi radang tenggorok antara dua hingga lima hari. Akan tetapi apabila disebabkan virus, maka masa inkubasinya berkisar antara tiga hari hingga dua minggu. Terjadinya infeksi yang disebabkan virus influenza bersifat menular dan sangat mudah tersebar. Nah, pada kondisi ini, masa terjadinya peradangan berlangsung sekitar tiga sampai sepuluh hari. Pada umumnya, terjadinya peradangan terasa lebih berat pada pagi hari dan akan membaik seiring berjalannya hari.

Penderita tak akan mengkonsumsi antibiotik radang tenggorokan sebelum benar-benar yakin dengan gejala radang tenggorokan yang disertai rasa lemas, bisa juga dengan menurunnya nafsu makan, terjadi demam, dan batuk. Adanya sakit tenggorokan juga ditemukan pada infeksi virus lainnya seperti bisul dan campak. Setiap tubuh memerlukan satu minggu untuk membangun antibodi untuk menghancurkan virus-virus tersebut. Yang dikhawatirkan adalah adanya Infeksi Mononucleosis, atau yang umumnya disebut Mono disebabkan Virus Epstein Barr, radang tenggorokan yang diakibatkan infeksi ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh, karena virus ini memengaruhi sistem limpa sehingga menyebabkan pembesaran pada amandel dan muncul bercak putih pada permukaannya. Kemudian selain itu, ternyata terjadi juga terjadi pembengkakan pada pembuluh di leher.

Bahaya akibat radang tenggorokan yang tak diobati ini adalah terjadi infeksi, infeksi seperti ini biasanya menimbulkan sakit tenggorokan yang parah, sampai sampai membuat si penderita kesulitan bernapas. Selain itu virus ini juga menyebabkan kelelahan luar biasa yang dapat berlangsung lebih dari enam minggu. Bagi penderita yang ingin segera menyembuhkan radang tenggorokan mereka, maka datang ke dokter untuk berkonsultasi dengan ahli medis, lalu memutuskan antibiotik untuk radang tenggorokan yang tepat. 

Namun selain mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan obat medis saja, namun mengkonsumi jamu rempah juga bisa membantu anda mengobati radang tenggorokan. Misalnya adalah wedang jahe, 



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Akibat Radang Tenggorokan Yang Tak Diobati

0 comments:

Post a Comment