Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Bulan puasa adalah bulan dimana umat Muslim melaksanakan ibadah puasa, beribadah puasa berarti menahan haus dan juga menahan lapar sepanjang siang. Selama menahan haus dan juga selama menahan lapar tersebut, kaum muslim juga tetap harus melakukan berbagai macam kegiatannya sehari-hari, misalnya saja bekerja, mengasuh anak, dan juga melakukan kegiatan sosial lainnya. Untuk melakukan berbagai macam kegiatan tersebut, tentunya harus memiliki tenaga yang cukup dan juga kebugaran tubuh yang tetap terjaga. Lantas bagaimana caranya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar selama puasa? berikut adalah tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh yang bisa anda lakukan selama bulan puasa :

  1. Tips Menjaga Kesehatan tubuh yang pertama dan yang paling utama adalah dengan berfikiran positif tinking, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka dari itu selalu usahakan untuk berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita. Yakinlah, karena setiap masalah pasti solusinya.
  2. Terlalu banyak aktivitas dan kurang istirahat mengakibatkan kecapekan, kecapekan sendiri setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu faktor penyebab dari menurunnya daya tahan tubuh anda. Untuk membuat badan anda kembali segar dan bugar harus meluangkan waktu khusus untuk istirahat, karena mengistirahatkan tubuh anda merupakan langkah yang sangat tepat untuk menghilangkan rasa capek tersebut.
  3. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup setiap harinya, karena istirahat merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Karena dalam hal ini tidur yang cukup dan berkualitas.
  4. Setiap pagi hari tiba, jangan lupa untuk selalu usahakan melakukan olahraga secara teratur. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  5. Jangan pernah lupa untuk memeenuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan atau santapan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Kemudian fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
  6. Selalu pastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna.
  7. Tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat puasa berikutnya adalah hal yang sepele, namun tips kesehatan yang satu ini sekalipun sering disepelekan akan tetapi sangat berpengaruh sekali pada kesehatan. Yakni makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Hal itu dikhawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas. Maka dari itu makanlah sesuai kandungan kalori yang anda butuhkan.
  8. Jangan abaikan vitamin lain, penuhi kebutuhan vitamin D, itu karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulusi sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Kandungan Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.
  9. Sekalipun tidak bisa minum sebanyak yang biasa dilakukan saat tak puasa, namun tetap harus penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan dalam tubuh. Tentu saja dalam hal ini air putih yang menyehatkan. Cukup delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus kita penuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.
  10. Kemudian Tips kesehatan yang terakhir adalah dengan "tersenyum". Karena Tersenyum merupakan Tips Menjaga Kesehatan tubuh paling mudah. Hal ini dikarenakan tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Percaya atau tidak hal ini sudah dibuktikan oleh para ahli.


Bingung mencari makanan yang bisa menambah kebugaran tubuh? berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa menambah kesehatan dan kebugaran tubuh :

Minum Teh

Jika membutuhkan minuman berkafein, maka pilihlah teh daripada kopi. Karena ada satu penelitian menemukan, dengan minum teh dapat meningkatkan kewaspadaan sepanjang hari dan kinerja sama seperti kopi, bahkan malahan cenderung kurang mengganggu tidur. 

Kombinasikan protein dengan karbohidrat

Berbagai jenis makanan ringaan berupa satu atau dua macam protein dengan beberapa karbohidrat kompleks memberikan dorongan energi yang cepat dan perlu dicoba : kombinasikan ikan salmon atau tuna dengan roti gandum, bisa juga sekotak kecil kismis atau cranberry kering dengan segenggam kacang, atau segenggam kacang-kacangan dan varietas buah kering, bisa juga roti gandum panggang dengan selai kacang.

Lemon dan Jeruk Nipis

Buka puasa dengan Segelas air hangat dengan irisan jeruk nipis atau lemon dapat membangkitkan tenaga ganda. Setelah puasa dan kelelahan serta dehidrasi, maka beberapa gelas air dapat mengembalikan energi. Ditambah lagi aroma lemon atau jeruk nipis akan membuat kita merasa terjaga dan segar. Jika ingin mengkonsumsinya lagi, tambah beberapa bongkah kecil es, minuman es membangunkan sensorik.

Sesuatu yang Pahit

Apabila kelelahan karena defisit nutrisi, maka tonik pahit bisa membalikkan keadaan. Hal ini seperti jamu yang dapat membantu kesehatan pencernaan, bahkan mungkin juga dapat menambah nafsu makan.

Makanan yang mengandung zat besi

Apabila anda terus menerus merasa lelah, padahal misalnya anda sudah banyak tidur, bisa jadi Anda mengalami kekurangan zat besi, itulah penyebab umum kelelahan. Adanya Zat besi sangat penting untuk menghasilkan hemoglobin, zat yang mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh, dan kemudian untuk digunakan menghasilkan energi. Kandungan Zat besi yang berasal dari daging lebih baik diserap tubuh dibandingkan dari sumber nabati. Maka dari itu makanlah sebanyak 18 miligram per hari jika Anda bukan vegetarian. Bagi wanita yang sedang menstruasi, atau pria vegetarian dan wanita menopause membutuhkan 8 miligram sehari. Konsumsi kacang merah, aneka kacang panggang, santapan roti gandum, sayur bayam, dan aprikot adalah sumber zat besi yang baik. Kemudian untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi, maka makannlah juga sumber vitamin C, misalnya seperti tomat, jeruk mandarin, atau segelas jus jeruk.

Cuka Sari Apel

Berpuasa, atau olahraga dan stres ekstrim kadang membuat asam laktat dalam tubuh, maka akan menyebabkan kelelahan. Tapi menariknya, kandungan asam amino yang dikandung dalam cuka sari apel dapat digunakan sebagai penangkal. Konsumsi cuka sari apel juga mengandung kalium dan enzim yang dapat meredakan perasaan lelah. Apabila merasa sedikit lelah, maka tambahkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel dalam jus sayuran atau segelas air dingin.

Minuman Manis

Obat tradisional untuk mengatasi kelelahan adalah sirup gula, karena secara teori mengandung zat besi yang bisa melawan anemia. Maka cobalah mengaduk 1 sendok makan sirup gula ke dalam 1 cangkir air panas saat Anda mengalami kelelahan.

Demikian adalah tips menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat puasa, jangan lupa menyimak cara mengajarkan anak puasa di blog ini. Terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

0 comments:

Post a Comment