Cara Menurunkan Berat Badan

Penyebab Rambut Rontok dan Pencegahannya

Penyebab Rambut Rontok dan Pencegahannya - Rambut adalah mahkota wanita, setiap wanita akan merasa sangat bangga memiliki rambut yang sangat indah dan juga cantik. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa membuat kecantikan rambut seorang wanita rusak dan akhirnya menjadi penyebab turunnya rasa percaya diri. Rambut yang rontok secara berlebihan dan terus menerus bisa menyebabkan kebotakan jika tidak segera diatasi. Maka dari itu, ketika sampo dan kondisioner tidak lagi mempan untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut Anda, maka Anda perlu mencoba cara dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi mineral seng. Hal itu dikarenakan, salah satu penyebab rambut rontok adalah kurangnya mineral zinc alias seng. Namun tidak hanya bisa menyebabkan rambut rontok saja, karena kekurangan mineral zinc juga bisa menurunkan imunitas sehingga Anda lebih mudah terserang penyakit.

Jika anda ingin mendapatkan asupan zinc yang cukup untuk kebutuhan tubuh anda, maka bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi vitamin yang mengandung zinc yang bisa dengan mudah ditemukan di apotek secara bebas. Kemudian dosis konsumsi zinc maksimum adalah 100 miligram per hari.


 Selain mengetahui apa yang harus dikonsumsi untuk membuat rambut anda menjadi lebih kuat, anda juga harus mengetahui apa saja penyebab rambut rontok. Silahkan disimak : 

1. Anemia

Yang satu ini pastinya bukan penyakit yang asing bagi anda, karena penyakit yang satu ini sangat familiar dan hampir dialami oleh semua orang. Anemia adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan zat besi sehingga menurunkan kadar sel darah merah dalam darah kita, dan walaupun terdengar sepele namun kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan folikel rambut.

Maka dari itu untuk mengatasi masalah rambut rontok karena kekurangan zat besi ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen zat besi yang dibarengi dengan vitamin C sebagai pendukung, hal itu dimaksudkan agar penyerapan zat besi berlangsung maksimal.

2. Stres
Selain itu, stres merupakan faktor penyebab umum rambut rontok yang sering terjadi dan banyak dialami. Tingkat stres yang tinggi akan membuat folikel rambut menjadi tidak aktif atau terserang oleh sel darah putih, dan hasilnya seminggu kemudian rambut kita akan mengalami kerontokan.

Untuk mengatasi rambut rontok karena stres, maka lakukanlah relaksasi seperti yoga, atau meditasi, bisa juga terapi, dan lain-lain. Yang paling penting hindarilah faktor penyebab stres. Sebisa mungkin anda harus menghindari stres yang berlebihan dan nantinya biarkan rambut rontok kita akan tumbuh kembali lagi.

3. Dalam perawatan medis tertentu

Selain kedua faktor di atas, rambut rontok juga bisa terjadi sebagai efek samping dari mengonsumsi obat antidepresan, atau diuretik, atau bisa juga pil Rx. Solusi untuk mengatasi rambut rontok pada kondisi ini adalah dengan mengatur dosis obat yang kita konsumsi, selain itu bisa juga mencoba untuk mencari obat alternatif lain. Namun sebelumnya, lakukanlah pemeriksaan ke dokter kita terlebih dahulu.

4. Hypo atau Hyperthyroid
Istilah yang satu ini adalah keadaan hormon yang tidak seimbang akan meningkatkan kadar zat kimia alami tubuh, yaitu DHT yang akan “menyerang” folikel rambut kita. Sebagai solusi dan antisipasinya, maka gunakan resep obat yang mampu membantu mengembalikan kondisi hormon thyroid kita ke level normal atau sehat.

5. Diet rendah lemak

Jangan kira melangsingkan tubuh tak akan membawa efek buruk pada tubuh anda, karena program pelangsingan tubuh yang terlalu ketat akan membuat rambut kita mengalami kerontokan. Kemudian tidak hanya itu, dengan diet yang tidak sehat juga akan mengakibatkan kelelahan, dehidrasi, dan kram.

Demikian adalah artikel mengenai Penyebab Rambut Rontok dan Pencegahannya, semoga bisa membantu masalah anda, kemudian silahkan disimak artikel lainnya seperti Cara Mengobati Perut Begah di blog ini, terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Rambut Rontok dan Pencegahannya

0 comments:

Post a Comment