Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan Yang Wajib Ada Saat Lebaran

Makanan Yang Wajib Ada Saat Lebaran - Lebaran hanya tinggal menghitung hari,  setelah berpuasa selama sebulan penuh, maka sudah tiba waktunya anda untuk merayakan hari kemenangan. Merayakan hari Lebaran dengan berbagai macam kegiatan, dari mulai silaturahmi ke keluarga besar, mengunjungi sanak keluarga di tempat yang jauh dan juga tentu saja menyantap hidangan yang wajib ada saat Lebaran. Makanan apa saja sih yang wajib ada saat Lebaran? Memang di setiap daerah terdapa perbedaan makanan yang wajib ada saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri tersebut, akan tetapi berikut di bawah ini adalah lima jenis makana umum yang wajib ada saat Lebaran :

1. Ketupat

Ketupat tentu bukan makanan yang asing, karena makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa yang masih muda ini sangat identik dengan hari raya Idul Fitri. Ketupat tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita dan cenderung identik dengan lebaran. Tentu saja, lebaran memang belum lengkap tanpa adanya hidangan khas lebaran yang satu ini. Seperti sudah menjadi kebiasaan bagi semua umat, setelah melakukan Shalat Ied, maka semuanya pasti buru-buru untuk pulang ke rumah demi menyantap ketupat bersama keluarga tercinta kan? Padahal ketupat sebenarnya merupakan hidangan khas Asia Tenggara Maritim lho, jadi selain di Indonesia, sesungguhnya ketupat juga bisa kita jumpai di negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Brunei Darusalam. Sajian utama lainnya yang wajib ada di meja makan saat lebaran ini biasanya disantap bersama dengan kuah santan yang berisi potongan daging dan sayuran seperti wortel dan bengkoang. Bagaimana dengan kebiasaan dalam keluarga anda? lauk pelengkap apa yang harus ada di hari raya bersama ketupat?

2. Opor ayam

Selain kuah santan yang gurih dan dihidangkan sendiri, ada juga opor ayam juga merupakan salah satu hidangan yang sangat cocok dimakan bersama ketupat. Adanya daging ayam yang direbus dengan santan bercampur rempah-rempah khas Indonesia itu rupa-rupanya juga menjadi menu andalan yang tidak pernah ketinggalan saat lebaran. Nikmatnya potongan daging ayam yang empuk berpadu dengan rasa gurih dari santan membuat hidangan yang satu ini sangat digemari dan tidak hanya ada pada hari lebaran, karena banyak juga masyarakat yang suka makan opor di hari biasa. Itulah mengapa opor ayam juga sering kita jumpai pada hari-hari biasa.

3. Rendang

Masih ada yang belum tahu apa itu rendang ? Memangnya siapa sih yang tidak kenal dengan masakan tradisional khas Minangkabau ini? Saking nikmatnya makanan yang satu ini, ternyata rendang juga digemari oleh masyarakat dunia. Kebenarannya dibuktikan dengan dinobatkannya rendang sebagai peringkat pertama dalam daftar “50 Hidangan Terlezat di Dunia” pada tahun 2011 yang lalu. Salah satu lauk hidangan temannya ketupat ini biasanya terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak bersama santan kental yang kaya akan kandungan bumbu rempah itu banyak variasinya lho, sekarang ini rendang dengan menggunakan bahan lain selain daging sapi, misalnya saja seperti daging ayam, bebek, hati, paru dan sebagainya.

4. Sambal goreng kentang

Jika di atas adalah jenis-jenis makanan yang mengandung daging, maka yang satu ini adalah sayuran. Inilah dia satu lagi panganan yang tidak boleh ketinggalan saat lebaran, yakni Sambal Goreng Kentang. Bentuk makanannya terdiri dari potongan kentang berbentuk dadu yang diolah dengan berbagai rempah pilihan ini biasanya juga dicampur dengan hati sapi, ampela, pete dan wortel. ENaknya citarasa sambal goreng kentang yang pedas dan warnanya yang menarik pastinya akan membuat ketupat yang kita santap menjadi lebih nikmat. Maka dari itu, ketupat, opor atau rendang dicampur dengan sambal goreng kentang? hmmm maknyuss!

5. Kue kering

Setelah menikmati aneka sajian utama seperti ketupat dan teman-temannya, maka sajian berikutnya yang tidak boleh ketinggalan saat lebaran adalah cemilan seperti kue kering. Tentu, adanya kue kering bisa jadi teman saat berkumpul bersama keluarga di ruang keluarga ataupun saat menjamu tamu yang datang. Aneka jenis kue kering seperti Nastar yang berisi selai nanas dan Putri Salju yang berlumur gula putih halus merupakan jenis kue yang paling diminati dan dicari saat menjelang hari raya Idul Fitri seperti sekarang ini. Namun jangan hanya terpaku dengan dua jenis kue khas Lebaran itu, masih banyak Resep Kue Lebaran 2015 yang bisa anda coba dan pasti rasanya pasti tak akan mengecewakan,



Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi tentu khawatir jika pada Lebaran nanti kolesterol anda akan naik dengan cepat. Namun jangan khawatir, sediakan ragam makanan di bawah ini agar kolesterol tak naik setelah menyantap aneka hidangan lezat khas lebaran. Berikut adalah makanan yang bisa menurunkan kolesterol.

-    Minumlah teh hijau. Adanya penelitian di Jepang menemukan bahwa theanine pada teh hijau bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat. Anda harus meminum minimal empat cangkir teh hijau bebas gula setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.
-    Buah Tomat. Dengan meminum dua gelas jus tomat sehari menurunkan kolesterol jahat dari tubuh Anda secara signifikan.
-    Jangan lupakan buah Anggur. Buah anggur merah meningkatkan kolesterol baik. Dianjurkan untuk minum dua gelas jus anggur setiap hari.
-    Sediakan blueberry. Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. Senyawa dalam blueberry (pterostilbene) dapat membantu menurunkan kolesterol seefektif obat komersial dengan efek samping yang lebih sedikit.
-    Produk kedelai. Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe tidak hanya mengurangi kolesterol Anda, tetapi juga kaya protein.
-    Tak hanya untuk masakan karena bawang putih memiliki efek positif pada kolesterol jahat Anda sembari menjaga kolesterol baik. Sudah banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari.
-    Alpukat. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat adalah jenis yang menyehatkan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda.
-    Jangan sepelekan Buah delima. Karena sebuah studi oleh National Academy of Sciences (AS) menunjukkan bahwa jus buah delima mengurangi penumpukan plak kolesterol dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak arteri.
-    Sediakan Yogurt dengan probiotik. Karena beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Zat-zat ini bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Yang Wajib Ada Saat Lebaran

0 comments:

Post a Comment