Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan Yang Harus Dimakan Ibu Hamil Saat Sahur

Ibu hamil ingin berpuasa? boleh saja! tentu saja dengan syarat khusus yakni diizinkan oleh dokter atau bidan. Setidaknya periksakan diri anda ke dokter sebelum berpuasa, cek tekanan darah dan lain sebagainya. Kemudian saat mulai berpuasa, usahakan anda mengatur pola makan anda dan memasukkan aneka macam makanan sehat ke dalam perut karena anda memiliki tanggung jawab besar di dalam rahim anda. Maka dari itu, berikut adalah makanan yang harus dimakan ibu hamil saat sahur :

- Ketika tiba waktu sahur, ibu hamil harus memilih makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup. Karena kedua jenis zat gizi ini dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari. Kemudian sebaiknya ibu hamil banyak mengkonsumsi daging, itu karena daging adalah makanan yang mengandung kalori dan protein sangat tinggi yang bisa disimpan tubuh dalam waktu cukup lama.

- Ibu hamil juga wajib mengupayakan juga makanan yang kaya vitamin C dan mineral seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh. Jangan sampai tubuh ibu hamil sampai ngedrop saat mereka berpuasa karena kurang zat besi.

- Sekalipun mood ibu hamil selalu menginginkan makanan yang manis, namun jangan mengonsumsi makanan manis saat sahur agar tubuh tidak lemas dan cepat merasa lapar akibat insulin shock.

- Bagi ibu hamil sebaiknya hingga waktu sahur habis, juga usahakan minum air putih sebanyak-banyaknya. Sesuai dengan anjuran dokter, jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter serta ditambah dengan segelas susu hangat. Dengan meminum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil.



Saat Berpuasa

- Anda harus menjalani puasa dengan niat dan tekad yang bulat dan ikhlas agar hari-hari berpuasa terasa ringan dan membahagiakan meski sedang hamil. Yang membuat puasa terasa berat adalah pikiran yang tak bebas, maka dari itu, apalagi anda seorang wanita yang tengah hamil harus selalu mencari kegiatan yang bisa membuat anda menjadi ceria.

- Sekalipun ibu hamil tetap boleh bekerja, namun anda harus tetap cukup istirahat. Kemudian bila memungkinkan sediakan lebih dari porsi istirahat sebelumnya.

- Anda harus mengurangi porsi aktivitas yang membutuhkan energi ekstra, misalnya saja aktivitas di lapangan atau pikiran yang berat-berat. Kemudian sedapat mungkin hindari stres dan
buang jauh kebiasaan/dorongan untuk marah.

- Jangan memaksakan untuk meneruskan puasa, atau segera batalkan puasa jika ibu hamil mengalami :

a. Muntah-muntah parah lebih dari 3 kali yang dikhawatirkan menyebabkan terjadinya dehidrasi.

b. Apabila ibu hamil mengalami diare yang diikuti rasa mulas dan melilit

c. Terjadinya mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pertanda kondisi tubuh sudah tidak stabil

d. Lemas yang berlebihan, serta pusing diikuti dengan mata yang berkunang-kunang pertanda hipoglikemia dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi.

e. Apabila mengalami keringat berlebih khususnya keringat dingin pertanda bahwa tubuh bahwa kondisi fisik ibu hamil sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa
Saat Berbuka

- Saat tiba waktunya untuk membatalkan puasa, awali berbuka dengan minuman hangat dan manis jambu untuk meningkatkan kadar gula darah, akan tetapi ibu hamil juga harus tetap membatasi makanan dan minuman yang manis, karena dikhawatirkan terjadinya pelonjakan gula drah yang mendadak dan berakibat buruk. Hindari minuman dingin karena dapat menurunkan kerja lambung.

- Setelah membatalkan puasa dengan minuman hangat, ibu hamil dapat melanjutkan dengan menyantap makanan yang mengandung karbohidrat simpleks sehingga lebih mudah diserap tubuh, misalnya seperti kolak atau  kurma.

- Lebih baik laksanakan dulu salat, dan setelah salat magrib, baru makanlah dengan porsi lebih besar, tapi tetap saja jangan langsung kalap. Karena makan dalam jumlah besar justru malah bisa membuat tubuh Anda lemas. Maka dari itu, ibu hamil maupun siapa saja lebih baik makan secukupnya saja. Kemudian sehabis salat tarawih, ibu hamil harus mengusahakan untuk makan walau hanya sedikit.

- Kemudian sebelum tidur, bagi ibu hamil untuk memproses produksi ASI, maka cobalah makan makanan ringan dengan minuman hangat.

Kemudian kenapa saat puasa suka mengantuk?  Wajar, karena pola kegiatan yang berubah. Subuh-subuh harus bangun untuk sahur dan tetap melek sampai shalat Subuh. Bila jadwal longgar bisa tidur, namun bila ada pekerjaan maka mau tak mau harus langsung berangkat kerja dan akhirnya mengantuk di tempat kerja. 
Lantas bagaimana agar bisa menjaga tubuh agar tak mudah lelah dan tak mudah mengantuk saat puasa? perbanyaklah konsumsi makanan dan minuman berbahan sayuran dan buah segar. Aneka sayuran hijau yang mengandung zat besi bisa membantu kita dari kantuk selama puasa. Kemudian selain itu, yang menjadi penyebab utama kita mengantuk adalah berkurangnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi. Itu karena Otak juga mendapat energi dalam bentuk glukosa, sehingga jika aliran glukosa ke jaringan otak berkurang akan mempengaruhi sistem kerjanya. Untuk informasi otak kita mengonsumsi 60 persen asupan glukosa tubuh. Maka secara otomatis apabila energi dihasilkan makanan sudah menipis, maka tentu saja organ hati akan mengeluarkan cadangan glikogen untuk menambah energi. Kemudian apabila tubuh  tidak memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan maka tubuh kita lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah di dalam tubuh. Keadaan inilah yang membuat kita mengantuk. Saat berbuka anda harus perbanyak makanan karbohindrat kompleks, contohnya adalah beras merah, ubi, jagung, singkong, roti gandum. Makanan tersebut akan menahan glikogen lebih lama untuk menghasilkan glukosa. Simak juga aneka tips bugar saat puasa di blog ini.





loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Yang Harus Dimakan Ibu Hamil Saat Sahur

0 comments:

Post a Comment