Cara Menurunkan Berat Badan

Kenapa Gigi Anak Berlubang?

Kenapa Gigi Anak Berlubang? - Pernahkah anda berpikir kenapa gigi bisa berlubang? padahal gigi itu keras dan tebal. Sekalipun sekilas secara fisik gigi itu tebal, namun gigi sesungguhnya sangat rapuh dan wajib dijaga kesehatannya. Lalu bagaimana jika ada masalah dengan gigi anak anda? Misalnya anak hobi makan permen menyebabnya gigi berlubang, kemudian terkikis dan menghitam, apakah ia mengalami karies gigi?  Deretan gigi yang terlihat hitam dan terkikis adalah salah satu tanda dari karies gigi atau gigi berlubang. Jadi, karies gigi terjadi karena kombinasi kebersihan mulut yang kurang baik dan diet yang kurang baik. 

Apabila pembersihan gigi tidak optimal, maka pada gigi akan terbentuk plak (lapisan film berwarna putih kekuningan) yang mengandung bakteri yang tinggi. Nah, bakteri ini mampu memfermentasi karbohidrat (terutama gula) sehingga menyebabkan suasana mulut asam dan permukaan gigi terkikis. Akibatnya dari itu apa? akibatnya adalah terbentuklah lubang pada gigi.

Adanya karies gigi yang dini akan tampak seperti bercak-bercak putih keruh pada gigi. Apabila terus berkembang, maka akan mulai terbentuk lubang dengan warna kekuningan, bisa juga cokelat atau kehitaman. Kalau dibiarkan, struktur gigi akan semakin rusak dan bisa disertai rasa sakit dan bengkak pada gusi. Kemudian penyebab terjadinya karies gigi adalah kebersihan mulut yang tidak optimal  misalnya penyikatan gigi tidak teratur ataupun kurang bersih dan diet yang mengandung gula yang tinggi dengan frekuensi yang sering. Selain itu konsistensi air liur juga berperan, karena air liur mempunyai fungsi untuk menetralisir kondisi asam di rongga mulut.

Kemudian pertolongan pertama yang bisa dilakukan bila anak mengeluh sakit adalah memberi obat analgesik untuk menghilangkan rasa sakit, misalnya adalah seperti parasetamol, dan juga segera membawa anak ke dokter gigi. Selain itu anda juga harus menghentikan kebiasaan anak mengonsumsi makanan manis, karena konsumsi makanan manis bisa menyebabkan sensitivitas. Setelah itu, bawalah anak ke dokter gigi untuk perkenalan pada usia 1 tahun. 

Apabila gigi telah berlubang, maka dokter akan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Sebagian besar kasus, gigi anak akan diusahakan untuk dipertahankan dengan penambalan gigi. Karena apabila gigi tidak diperbaiki, maka kondisi gigi bisa bertambah buruk karena karies gigi akan berkembang.

Lantas tip untuk orang tua agar anak tidak mengalami gigi yang berlubang? Biasakan untuk mulai bersihkan gigi anak begitu gigi susunya telah tumbuh. Kemudian, gigi perlu disikat sebanyak 2 kali sehari selama 2 menit, dan gosok gigi ini perlu dilakukan oleh orang tua sampai anak berusia 6 - 7 tahun. Juga jangan lupa, jangan biasakan anak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi. 

Selain cara-cara di atas itu, anak-anak juga perlu menghentikan kebiasaan minum susu dari botol setelah usia 1 tahun. Apa lagi tips yang perlu dilakukan? Setelah sikat gigi malam hari, pastikan anak tidak makan atau minum lagi selain air putih.



Bagi orang dewasa yang terkena sakit gigi, pasti ingin tahu obat apa untuk mengobati sakit gigi bukan? Berikut adalah obat sakit gigi dari dokter yang bisa anda coba. Cara mengkonsumsinya adalah disaat gigi atau geraham kita mulai terasa nyut nyut nyut, maka untuk pertolongan pertama cobalah dulu memperbanyak minum air putih. Namun apabila sesudah beberapa jam masih saja sakit,  maka barulah anda minum asam mefenamat saja jangan ditambah obat lain. Apabila sakit mereda dan langsung sembuh, maka segera hentikan minum obat. Namun jika misalnya sakit giginya telah meradang dan menyiksa serta tidak enak dibawa mengunyah, maka disarankan untuk berobat dulu ke dokter gigi atau berkonsultasi dengan ahli farmasi atau apoteker, terkecuali jika Anda sudah biasa dengan sakit gigi dan meminum obat tersebut. Namun untuk orang-orang dengan kondisi tertentu seperti ibu hamil, maka sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter mengingat kandungan kimia dalam obat yang harus dilihat apakah ada efek untuk kehamilannya atau tidak. Anda harus benar-benar teliti.

Zat Asam mefenamat termasuk obat analgetik yang lebih kuat daripada obat sakit gigi tanpa resep seperti aspirin dan ibuprofen. Jadi saat Anda kebetulan sakit gigi sudah pakai aspirin atau ibuprofen, namun dengan mengkonsumsi obat ini tak mempan, maka anda bisa beralih ke obat analgetik tahap dua yakni yang pakai resep. Berikut adalah contoh obat asam mefenamat yang banyak di pasaran adalah obat Ponstan. Namun selain mefenamat, ada juga obat lain yang sejenis adalah :

naproxen sodium
metampiron / antalgin
natrium diklofenak / cataflam 50 mg, dosis 2 x1 setelah makan (contoh merk : Voltaren, Voltadex, Gratheos)

Namun apabila sakit giginya sudah parah, maka akan jauh lebih baik menghadap dokter gigi, hal ini dilakukan agar mendapatkan solusi dari penyebab atau akar masalah dari sakit gigi, jadi selain mendapatkan obat resep dokter gigi, anda juga bisa mendapatkan berbagai nasihat dan makanan yang harus dihindari sehingga ke depannya sakit giginya pun tidak muncul kembali.

Demikian adalah artikel mengenai Kenapa Gigi Anak Berlubang? silahkan disimak artikel lainnya di blog ini, yakni Cara Menurunkan Demam Pada Bayi. Terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenapa Gigi Anak Berlubang?

0 comments:

Post a Comment