Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh

Tips Kesehatan - Sariawan tentunya akan membuat anda menjadi sosok paling judes di seantero kampung, kenapa? tak bisa bersikap ramah dengan menyahuti sapaan tetangga, tak bisa ramah-ramah bercakap-cakap dengan orang banyak, dan juga tak bisa tersenyum sama sekali. Selain sangat menyakitkan, anda juga tentunya tak bisa makan makanan apapun yang ada, apalagi di bulan puasa seperti ini. Namun satu hal lain yang membuat anda gemas dengan sariawan adalah sariawan itu sangat sulit untuk sembuh, maka agar anda bisa mendapatkan sariawan yang lekas sembuh, maka anda harus mengetahui penyebab dari sariawan itu sendiri. Di bawah ini adalah beberapa penyebab sariawan yang harus anda ketahui :

 1  Obat kumur sodium lauryl sulphate (SLS) dan Pasta Gigi

Kenapa pasta gigi bisa mengakibatkan sariawan? Karena SLS merupakan zat yang bisa menghasilkan busa pada beberapa produk kebersihan mulut. Adanya pasta gigi yang banyak mengandung SAS serta obat kumur bisa saja menjadi factor anda terserang sariawan. Karena sebab dengan adanya kandungan itu maka akan membuat gusi serta rongga mulut anda terasa kering dan sangat rentan iritasi yang merupakan penyebab awal dari sariawan.

 2  Trauma

Jangan anggap enteng adanya luka kecil saat anda makan atau mungkin luka yang terjadi pada bibir, anda bisa mendapatkan sariawan dengan luka kecil tersebut. Pada umumnya sariawan juga terjadi sebab adanya luka trauma akibat bibir atau rongga mulut yang tergigit baik saat makan atau aktifitas lainnya.

 3  Genetik

Selain itu faktor genetic akan sangat berpemngaruh jika salah satu atau kedua orang tua anda juga sering terkena sariawan maka akan besar juga resiko terserang sariawan sesering mungkin. Jangan merasa heran jika anda mengalami sariawan yang nyaris tak ada jeda dalam setiap bulannya, ini kemungkinan adalah faktor genetik.

 4  Gangguan immunologi

Selain itu adanya gangguan immunologi juga bisa menjadi penyebab anda mendapatkan sariawan yang menyiksa. Respon imun yang berlebih akan menjadi salah satu factor utama rongga mulut dan juga bibir anda terkena sariawan.

 5  Alergi dan sensitivitas

Kemudian ada kalanya terkadang rongga mulut juga sangat sensitive sehingga menimbulkan sariawan. Selain itu terkadang pula mulut cepat alergi yaitu adanya rekasi atau respon terhadap alergen yang tidak cocok, misalnya saja seperti bahan yang ada pada pasta gigi dan juga beberapa makanan yang tidak cocok bagi anda.

 6  Stres

Jangan abaikan keadaan jiwa anda yang tertekan. Karena saat stress maka banyak sekali hormone dalam tubuh yang ajan menyesuaikannya dengan lingkungan anda. Maka dari itu saat stress emosi juga tentunya tidak akan baik dan memberikan factor yang buruk pada mulut anda.

 7  Defisiensi nutrisi

Adanya kekurangan nutrisi merupakan factor utama pula bagi sariawan yang diderita seseorang antara lain defisiensi zat besi, defisiensi asam folat, defisiensi vitamin B12, defisiensi Zink. Selain itu faktor nutrisi lain yang berpengaruh pada timbulnya sariawan adalah vitamin B1, B2 dan B6.

 8  Merokok

Jangan mentang-mentang anda merasa sehat, maka anda tak menyalahkan rokok yang sering anda isap, karena rokok memiliki banyak sekali hal negatif yang bisa menyusahkan anda. Tentu saja bagi perokok akan sangat rentan terkena sariawan, karena dengan merokok banyak sekali zat yang sangat merugikan tubuh dan memberikan potensi yang besar munculnya sariawan pada mulut.

 9  Infeksi bakteri

Yang satu ini juga menjadi penyebab sariawan lain yang bisa membuat anda kebingungan, bingung untuk mencari penyebabnya. Bakteri sangat tidak baik untuk kesehatan mulut jadi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri bisa memicu munculnya sariawan pada mulu.

 10  Penyakit sistemik

Kemudian apabila anda terlalu sering menderita sariawan maka anda harus mencurigai bahwa hal itu merupakan gejala dari penyakit sistemik yang bisa saja lebih parah dan bisa menimbulkan penyakit yang berkelanjutan.

 11  Obat-obatan

Jangan hanya menyangka sariawan bisa terjadi karena panas dalam, yang disebabkan oleh banyaknya mengkonsumi macam-macam makanan pedas dan asam, karena pada nyatanya konsumsi obat-obatan seperti nonsteroidal anti-inflamatori (NSAID), beta blockers, agen kemoterapi dan nicorandil akan bisa menjadi factor yang bisa memicu sariawan.

Demikian itulah beberapa penyebab dan factor mengapa seseorang bisa sariawan, setelah ini anda bisa mengetahui apa sajakah yang bisa anda lakukan dan konsumsi agar sariawan anda bisa segera sembuh. Berikut adalah Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh, silahkan disimak :



  1  Garam dan baking soda

Tak hanya untuk memasak, karena garam dan baking soda merupakan dua bahan yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Juga termasuk sangat baik untuk mengatasi sariawan anda. Selain itu anda bisa mencampur garam dan baking soda lalu mengoleskannya pada sariawan anda.

 2  Makanan kaya zat besi 

Untuk mengobati sariawan lainnya anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Misalnya seperti makanan seperti sereal, kalkun, ham, biji wijen, brokoli, gandum dan telur adalah makanan yang baik dan mengandung zat besi yang banyak. Mengapa harus mengkonsumsi makanan dengan zat besi? itu karena zat besi baik untuk sariawan sebab bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda.

 3  Air kelapa

Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata air kelapa dikenal dengan kandungannya yang bisa membersihkan zat yang tidak baik untuk tubuh. Selain dari itu air kelapa baik untuk menghidrasi tubuh yang mana sariawan biasanya timbul akibat dehidrasi. Maka meminum air kelapa menjadi salah satu cara mengobati sariawan dengan cepat.

 4  Minyak Kelapa dan Madu

Ingin lebih cepat sembuh sariawan? Mencampurkan minyak kelapa dan madu merupakan hal yang efektif yang bisa mengatasi sariawan. Hal itu dikarenkan minyak kelapa bahkan mengandung akti bakteri, jadi campuran madu dan minyak kelapa bisa anda oleskan pada sariawan anda dengan aman.

 5  Kunyit

Selain bisa membuat makanan menjadi lebih nikmat, kunyit merupakan salah satu rempah yang sudah dikenal khasiatnya dalam menyumbuhkan berbagai penyakit. Apabila anda sariawan anda bisa membuat pasta dari kunyit sehingga anda bisa mengoleskan pada sariawan anda.

 6  Konsumsi Buah-buahan

Tak bisa dipungkiri jika sariawan diakibatkan karena kurang vitamin C. Kebutuhan vitamin C haruslah selalu tercukupi. Apalagi penyebab dari sariawan pada umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin C , maka dengan mengonsumsi buah tentunya akan sangat membantu.

 7  Daun jambu biji

Jika anda bisa mengunyah daun jambu biji agar sariawan anda mereda. Hal ini sudah dikenal sudah sangat membantu dalam mengatasi sariawan dan juga meredakan segala iritasi.

 8  Pisang dan madu

Peradangan bisa diatasi dengan pisang dan juga madu. Apalagi sariawan yang sangat rentan akan peradangan maka pisang dan madu bisa sangat membantu.

 9  Bawang putih dan pepaya

Enak buat makanan, bawang putih dikenal dengan zat yang bisa meredakan luka dalam waktu cepat. Bawang putih tentunya juga sangat baik bagi sariawan anda.

 10  Minum vitamin

Jangan lupa mengkonsumsi macam-macam vitamin. Seperti yang telah dibahas tadi bahwa vitamin yang baik akan memberikan kesembuhan pada sariawan anda. Selain berasal dari buah-buahan anda juga bisa mengonsumsi vitamin tambahan.

 11  Minum yogurt

Yogurt sangat baik untuk menyeimbangkan bakteri dalam tubuh. Oleh karena itu yogurt juga sangat baik untuk sariawan anda sebab berbagai factor yang bisa menyebabkan peredangan bisa diatasi jika bakteri berkurang.

Demikian adalah cara mengobati sariawan agar cepat sembuh. Jangan lupa juga untuk menyimak Tips Agar Berat Badan Tak Naik Setelah Lebaran. Selamat membaca!



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Sariawan Agar Cepat Sembuh

0 comments:

Post a Comment