Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir - Si kecil terkena pilek? apabila anak balita atau setidaknya yang sudah bisa belajar bicara tentunya tak akan terlalu membuat anda merasa susah, karena setidaknya mereka bisa mengatakan apa yang mereka rasakan dan bisa diajak bekerjasama untuk meminum obat demi kesembuhan mereka.

Akan tetapi beda halnya dengan anak bayi, atau bahkan bayi yang baru lahir. Sistem imun anak bayi memang tak sekuat kita orang dewasa atau bahkan anak-anak sekalipun, maka dari itu mereka sangat rentan terkena aneka macam penyakit musiman apabila kita selaku orangtua tak pandai menjaga. Maka dari itu penyakit pilek dan batuk bisa menjadi salah satu penyakit musiman yang bisa membuat para orangtua baru merasa sangat panik. 

Namun anda tak boleh panik saat si kecil mengalami pilek, cobalah aneka macam  Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir. Berikut adalah cara mudah untuk mengobati pilek pada bayi yang baru lahir, bisa anda praktekan sendiri di rumah : 

Penguapan secara alami

Janan bingung-bingung saat bayi anda hidungnya tersumbat, salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan cara penguapan atau inhalasi. Tak rumit karena Anda dapat melakukan cara inhalasi yang alami ini di rumah. Cara melakukannya sangat mudah, anda dapat memberikan uap dari air panas yang sudah ditetesi oleh minyak telon. Simple dan sangat praktis, karena anda hanya harus meletakan ember kecil yang berisi air panas dan telah ditetesi sedikit minyak telon di pojokan ruangan. Lantas biarkan bayi anda menghirup uap dari air tersebut. Hal ini sedikitnya bisa membantu bayi anda dalam melegakan hidung yang tersumbat. Anda juga dapat menggendong bayi anda dengan membantunya untuk telungkup pada kedua tangan anda serta posisikan bayi anda dengan wajah berada di atas ember yang berisi air hangat. Dengan melakukan hal tersebut dapat membantu bayi untuk menghirup uap dari air hangat tersebut.

Hangatkan tubuh bayi

Jangan pernah lupa akan hal yang satu ini, berikan selalu rasa hangat pada bayi yang hidungnya tersumbat. Hal ini dapat melegakan pernafasan dan memberikan kenyamanan pada bayi anda. Kemudian Anda dapat memandikan bayi anda menggunakan air hangat kemudian menjemur bayi pada saat matahari masih pagi. Dengan melakukan aneka cara seperti itu bayi dapat merasakan kehangatan juga dapat membantu mengurangi tersumbatnya hidung pada bayi. Kemudian pada saat bayi anda tertidur, maka sebaiknya anda mengatur suhu ruangan anda. Selain itu disarankan anda untuk tidak menggunakan AC. Karena suhu rendah pada AC akan memperparah keadaan hidung bayi anda. Kemudian sebelum pergi tidur, maka anda juga dapat mengoleskan minyak telon pada perut, punggung dan juga area dada sang bayi, jangan lupa juga sertai dengan pijatan yang lembut.



Pijat hidung bayi anda

Coba pijatlah dengan lembut hidung bayi pada area atas hidung dan alis dengan sedikit mengoleskan minyak telon, hal ini sangat membantu dalam melegakan tersumbatnya hidung bayi. Ini dimaksudkan agar lendir yang ada di dalam hidung bayi keluar, kemudian anda dapat menekan secara lembut dengan memakai sapu tangan atau cotton bud di sekitar hidung bayi. Akan tetapi anda harus berhati-hati, gunakan sapu tangan yang sangat lembut dan jangan memasukan cotton bud terlalu dalam ke hidung bayi.

Atur posisi tidur pada bayi

Ketika hidung bayi anda tersumbat, dengan mengatur posisi tidur yang baik pada bayi akan sedikit melegakan sistem pernafasan bayi. Cobalah untuk miringkan badan bayi ketika tidur, misalnya pada saat hidung kiri bayi anda tersumbat anda dapat memiringkan tidurnya ke samping kanan, kemudian jika hidung kanan yang tersumbat anda dapat memiringkannya ke samping kiri. Akan tetapi usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari posisi badan bayi anda.

Larutan Garam

Sejak zaman dulu air larutan garam dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Selain itu juga memperlancar sumbatan yang terjadi pada hidung dan juga mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung. Caranya Anda dapat melakukan cara seperti melarutkan setengah sendok makan garam pada gelas yang berisi air hangat. Setelah itu kemudian masukan larutan tadi dalam semprotan untuk hidung bayi atau anda dapa menggunakan pipet bayi. Lantas teteskan larutan tersebut ke dalam hidung bayi sebanyak dua kali. Lakukan setiap harinya minimal 3 kali. Anda disarankan sangat berhati hati dalam melakukannya apalagi untuk ibu baru sebaiknya meminta bantuan orang tua anda yang telah berpengalaman melakukan ini.


Demikian adalah Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir, anda bisa melakukannya sendirian di rumah tanpa bantuan siapapun, bisa juga melakukan semua perawatan ini dengan bantuan orang yang sudah ahli, misalnya mama ataupun mama mertua.

Bagi anda yang suka membaca, silahkan disimak artikel lainnya di blog ini. Misalnya adalah Cara Mengobati Kutu Air Yang Telah Parah. Terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir

1 comments: